Banyak cara untuk mempercantik taman di rumahmu. Salah satunya adalah dengan memainkan aspek pencahayaanya. Lampu taman nggak hanya berperan memberikan pencahayaan eksterior yang cukup di malam hari. Jika kamu kreatif, kamu bisa mengubah tampilan dekorasi taman jadi semakin ciamik dengan adanya pencahayaan atraktif dari lampu taman kreasi sendiri.

Kamu nggak perlu mengeluarkan banyak biaya saat membuat dekorasi lampu taman sendiri, cukup dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu dan sedikit sentuhan kreatif. Inilah 5 kreasi lampu taman yang bisa kamu coba sendiri di rumah!

1. DIY Lampion Lampu Taman dari Kardus Susu

google.com

Membuat lampu taman model lampu lampion dari kertas dan kawat memang cukup sulit dan repot. Kertas bisa mudah robek jika kamu kurang terampil merangkai kawat. Alternatifnya, kamu bisa mencoba lampu taman model lampion dari kardus susu ini. Alat dan material yang diperlukan untuk membuatnya sangat sederhana, yaitu kardus susu, kertas krep berwarna, kertas kado, tali, dan rangkaian lampu LED.

google.com

Pertama-tama, guntinglah bagian atas dan bawah kardus susu kemudian tempelkan kertas kado di bagian luar kardus. Lubangi keempat sisi kardus dengan bentuk persegi panjang, lalu tempel kertas krep di bagian dalamnya. Beri lubang juga bagian atas kardus untuk tali penghubung. Penutup lampion pun siap direkatkan ke rangkaian lampu LED.

2. Lampu Taman Berupa Lentera Mason Jar

freshpatio.com

Kreasi lampu taman yang kedua yang bisa kamu buat adalah lentera dari toples dan lampu LED berbaterai, Mason Light. Jika terdengar asing, lampu LED dengan baterai ini sebenarnya mudah sekali untuk didapatkan di toko-toko elektronik atau di supermarket, harganya pun terjangkau.

Bahan-bahan pendukung lainnya yang diperlukan hanyalah tali ataupun kawat hanger, tergantung mau seperti apa kamu memasang lampu taman ini nantinya.

google.com

Untuk membuatnya sangatlah mudah, kamu hanya perlu memasang Mason Light pada bagian dalam tutup toples. Kemudian beri kawat pengait pada tutup toples supaya lampu taman Mason Jar ini bisa kamu rangkai dengan tali.

Setelah selesai, kamu bisa menggantungnya dari pohon ke salah satu sudut taman. Dengan kreasi lampu taman, kamu bisa menghemat energi karena tidak diperlukan listrik untuk menyalakannya.

3. DIY Lampu Taman Dekoratif dengan Origami

wordpress.com

String lights atau yang lebih dikenal dengan lampu tumblr sangat mudah untuk kamu modifikasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kertas origami. Kertas origami bermotif yang telah kamu bentuk sesuai dengan seleramu kemudian digunakan untuk membungkus bagian ujung lampu-lampu LED.

pinterest.com

Karena lampu ini akan digunakan di luar ruangan, sebaiknya kamu membungkusnya lagi dengan plastic wrap agar tahan air dan tidak mudah rusak. Jika kamu bingung menentukan bentuk origaminya, kamu bisa mencontek cara berikut ini.

4. Bola Rustic Mini, Lampu Taman dari Balon dan Benang

pinterest.com

Lampu taman berbentuk bola rustic mini ini adalah modifikasi lain dari lampu tumblr yang bisa kamu coba. Dalam membuat lampu taman ini, kamu membutuhkan beberapa bahan utama, yaitu dekorasi balon dan tali. Tali yang dipilih adalah tali rami karena lebih tahan untuk pemakaian di luar rumah dan memberikan tampilan warna yang lebih terang.

Balon digunakan untuk membungkus ujung-ujung lampu LED yang kemudian sekelilingnya dililitkan tali rami. Lilitannya tidak mesti berpola semakin semerawut kesan effortless akan memberikan ambiens pencahayaan yang semakin unik. Kamu juga bisa membuat ukuran bola rustic yang lebih besar dengan mengganti lampu tumblr dengan lampu bohlam.

5. DIY Lampu Taman dari Kertas

aliexpress.com

Salah satu cara mudah menghadirkan siluet-siluet cantik adalah dengan memanfaatkan kertas sebagai penutup atau kap lampu taman yang tertanam di bagian bawah taman. Lampu taman dari kertas ini bisa menghasilkan pencahayaan low angle yang memberikan efek dramatis pada taman di rumahmu.

pinterest.com

Akan lebih cantik hasilnya jika dekorasi lampu taman ini diletakan di pinggir kolam ikan. Cahaya kuning yang lembut juga terefleksikan pada permukaan air.


Selain menghemat budget dan ramah lingkungan, proses pembuatan dekorasi lampu taman ini juga sangat menyenangkan, lho! Jangan lupa cek artikel menarik lainnya dan temukan lampu idamanmu di Dekoruma, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Yuk, cari di toko furniture online Indonesia, Dekoruma! Dekoruma juga jual tempat tidur, meja, kursi, dan lemari. Pilihan mereknya pun sangat beragam, seperti merek Pro Design dan Livien.

Selain itu, Dekoruma juga jual Comforta, King Koil, dan Dunlopillo, merek-merek kasur ternama yang bisa memberikan kamu kenyamanan maksimal saat tidur. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja berburu kebutuhan rumahmu di Dekoruma!