Memiliki rumah dengan dasar kayu memang merupakan dambaan setiap orang yang tinggal di wilayah tropis. Material kayu yang menjadi bahan dasar mampu memberikan kesan yang menyejukkan ke dalam rumah. Nah, bagaimana jika bahan kayu bercampur dengan desain rumah minimalis?

Pada dasarnya, desain rumah kayu minimalis memiliki beberapa karakter khusus yang membedakannya dengan desain bangunan rumah yang lain. Seperti memiliki bentuk massa bangunan yang simpel dan datar disertai dengan jendela-jendela rumah yang berukuran lebar. Konsep ruang terbuka (open plan) juga merupakan konsep interior yang umum diterapkan pada rumah kayu minimalis.

Ciri-ciri rumah kayu minimalis dapat ditemukan pada kelima desain berikut ini, meski masing-masing memiliki karakter arsitektural yang berbeda dan unik. Yuk, langsung saja lihat seperti apa keunikan desainnya!

1. Desain Rumah Kayu Minimalis Berdinding Miring

Rumah kayu minimalis yang dirancang oleh Hariri & Hariri Architecture ini merupakan sebuah tempat singgah untuk berlibur. Keunikan desain rumah kayu minimalis ini dapat langsung ditemukan lewat kedua sisi dinding luarnya yang miring (slanted walls), sehingga memperlihatkan struktur bangunan yang rendah dan melebar.

archdaily.com

Memanfaatkan lanskap lingkungan pedalaman yang asri, sebagian dari rumah kayu minimalis ini pun desainnya dibuat terbuka. Bukaan ini berfungsi sebagai ventilasi rumah jalan masuknya cahaya alami dan udara bersih pedesaan.

archdaily.com

Selain terdiri dari rumah utama, terdapat fasilitas rekreatif di luar rumah seperti kolam renang dan kebun pada rumah kayu ini. Tidak hanya kayu, material alam yang lain seperti batu alam ekspos juga menjadi penyusun massa bangunan rumah minimalis ini. Nuansa kayu terasa semakin hangat dengan diterapkannya pencahayaan lampu berwarna kuning

2. Desain Rumah Kayu Minimalis dari Kayu Aras

dezeen.com

Desain rumah kayu minimalis yang satu ini menggunakan kayu aras sebagai material utama untuk massa bangunannya. Menariknya, desain fasad rumah minimalis ini terlihat seperti bagian belakang rumah karena desainnya yang tertutup.

Di bagian belakang bangunan terlihat model teras rumah terbuka yang panjangnya mengikuti siku bangunan yang bebrbetuk L. Untuk menciptakan interaksi langsung dengan alam, bagian belakang rumah kayu dirancang langsung menghadap ke arah halaman.

dezeen.com

Namun pada bagian interior, telah dilakukan finishing pada permukaan dinding kayu aras, sehingga teksturnya terlihat lebih halus. Konsep ruang terbuka pada interior rumah diusung untuk sebuah tata ruang yang fleksibel. Keseimbangan dari bangunan rumah kayu minimalis ini diperoleh dari ketersediaan pencahayaan alami yang cukup.

3. Desain Rumah Kayu Minimalis dari Variasi Triplek

design-milk.com

Sekilas, rumah kayu minimalis ini seperti tersusun dari kayu asli, padahal penampakan kayu yang terlihat berasal dari triplek bekas yang disusun untuk melapisi bagian luar rumah. Teknik daur ulang (upcycling) ini dipilih sang arsitek selain untuk menghemat budget sekaligus untuk bereksperimen. Terbukti, variasi triplek yang digunakan bisa memberikan aksen unik bagi rumah kayu ini.

design-milk.com

Jika pada eksterior rumah kayu minimalis triplek berwarna gelap lebih mendominasi, maka panel-panel triplek berwarna terang dipasang pada interiornya. Warna triplek kemudian diselarakan dengan perpaduan warna putih dan coklat yang berasal dari cat dinding dan furnitur kayu asli yang tertata di rumah kayu minimalis ini.

4. Desain Rumah Kayu Minimalis dengan Konsep Double-Skin

dezeen.com

Pada rumah kayu minimalis ini, material kayu dipasang hanya pada kulit luar bangunannya saja. Bagian dalam rumah tersusun dari meterial sekunder, yaitu tembok semen. Hal ini membuat rumah kayu memiliki kulit bangunan yang cukup tebal.

dezeen.com

Di antara kedua kulit inipun dibuat sebuah sistem insulasi (sirkulasi udara) dan waterproofing. Kayu-kayu pun harus dipasang berjarak agar terdapat celah kecil antar susunannya. Kedua hal ini diterapkan guna mencegah kayu menyusut atau berubah bentuk.

5. Desain Rumah Kayu Minimalis Bernuansa Kayu Hitam

Kayu berwarna hitam merupakan karakteristik utama rumah kayu minimalis hasil karya dari Herbst Architects ini. Terletak di dataran tinggi, rumah kayu bergaya minimalis ini dibagi kedalam dua unit bangunan yang berbeda.

Bangunan yang terletak pada kontur permukaan yang lebih tinggi digunakan untuk area aktif, seperti ruang keluarga dan dapur, sedangkan bangunan rumah minimalis yang lebih rendah digunakan untuk kamar tidur.

archdaily.com

Eksterior rumah kayu minimalis yang berwarna hitam juga ikut dibawa ke dalam interior rumah yang serba hitam pula. Dengan furnitur berwarna senada, warna gelap kemudian dipadukan dengan warna kayu yang lebih kontras. Sebagian dinding  di dalam rumah kayu ini dilapisi oleh kayu yang berwarna lebih terang.

archdaily.com

Setelah membaca artikel di atas, sudah tahu desain rumah kayu minimalis mana yang jadi favoritmu? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan baca artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual lemari anak, kursi makan, sofa, lemari pakaian, dan kursi bar dengan model serta ukuran yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Selain furnitur, ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek terkenal, seperti spring bed Serta, King Koil, Comforta, dan Dunlopillo. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua produk keperluan rumahmu di Dekoruma!