Mengenal Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Dak Beton

Sebuah rumah terdiri dari beberapa elemen konstruksi yang wajib ada, seperti pondasi, dinding, dan atap. Struktur konstruksi harus kuat dan dari segala sisi, termasuk dengan dak. Di Indonesia, dak beton adalah salah satu jenis konstruksi yang paling sering ditemui dan kerap menjadi pilihan terutama untuk bangunan segala jenis. Ingin tahu lebih lanjut tentang dak beton? Yuk ikuti dulu pembahasan lengkap dari Kania seputar dak beton berikut ini.

Apa itu dak beton?

blogspot.com

Dak adalah istilah yang berarti pembatas antara lantai bawah dengan lantai yang di atasnya. Tapi dalam kesehariannya, dak juga sering ditujukan sebagai konstruksi yang berada di bagian paling atas. Bahan untuk membuat dak juga berbeda- beda, antara lain dari beton, kayu, dan tanah liat. Nah, dak beton artinya adalah pembatas lantai— termasuk juga bagian atap—yang terbuat dari beton.

Bagaimana Cara Membuat Dak Beton?

blogspot.com

Dak beton secara umum dibuat dengan cara konvensional yaitu memakai cor beton atau sistem pabrikasi. Sebagai pelat pembatas antara lantai rumah, pembuatan dak beton yang benar sangat penting dan wajib diperhatikan secara teliti. Dengan pembuatan dak beton yang baik, daya tahan rumah bagi dan kualitas bangunan juga semakin terjamin.

Karakteristik dak beton yang baik harus memiliki 4 poin utama berikut, yaitu:

  • Solid atau kuat agar mampu menahan beban dan berat tanpa kendala.
  • Pengerjaan yang halus dan rata, karena berpengaruh terhadap fungsi dan estetika rumah secara keseluruhan.
  • Efisien, yang artinya dak beton harus dibangun dalam tempo yang tepat dan tidak terlalu lama supaya hasilnya tidak mudah retak atau keropos
  • Ekonomis, dak beton juga merupakan salah satu pilihan untuk membuat pelat lantai yang terjangkau dan irit.

Seorang kontraktor yang baik biasanya akan memulai membuat dak beton dengan cara menghitung dimensi lantai untuk menaksir bahan, material yang digunakan, peralatan yang digunakan, misalnya bor, serta jumlah tim kerja yang dibutuhkan. Timing juga harus dipertimbangkan saat membuat dak beton supaya hasil dak beton nantinya tidak melengkung, tidak rata atau bahkan retak karena tidak pas.

Tips Membuat Dak Beton yang Baik

  • Hitung terlebih dahulu dimensi dan jumlah besi tulangan yang pas untuk membuat dak beton sesuai ukuran ruangan. Penggunaan besi yang berlebihan tidak dianjurkan karena malah akan menambah bobot struktur dan boros biaya pembuatan.
  • Ketebalan dak beton harus cukup untuk menahan gaya tekan. Umumnya dak lantai beton dibuat dengan ketebalan 12 cm, sedangkan untuk atap dak beton rata-rata menggunakan ketebalan minimal 8 cm.

google.com
  • Menyesuaikan antara kualitas dak beton dengan kebutuhan struktur, terutama untuk benda-benda yang akan diletakkan dalam ukuran bobot yang tidak lazim. Misalnya jika ada penambahan brankas pada titik- titik tertentu di lantai atas, maka harus dipertimbangkan.
  • Perhatikan pengadukan bahan supaya benar-benar homogen (merata). Komposisi bahan adukan tidak terlalu cair ataupun kental, dan tidak muncul segregasi atau butiran terpisah yang berpengaruh pada kualitas pengerjaan dak beton nantinya.
  • Menyiram air untuk menghindari pengerasan dak beton sebelum waktunya. Hal ini bisa juga diatasi dengan menaruh kain basah diatas permukaan lain, supaya dak beton tidak terlalu cepat mengeras.
  • Setelah jadi, aplikasikanlah pelapis anti bocor untuk dak beton supaya lebih awet.

