Dewasa ini baja ringan telah banyak menggantikan peran kayu atau baja konvensional untuk menyangga rumah. Salah satu brand baja ringan yang sangat populer di pasasran adalah baja ringan taso. Rangka baja ringan taso menggunakan teknologi terbaru untuk struktur atap yang menerapkan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan.

Baja ringan taso terbuat dari bahan atap galvalum, yaitu material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur karbon, alumunium dan zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standart ISO. Lalu, apa saja jenis-jenis dan kelebihan dari baja ringan taso?

Baja Ringan Taso Berbentuk “Canal” atau “C”

google.com

Jenis baja ringan taso berbentuk “canal” atau “C” ini merupakan produk baja ringan taso yang paling umum digunakan. Bentuk ini dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan sebagai rangka atap rumah atau gedung. Baja ringan taso ini pun telah banyak hadir di pasaran sehingga kamu tidak perlu bingung-bingung lagi di mana untuk dapat menemukan baja ringan taso model “C” ini.

Bentuk ini juga merupakan bentuk tertua pada material batang baja ringan taso. Bentuk ini digunakan pada baja ko0nvensional jauh sebelum adanya baja ringan yang hingga saat ini masih dipakai. Kelebihan dari baja ringan taso model “C” ini adalah pada saat digabungkan dua batang baja ringan yang saling berhadapan dan dapat disatukan menjadi bentuk kotak, sehingga memperkuat rangka satu sama lain.

Baja Ringan Taso Model Reng

google.com

Baja ringan taso model Reng baja ringan taso yang memiliki bentuk seperti huruf “A”. Baja ringan taso ini juga merupakan balok kecil yang digunakan sebagai dudukan genteng untuk rangka atap baja ring. Baja ringan reng digunakan untuk pengikat kuda-kuda dan gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh.

Baja ringan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih pas perletakannya.

Lalu, apa keunggulan dari baja ringan taso?

Baja Ringan Taso Anti Karat

google.com

Tentu kamu sudah paham bahwa besi dan baja merupakan elemen yang berbeda. Jika besi dalam waktu yang panjang dapat mengalami karat sehingga kamu perlu mencari-cari cara menghilangkan karat pada besi, maka baja ringan tidak akan mengalami karat. Hal ini dikarenakan bahan utama baja ringan terbuat dari galvalum, yait sebuah pelapis anti karat yang terbuat dari zinc, karbon, dan alumunium.

Rangka baja ringan taso cocok digunakan pada garasi dengan carport karena seringnya paparan panas dan hujan. Pada jangka panjang, kamu juga tidak perlu melakukan perawatan rutin.

Pemasangannya Cukup Mudah

google.com

Penggunaan baja ringan taso untuk rangka struktur bangunan cocok untuk kamu yang ingin menekan budget dan waktu pembangunan. Pemasangan baja ringan taso juga mudah karena hanya dirakit menggunakan baut khusus, tidak seperti rangka besi yang harus dirakit menggunakan mesin las dan jelas memakan waktu lebih lama. Bobot baja ringan juga tentu lebih ringan ketimbang rangka besi sehingga dapat dikerjakan oleh beberapa orang pekerja saja.

Biaya untuk Baja Ringan Taso Jauh Lebih Terjangkau

google.com

Secara keseluruhan saat dimulainya pembangunan hingga perawatan, biaya yang dikeluarkan untuk rangka baja ringan taso bisa dibilang sangat terjangkau dibandinigkan dengan kerangka dari bahan lainnya. Pada segi pemasangan pun lebih murah karena rangka baja ringan taso membutuhkan waktu yang lebih cepat dengan penggunaan baut-baut khususnya.

Untuk segi perawatan, baja ringan taso hampir tidak membutuhkan tambahan lapisan khusus dan jauh lebih awet ketimbang bahan yang lain. Kemungkinan rusaknya pun kecil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk biaya perawatan dalam jangka waktu tertentu.

Baja Ringan Taso Memiliki Bahan yang Anti Terbakar

google.com

Untuk sisi keamanan rangka baja ringan taso bisa jadi pertimbangan utama untuk kamu dalam mencegah kebakaran rumah. Rangkanya merupakan non-combustible, yaitu tidak bisa membesarkan api. Sewaktu-waktu rumah mengalami musibah kebakaran, baja ringan taso tidak akan membuat api semakin besar dan menjalar ke sisi lainnya.

Baja Ringan Taso Anti Rayap

google.com

Ini merupakan satu keunggulan yang jelas membedakan keistimewaan baja ringan taso dengan rangka bangunan dari bahan kayu. Tidak seperti rangka kayu, baja ringan taso tidak akan mengalami serangan rayap karena materialnya tidak bisa dimakan rayap. Dengan demikian kamu dapat lebih menghemat biaya.

Baja Ringan Taso Tidak Mengalami Proses Pemuaian dan Penyusutan

google.com

Satu lagi keistimewaan dari baja ringan taso adalah ketahanannya yang luar biasa terhadap perubahan cuaca. Di saat bahan lainnya mengalami proses pemuaian dan penyusutan akibat berganti-gantinya cuaca, rangka baja ringan ini tidak akan memuaiatau menyusut.

Baja Ringan Taso Memiliki Sifat Liat dan Daktilitas yang Baik

google.com

Sifat liat adalah kemampuan baja ringan taso untuk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar dan mampu menopang beban yang cukup berat. Pada istilah teknik sipil, baja ringan taso sanggup menahan deformasi yang besar tanpa menyebabkan keruntuhan pada beban tarik satu sama lainnya. Baja ringan taso mampu menahan beban konstruksi tanpa menyebabkan kehancuran.

Hal ini berbeda dengan material baja konvensional atau kayu yang bersifat keras dan getas yang akan langsung hancur apabila dikenai beban kejut yaitu yang dinamakan proses daktilitas yang kuat. Rangka atap baja ringan taso bisa diberikan kelenturan, beban kejut, dan beban geser sehingga bentuk strukturnya pun bisa lebih fleksibel dengan kondisi tertentu jika sewaktu-waktu terjadi bencana atau hal lainnya.

Semoga kamu paham lebih lagi soal baja ringan taso, ya! Jangan lupa lihat artikel seputar rumah lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka perlengkapan tidur, lho! Dekoruma jual bedcover, selimut, bantal guling, serta kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur The Luxe dan King Koil. Tunggu apa lagi? Cari perlengkapan tidur incaranmu sekarang juga!

Buat kamu yang sedang mencari properti untuk tempat tinggal atau investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Bekasi, apartemen dijual di Jakarta Barat, atau rumah baru di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan properti impianmu di Dekoruma!