Serba-Serbi Material Batu Marmer

Batu marmer merupakan batuan metamorf yang berasal dari rekristilasiasi batu kapur. Corak dari batu marmer yang asli tidak dapat diseragamkan karena secara alami alur yang dimilikinya berbeda-beda.

Corak-corak yang dihasilkan pada batu marmer merupakan hasil dari proses pembentukan batuan secara alami. Batu marmer seringkali kita temukan sebagai batu yang menghiasi rumah, sebagai batu yang digunakan untuk lantai, dinding, bahkan furnitur seperti meja dan kursi.

pinterest.com

Alasan mengapa batu marmer ini seringkali dipilih sebagai batu penghias rumah adalah karena batu ini mempunyai tampilan yang sangat indah dan cocok digunakan sebagai bahan untuk dekorasi bangunan dan juga mudah dipahat. Ingin mengenal lebih jauh mengenai material mewah batu marmer ini? Yuk, cek pembahasan Kania selengkapnya di bawah ini!

Batu Marmer Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan

google.com

Batu marmer sudah terkenal memiliki kegunaan dekoratif dan struktural pada suatu hunian, terlebih pada hunian-hunian kelas atas. Batu marmer dapat digunakan pada bagian interior maupun eksterior rumah, seperti digunakan pada dinding eksterior dan veneer, lantai, fitur-fitur rumah yang dekoratif, tangga serta jalan setapak di dalam maupun di luar rumah.

Dengan demikian suatu rumah akan mempunyai dekorasi yang indah dengan batu marmer sebagai bahan utama penyusunnya. Batu marmer apabila dijadikan bahan konstruksi rumah akan membawa kesan mewah dan eksklusif.

Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Macam-Macam Furnitur

google.com

Dengan banyaknya macam dan bahan pembuatan furnitur, tidak hanya kayu, namun batuan alam seperti batu marmer merupakan salah satu bahan yang juga populer di masyarakat. Terdapat beraneka macam furnitur yang menggunakan bahan dasar batu marmer seperti meja, kursi, jendela, dan guci.

Tentu dipilihnya batu marmer sebagai bahan pembuat furnitur karena sifatnya yang lunak dan mudah dipahat. Selain itu, batu marmer merupakan jenis batu alam yang dapat tembus cahaya sehingga ia cenderung lunak bila menerima benturan. Patung-patung pada rumah mewah dan ornamen seni juga menggunakan batu marmer sebagai bahan dasarnya. Beberapa di antara patung yang menggunakan batu marmer adalah patung Artemis.

Bisa Dijadikan Pupuk

google.com

Batu marmer yang dipanaskan dapat mengusir karbondioksida yang terkandung dalam kalsit tersebut, sehingga yang tersisa adalah kalsiumdioksida atau zat kapur yang dapat digunakan sebagai kapur  pupuk untuk lahan pertanian, yaitu untuk mengurangi keasaman dalam tanah. Bila diterapkan bersama-sama  dengan pupuk, hal tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Agricultural Research Service, Departemen Pertanian Amerika Serikat pada laha jagung menyatakan bahwa sebagian dari ladang jagung yang tidak ada kandungan unsur kapur dan pupuk menyebabkan tanaman tersebut berjuang untuk bertahan hidup.

Sebagai Bahan Dasar Pembersih Rumah

google.com

Selain digunakan untuk bahan keindahan atau hiasan, ternyata batu marmer juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembersih rumah. Batu marmer ini terdiri atas kalsit, yakni semacam mineral dengan kekerasan Mosh tiga. Maka dari itulah batu marmer sering digunakan sebgai bahan dasar dalam pembuatan cairan pembersih kamar mandi maupun dapur. Karena batu marmer bersifat lembut, pembersih dari batu marmer tidak menyebabkan goresan atau kerusakan lainnya.

Warna dan Motifnya Bervariasi

google.com

Batu marmer dengan keunikannya yang natural memiliki warna dan motif yang bervariasi. Batu marmer pun dapat diaplikasikan secara utuh atau dalam bongkahan bidang lebar ataupun dipotong-potong menjadi tile yang disusun secara utuh tanpa perlu dipoles dengan tambahan motif dan warna, karena batu marmer telah memiliki keindahan motifnya sendiri.

Tahan Panas

google.com

Batu marmer merupakan batu yang yang tidak menghantarkan panas dan merupakan konduktor yang tidak terlalu baik. Oleh karena itu, batu marmer dapat tahan dari sengatan panas dan hampir tidak bisa terbakar. Akan terasa sejuk jika menggunakan batu marmer sebagai bahan desain lantai di rumah, bahkan saat udara gerah sekalipun. Batu marmer ini cocok diplikasikan pada lantai di rumah-rumah beriklim tropis.

Tidak Mudah Tergores

designingontheside.com

Batu marmer juga tidak mudah tergores. Permukaannya yang mengkilap juga tak mudah membuat batu marmer memudar meskipun sudah lama. Bahkan saat terjadi banyak gesekan-gesekan pada lantai batu marmer.

Mudah Dibersihkan

pinterest.com

Ini kelebihan utama dari batu marmer. Perlu waktu yang lama pada batu marmer untuk kehilangan kilauannya dan menjadikannya kusam. Namun bila suatu saat batu marmer telah mengalami kekusaman, tidak perlu khawatir karena batu marmer dapat dengan mudah dibersihkan dan akan mengembalikan kembali kilauannya. Terdapat cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan lantai marmer di pasaran.

Tahan Lama

google.com

Batu marmer sebagai bahan bangunan, khususnya untuk elemen eksterior akan lebih mudah beradaptasi dengan iklim dan musim di lingkungan luar rumah, karena pada dasarnya batu marmer adalah bahan alami yang terbentuk dari suhu dan tekanan yang tinggi dan tidak mudah melengkung.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu jadi lebih tahu ‘kan mengenai material batu marmer? Kamu juga bisa mengenali material batu alam lainnya melalui artikel Dekoruma, lho! Tak hanya itu, di Dekoruma kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah tangga. Dekoruma jual lemari anak, karpet, tirai, meja makan, sofa, hingga beragam jenis lampu.

Kalau kamu justru sedang mencari peralatan memasak, Dekoruma juga jual Fackelmann, yaitu merek alat masak yang terkenal akan kualitasnya. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya sampai di situ saja, melalui Dekoruma Properti, kamu juga bisa menemukan hunian baru di dalam perumahan yang nyaman dari berbagai lokasi, lho, seperti perumahan baru di Bekasi, Jakarta Selatan, Tangerang, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena kehidupan indah berawal dari rumah!