Kelebihan Dak Beton

  • Dibandingkan dengan model atap runcing atau tertutup, atap dak beton bisa menjadi tambahan ruang misalnya sebagai ruang cuci karena bentuknya yang datar layaknya lantai rumah biasa.
  • Dak beton memungkinkan penambahan tinggi bangunan, misalnya dari rumah 2 lantai menjadi 3 lantai dan seterusnya sepanjang konstruksinya kuat dan memungkinkan.

google.com

  • Dak beton merupakan salah satu jenis dak yang paling kuat dan tidak mudah rusak. Tahan terhadap cuaca, baik panas, hujan maupun terpaan angin kencang.
  • Ketebalan dak beton yang dikerjakan dengan baik akan mampu meredam panas sinar matahari dengan baik. Walaupun demikian, banyak yang menambah dengan plafon gypsum dari bagian langit- langit demi kenyamanan ekstra serta estetika.
  • Minim biaya perawatan & mudah dibersihkan. Dak beton umumnya juga tidak harus dihiasi dan pembersihan hanya dengan cara biasa, misalnya disapu dan disiram untuk mengenyahkan debu.

Kekurangan Dak Beton

google.com

Dak beton tergolong cukup mahal, terutama dari segi pembuatannya. Pengerjaan dak beton harus menggunakan tenaga konstruksi profesional karena pengerjaan sendiri masih sangat jarang dan membutuhkan mesin serta keahlian khusus.

  • Sulit untuk dibongkar. Jadi renovasi rumah untuk dak beton umumnya tidak bisa lagi dikerjakan secara parsial, tetapi pembongkaran total serta membutuhkan ventilasi yang baik dan tidak boleh terlalu lembap, sehingga kurang cocok untuk bangunan yang berukuran kecil.
  • Secara umum, dak beton memang bisa menahan endapan air. Tetapi jika tidak dikerjakan dengan teliti, maka kebocoran bisa saja terjadi. Sehingga tidak jarang dak beton harus dilapisi dengan bahan waterproof seperti cat anti bocor.

Harga Dak Beton 2021

Bagi kamu yang sedang riset soal harga dak beton, berikut perkiraan harganya untuk tahun 2021 yang dilansir dari berbagai sumber.

Harga Cor Konstruksi Beton Per M3

NoTipeSlumpHarga
1Cor Konstruksi Beton K 22512 ± 2 cmRp800 ribu /m3
2Cor Konstruksi Beton K 25012 ± 2 cmRp820 ribu /m3
3Cor Konstruksi Beton K 27012 ± 2 cmRp840 ribu /m3
4Cor Konstruksi Beton K 30012 ± 2 cmRp860 ribu /m3

Harga Cor Konstruksi Beton Per M2

NoTipeOngkos tukangBiaya bekistingTotal biaya
1Cor Konstruksi Beton K 225Rp250 ribuRp418 ribuRp748 ribu/m²
2Cor Konstruksi Beton K 250Rp250 ribuRp418 ribuRp749 ribu/m²
3Cor Konstruksi Beton K 275Rp250 ribuRp418 ribuRp751 ribu/m²
4Cor Konstruksi Beton K 300Rp250 ribuRp418 ribuRp753 ribu/m²

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu jadi semakin yakin untuk memakai dak beton di rumah impianmu?  Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek informasi menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya!

Temukan ragam furnitur dan dekorasi berkualitas untuk menghidupkan suasana rumahmu hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kursi kantor, lemari pakaian, coffee table, dan aneka sofa sesuai kebutuhan rumahmu. Pilihan mereknya pun beragam, sepertli Livien, Pro Design, dan Anya Living.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan spring bed berkualitas untuk memenuhi kebutuhan tidurmu, lho! Ada ragam merek spring bed terkenal yang bisa kamu pilih, seperti spring bed Dunlopillo dan spring bed Serta.

Kamu sedang mencari tempat tinggal baru yang nyaman dan strategis? Lagi-lagi kamu bisa temukan di Dekoruma! Ada banyak pilihan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, Tangerang, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!