Tanaman serbaguna adalah tanaman yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya sebagai makanan serta tanaman obat-obatan. Bagian yang dimanfaatkan tersebut mulai dari akar, batang, buah, hingga daunnya.

unsplash.com/@oldskool2016

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak tanaman serbaguna, beberapa di antaranya bisa kamu tanam di halaman rumah sendiri. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki tanaman serbaguna sendiri dan menghemat uang belanja, coba simak beberapa bibit tanaman serbaguna berikut ini!

1. Bibit tanaman pepaya

google.com

Siapa yang tidak mengenal tanaman pepaya? Bagian buahnya bisa dimakan dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, rasanya pun manis. Buah pepaya muda juga bisa disayur menjadi masakan yang nikmat. Sedangkan daun tanaman pepaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, obat penghilang jerawat, obat penambah nafsu makan, hingga mengobati darah tinggi dan demam berdarah.

Bibit tanaman yang satu ini cukup mudah ditemukan di pasaran dan mudah perawatannya. Pastikan saja kalau halaman atau taman rumah milikmu cukup luas karena bibit tanaman ini bisa tumbuh besar.

2. Bibit tanaman singkong

Kalau buah dari bibit tanaman yang satu ini, Kania yakin kamu sering menyantapnya. Daging singkong ini mudah ditemui dalam bentuk gorengan, keripik, tape, getuk, kukusan, rebusan, dan aneka jajanan tradisional lainnya. Bahkan di sejumlah daerah, masyarakatnya memanfaatkan daging singkong untuk pengganti nasi atau sumber karbohidrat.

Daging singkong ini mengandung protein, lemak, kalsium, vitamin B, dan vitamin C. Selain sehat bagi tubuh, singkong ini bisa jadi makanan pokok untuk kamu yang sedang diet karena kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan dengan nasi atau roti. Perut pun akan terasa kenyang lebih lama.

Selain dagingnya, daun bibit tanaman singkong juga bisa kamu gunakan sebagai bahan masakan. Masakan dari daun singkong biasanya dapat kamu temukan di rumah makan Padang. Bagian batang pun bisa dimanfaatkan kembali sebagai bibit tanaman singkong.

3. Bibit tanaman lidah buaya

Bibit tanaman serbaguna berikutnya yang bisa kamu tanam di rumah adalah lidah buaya. Tanaman yang satu ini tidak memiliki daun, melainkan hanya batang. Namun bagian batangnya memiliki tekstur kenyal dan bisa dimakan.

google.com

Daging tanaman lidah buaya yang sudah diolah dengan cara direbus ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa khasiatnya adalah meredakan batuk, mengurangi panas dalam, melancarkan peredaran, menyembuhkan darah tinggi, hingga memperhalus kulit.

Daging tanaman lidah buaya ini juga memiliki lendir atau getah. Getah salah satu tanaman hortikultura ini bisa kamu oleskan di bagian kulit kepala untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut. Selain itu bisa juga dioleskan ke bagian kulit yang meradang akibat jerawat atau luka bakar.

4. Bibit tanaman jahe

Bibit tanaman jahe juga bisa menghemat uang belanja jika kamu menanamnya di halaman rumah sendiri. Biasanya jahe ini digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Karena hanya butuh sedikit saja, rasanya sayang jika kamu harus pergi ke pasar dan membeli dalam jumlah banyak. Kalau kamu punya tanaman jahe di rumah, kebayang kan betapa mudahnya mengambil ketika membutuhkan?

google.com

Selain menjadi bumbu masak, jahe juga bisa diolah menjadi minuman penghangat tubuh sekaligus pengusir masuk angin. Cukup cuci bersih jahe, kemudian potong-potong atau tumbuk, lalu rebus hingga wangi. Kamu bisa mencampurkan air jahe ini dengan gula, pandan, teh, atau madu.

5. Bibit tanaman seledri

google.com

Bibit tanaman terakhir yang bisa kamu tanam sendiri di rumah dan sering dipakai saat memasak adalah bibit tanaman seledri. Batang dan daun seledri ini akan membuat masakanmu terasa nikmat dan lebih harum. Ketika kamu membutuhkannya, kamu tinggal memetik dari halaman sendiri.

Tanaman seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat. Untuk menanamnya, kamu tidak perlu halaman yang luas karena bibit tanaman seledri ini bisa tumbuh dalam pot berukuran sedang.


Itulah 5 bibit taman serbaguna yang bisa kamu tanam di rumah sehingga menghemat uang belanjamu. Jangan lupa cek artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur di Dekoruma. Dekoruma jual meja makan, lemari pakaian, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia.  Dekoruma juga jual kasur Elite, King Koil, dan Comforta, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!