Pada sebuah bangunan, atap atau genteng merupakan bagian yang sangat penting dan vital perannya. Atap sebuah bangunan atau hunian misalnya, menjadi penangkal utama dari panas teriknya matahari maupun derasnya air hujan. Bahkan, sebuah atap bangunan merupakan salah satu bagian terpenting dalam mempercantik tampilan eksterior sebuah bangunan.

Oleh karena itu, kualitas dan kekuatan genteng harus diperhatikan. Kini, popularitas genteng kanmuri makin melonjak karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Ada juga beberapa jenis genteng kanmuri yang mungkin cocok dengan selera kamu. Apa itu genteng kanmuri dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk, baca sampai habis!

Apa Itu Genteng Kanmuri?

kanmuriroof.com

Genteng kanmuri merupakan salah satu merk perintis dari sekian banyak produk genteng keramik yang ada di Indonesia. Lyman Group, yang sebelumnya dikenal sebagai SDR (Satya Djaya Raya) Group sudah ada sejak 1959, yang didirikan oleh Susanta Lyman. Memulai dari bisnis perdagangan, Lyman Group sekarang merambah ke berbaga lini bisnis perdagangan seperti kayu, properti, material bangunan dan distribusi, agrikultur dan minyak & gas.

Kanmuri merupakan anggota dari Lyman Group, sebuah perusahaan multinasional yang jaringannya telah meluas secara lokal maupun internasional. Kanmuri kini adalah produsen genteng terbesar di Indonesia yang memproduksi lebih dari 25 juta genteng setiap tahunnya.

Keunggulan Genteng Kanmuri

kanmuriroof.com

Kanmuri memproduksi genteng yang andal supaya sesuai dengan atribut yang diunggulkannya yaitu bisnis genteng yang mengandalkan permukaan halus, dimensi yang konsisten, naungan minimal, kekuatan tinggi, penyerapan air rendah, kedap air, dan distribusi pengiriman yang tepat waktu.  Sekarang genteng kanmuri yang notabene adalah genteng keramik banyak dipilih untuk material penutup atap bangunan rumah tinggal.

Kelebihan dari genteng kanmuri adalah tidak akan bocor karena dilengkapi dengan tanggul ganda yang mencegah tampias, letak lubang paku dengan tanggul yang tinggi, overlap lebih panjang dari genteng biasa, disertai double interlocking, sehingga dalam pengaplikasian di area karpus nok, tidak memerlukan adukan semen lagi.

Keunggulan Lain Yang Tersembunyi

bahanbangunanmodern.com

Selain keunggulan itu, terdapat keunggulannya yang lain seperti presisi, tidak terlalu berat (sekitar 45 kg/m2), pemasangannya mudah, tidak dapat berkarat, kedap suara, dan warnanya tidak mudah pudar (tahan lama) karena genteng kanmuri diproduksi dengan teknologi modern melalui pembakaran hingga temperatur 1100 derajat celcius. Kemudian yang menjadi nilai plus pada genteng kanmuri adalah bahwa genteng kanmuri mampu melengkapi kesempurnaan fungsi dan estetika atap sebuah bangunan.

Genteng kanmuri tidak perlu melakukan perawatan berkala seperti harus dicat ataupun dibuat mengkilap. Kekuatannya pun didapatkan dari produksi yang sistemnya serba otomatis dan terkomputerisasi sehingga menjamin konsistensi bentuk, mutu, dan kekuatan. Lalu, apa saja jenis-jenis dari genteng kanmuri itu sendiri?

Genteng Kanmuri Tipe Espanica

steelindonesia.com

Terdapat beberapa jenis genteng kanmuri, salah satunya genteng kanmuri tipe espanica. Genteng kanmuri tipe espanica memiliki nuansa estetika yang berprofil gelombang dan cocok dialokasikan untuk jenis bangunan yang mengusung gaya european classic, ethnic, modern kontemporer, dan rumah mediterania.

Tipe ini yang menjadi pilihan masyarakat modern dan telah menjadi salah satu pilihan genteng paling populer di pasaran selama hampir dua dekade.

Genteng kanmuri tipe espanica juga memiliki tanggul air pada bagian atas dan kiri genteng untuk mencegah tampias sewaktu hujan. Letak lubang di bagian atas genteng dibuat sebagai pengikat yang lebih lebar jaraknya ketimbang genteng-genteng jenis lainnya, yang berfungsi untuk lebih meratakan tekanan pada reng. Manfaat utamanya yang mencegah tampias hujan ini karena genteng kanmuri tipe espanica dedesain menjadi double cut yang menyerupai dua genteng bertumpuk.

Genteng Kanmuri Tipe Milenio

gentengkanmuri.com

Genteng kanmuri tipe milenio memiliki lengkungan, namun tidak sebesar genteng kanmuri tipe espanica. Jika telah diterapkan dalam desain atap hunian, maka tidak akan tampak terlalu datar. Untuk kesan pertama yang terlihat, maka genteng kanmuri tipe milenio jauh lebih terlihat eksklusif dan elegan.

Genteng kanmuri tipe milenio memiliki sistem interlocking ganda yang unik dan memastikan permukaan atap yang kencang dan tahan goyah. Kelebihan ini juga yang menjadikan genteng kanmuri tipe milenio kebal terhadap hujan deras dan rembesan air serta terhadap gempa.

kanmuriroof.com

Lebarnya genteng kanmuri tipe milenio ini juga menyederhanakan proses instalasi dan mengurangi biayanya. Profil artistik genteng kanmuri tipe milenio akan sangat cocok bila diterapkan pada rumah-rumah yang mengusung konsep minimalis modern.

Uniknya lagi, pada genteng kanmuri tipe milenio terdapat tonjolan kecil yang dibuat pada kanan atas genteng sehingga daya rekatnya antara satu genteng dengan yang lainnya semakin memberikan keamanan.

Di bawahnya, terdapat lempengan yang memanjang yang sebagai sistem sirkulasi untuk mencegah banyak air hujan menumpuk pada satu bagian genteng. Bentuknya yang menggelombang memberikan nilai plus berupa perlindungan terhadap angin dan hujan yang lebat.

Genteng Kanmuri Tipe Full Flat

kanmuriroof.com

Genteng kanmuri tipe full flat menjadi jenis genteng kanmuri yang paling mutakhir karena dibuat dengan kombinasi teknologi Jepang dan Eropa. Untuk iklim Indonesia genteng keramik pasti lebih pas dan cocok, karena dapat meredam panas di siang hari sehingga penggunaan pendingin ruangan bisa diminimalkan, porositas sangat rendah, dan tidak akan berlumut.

Efek setelah pemasangan adalah permukaan atap datar yang cantik dan rapi. Profil baru ini dilengkapi dengan alur tinggi yang unik untuk mencegah aliran balik air dan sistem interlock ganda dikombinasikan dengan permukaan genteng yang lebih tumpang tindih, hal ini memungkinkan proses pemasangan talang yang tanpa semen dan bebas bocor saat hujan. Genteng kanmuri tipe full flat ini mulai lumrah digunakan pada berbagai bangunan, dari rumah tinggal hingga gedung tinggi.

Semoga penjelasan tentang genteng kanmuri di atas bisa menjawab rasa penasaranmu, ya!

Kamu sedang mencari aneka dekorasi dan furnitur kekinian untuk menghiasi rumahmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja, sofa, lampu gantung, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Selain hunianmu jadi terlihat lebih hidup, dompetmu pun tidak akan menipis karena harga barang-barang di Dekoruma sangat terjangkau.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan berbagai jenis kasur dari ragam merek ternama, seperti kasur Serta, King Koil, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!