Bosan dengan tampilan rumahmu yang begitu-gitu saja? Atau, kamu sudah mencoba berbagai gaya desain, tetapi tetap nggak puas dengan hasilnya? Mungkin ini saat yang tepat untuk move on dari gaya desain masa kini dan mencoba gaya desain futuristik, gaya desain di masa depan.

Gaya desain futuristik menawarkan tampilan baru yang tidak biasa ke dalam hunian, mulai dari struktur bangunan, bentuk furnitur, sampai atmosfer yang dihadirkan sangat berbeda dengan gaya desain interior pada umumnya. Walaupun sebenarnya gaya desain futuristik sendiri adalah hasil modifikasi tingkat tinggi dari beberapa gaya desain yang populer saat ini.

Penasaran secanggih dan seprogresif apa gaya desain futuristik? Yuk, langsung saja simak penjelasan berikut ini!

1. Minimalis yang Berkelas

designboom.com

Desain futuristik masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip desain minimalis. Dalam pengisian ruangnya, ruangan bergaya desain futuristik tidak banyak menggunakan benda-benda dekorasi.

Bentuk furnitur yang dipilih pun desainnya simpel dan hanya menggunakan furnitur esensial, furnitur yang paling diperlukan di ruangan tersebut. Desain interior futuristik juga tidak memakai banyak aksen dekor dan ornamen.

2. Bentuk Lengkungan yang Dominan

houzz.com

Dalam desain futuristik bentuk-bentuk yang dapat ditemukan sangatlah bervariasi. Meskipun pola dan bentuk geometris masih bisa ditemukan. Namun secara keseluruhan, bentuk yang mendominasi desain futuristik adalah bentuk-bentuk lengkungan atau modular. Hal ini dapat terlihat dari bentuk furnitur seperti meja komputer dan kursi bar serta struktur bangunan di dalam ruangan berkonsep desain futuristik tersebut.

3. Perpaduan Dua Warna yang Menghasilkan Kontras

Warna-warna yang digunakan pada konsep desain futuristik biasanya merupakan kombinasi antara dua warna, dengan warna netral dan silver sebagai warna utamanya, seperti perpaduan warna putih dengan warna-warna terang yang mencolok.

houzz.com

Kombinasi dan perpaduan warna ini dilakukan untuk menciptakan kesan kontras pada desain futuristik. Dalam dominasi putih, warna-warna terang bisa tampil lebih solid dan terasa hidup.

4. Penggunaan Lampu LED untuk Pencahayaan Desain Futuristik

Pencahayaan menjadi faktor penting dalam konsep desain futuristik. Tidak seperti pencahayaan pada konsep desain yang lain, pencahayaan pada desain futuristik khas dengan lampu LED. Lampu LED yang digunakan pun menghasilkan cahaya warna-warni dan dapat diatur intensitasnya.

pinterest.com

Penempatan lampu LED pada ruangan dengan konsep desain futuristik dipasang tersembunyi, di belakang dinding dan di pinggir-pinggir furnitur, agar efek cahaya yang muncul bisa terlihat memancar.

5. Furnitur Dengan Desain Aerodinamis

pinterest.com

Desain futuristik tidak hanya mengusung desain furnitur minimalis dan ergonomis. Dari bentuknya yang memanjang dan melengkung, furnitur pada desain futuristik juga bersifat aerodinamis, memperlihatkan tampilan desain yang ringkas dan mengalir.

freshome.com

Furnitur yang multifungsi dan movable juga digunakan karena penggunaan furnitur seperti ini beriringan dengan karakter gaya desain futuristik yang praktis dan fleksibel.

6. Dekorasi yang Estetik

Saat kamu mencoba menata sebuah ruangan denga gaya desain futuristik, satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah artwork. Kamu bisa memasang lukisan abstrak ataupun yang bergaya surealis untuk mendapatkan kesan futuristik yang maksimal.

architectureartdesigns.com

Dekorasi yang khas biasanya dimunculkan dari pernik dekorasi seperti cushion atau bantal sofa, lampu, ataupun vas bunga. Aksen yang timbul dari pernik dekorasi untuk desain futuristik memiliki pola yang sejenis dengan pola-pola desain retro.

7. Penggunaan Meterial Bertekstur Licin dan Mengkilap

Dalam konsep desain futuristik pilihan material yang digunakan sangat penting. Kesan elegan yang muncul pada desain futuristik berasal dari penggunaan material bertekstur licin dan mengkilap.

houzz.com

Material-material  tersebut diantaranya adalah stainless steel, jenis-jenis kaca, batu granit, dan marmer. Refleksi cahaya dari material ini dapat menghasilkan atmosfer yang berbeda ke dalam ruangan.

8. Teknologi Hi-Tech yang Memanjakan

Bukan desain futuristik namanya kalau tidak dilengkapi dengan sistem teknologi yang padu dan canggih. Pada hunian yang menerapkan desain futuristik, sistem pencahayaan dan alat-alat elektronik rumah tangga sudah bisa dikendalikan langsung dari telepon genggam. Dengan sistem nirkabel ini, intensitas pencahayaan dan perubahan warna pada lampu LED bisa dengan mudah diatur.

smalldesignideas.com

Bagaimana, apa kamu jadi tertarik menerapkan gaya desain futuristik ini ke dalam hunian milikmu? Gaya desain futuristik mampu mentransformasi tampilan ruangan di rumahmu ke level yang lebih tinggi. Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek inspirasi desain lainnya di Dekoruma, ya!

Temukan juga ragam furnitur dan dekorasi di Dekoruma untuk melengkapi hunian futuristik milikmu! Dekoruma jual kursi makan, rak penyimpanan, meja komputer, hingga rak tv dari aneka merek terkenal, seperti Heim Studio dan Pro Design.

Selain furnitur, ada juga aneka jenis kasur yang tersedia dalam berbagai ukuran sehingga dapat kamu sesuaikan dengan kamar tidurmu. Beberapa di antaranya adalah kasur Dunlopillo, Florence, dan Comforta.

Nah, kalau kamu saat ini hendak membeli rumah baru, kamu bisa mengunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak hunian dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih. Tersedia juga hunian yang berada di dalam perumahan dengan lokasi strategis, seperti perumahan baru di Bekasi, Jakarta Barat, Tangerang, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!