Sebagian masyarakat percaya kalau feng shui bisa mendatangkan rezeki bagi penghuni rumah. Feng shui rumah sendiri berfokus pada penggunaan elemen kayu, api, air, tanah, dan logam. Masing-masing ruangan di rumah memiliki trik feng shui yang berbeda untuk mendatangkan rezeki. Kali ini Kania akan membahas trik feng shui dapur yang tepat untukmu. Yuk, disimak!

1. Penempatan elemen api dan air untuk feng shui dapur

thespruce.com

Untuk menerapkan feng shui dapur, kamu perlu memisahkan elemen api dan air. Elemen api yang dimaksud adalah kompor, sedangkan elemen air bisa berupa lemari es dan bak cuci piring. Penempatan yang benar adalah membentuk segitiga dan tidak bersebelahan. Jika luas dapur tidak memungkinkan untuk memisahkan kedua elemen tersebut, batasi dengan vas bunga.

thespruce.com

Trik feng shui dapur berupa penempatan kedua elemen ini berguna untuk menghindari perselisihan antar anggota keluarga. Kalau anggota keluarga hidup damai, rezeki pun tidak akan sungkan untuk datang.

2. Meletakkan kompor di posisi yang tepat

Penempatan kompor gas dalam feng shui dapur juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Posisi kompor yang paling tepat adalah mengarah ke pintu masuk dapur atau dekat dengan pintu dapur. Pastikan saat kamu memasuki dapur, kompor tersebut terlihat jelas.

google.com

Hindari meletakkan kompor di sudut dapur atau menghadap ke dinding dapur, dalam ilmu feng shui dapur hal tersebut dipercaya dapat menghalangi energi baik yang mau masuk ke dalamnya. Jika posisi dapur tidak memungkinkan untuk meletakkan kompor pada posisi yang tepat, sebaiknya pasang cermin di atas kompor agar bisa terlihat dari pintu masuk dapur.

3. Manfaatkan vas bunga dan tempat buah

amazon.com

Siapa sangka jika dekorasi vas bunga dan tempat buah memiliki energi positif untuk menambah rezeki pemiliknya? Posisi yang tepat untuk meletakkan tempat buah dalam feng shui dapur adalah di bagian tengah dapur atau menghadap ke arah tenggara.

Buah yang dianggap tepat untuk mengisi tempat buah tersebut adalah apel atau jeruk. Untuk vas bunga sendiri, kamu bisa meletakkannya di antara kompor dan lemari es.

4. Menjaga kebersihan juga termasuk dalam trik feng shui dapur

housebeautiful.com

Kondisi yang kotor dan berantakan dapat menangkal energi positif yang ingin masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, kamu perlu menata dapur dan menjaga kebersihan dapur setiap saat.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan peralatan masak ke dalam lemari kabinet khusus, menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, membuang sampah dapur setiap hari, serta menyapu dan mengepel lantainya.

5. Menghadirkan warna cerah sebagai trik feng shui dapur

google.com

Untuk trik Feng Shui dapur berikutnya, gunakan warna-warna cerah untuk interior dapur. Mulai dari dinding, kitchen cabinet, hingga peralatan masak yang digunakan, seperti wajan & panci. Salah satu warna terbaik yang disarankan dalam ilmu feng shui adalah kuning. Warna kuning ini memiliki energi yang bagus untuk kegembiraan dan kesehatan pencernaan.

6. Dalam feng shui dapur, jangan posisikan kamar mandi dan kamar tidur di atasnya

pinterest.com

Untuk kamu yang memiliki rumah tingkat, pastikan untuk tidak menempatkan kamar mandi dan kamar tidur di atas dapur. Dalam feng shui dapur, posisi kamar mandi yang ada di lantai atasnya akan memberikan aura negatif karena identik dengan kegiatan yang kotor serta berpotensi menimbulkan kebocoran bagi ruangan yang ada di bawahnya.

Sedangkan kaitannya dengan kamar tidur adalah karena dapur memiliki elemen api yang bisa menciptakan energi negatif bagi penghuni kamar tidur di atasnya.

Demikian 6 trik feng shui dapur yang bisa kamu terapkan dengan mudah di hunian masing-masing. Kalau kamu masih bingung menata interior dapurnya, tim design and build Dekoruma siap membantu, lho. Harga kitchen set dan interiornya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Temukan aneka furnitur untuk melengkapi hunianmu di Dekoruma! Ada berbagai macam furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang. Misalnya, untuk kamar tidur, Dekoruma jual side table, tempat tidur, lemari pakaian, dan meja rias. Dekoruma juga jual alat rumah tangga untuk menunjang setiap aktivitasmu di rumah, seperti perlengkapan laundry, peralatan memasak, dan alat kebersihan.

Kamu sedang mencari tempat tinggal baru yang nyaman dan strategis? Dekoruma juga bisa menjadi solusi yang tepat, lho! Kamu bisa menemukan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah yang sedang berkembang di Jabodetabek, seperti rumah dijual di BSD, Jakarta Barat, Depok, dan Bekasi. Bersama Dekoruma, rumah impian jadi kenyataan!