Dalam merancang hunian terbaik, kenyamanan bukanlah satu-satunya hal penting yang perlu jadi perhatianmu. Faktor-faktor yang membuat rumah tidak sehat juga tak boleh luput dari rancangan. Rumah tidak sehat tak hanya membuat kualitas hunian, khususnya faktor kesehatan menjadi terganggu, tapi juga mengurangi faktor kenyamanan dan nilai dari hunian tersebut.

Untuk menghindari hunianmu berakhir menjadi rumah tidak sehat, kenali dan pahami 7 karakter dasar dari rumah tidak sehat yang sering terlewatkan pada saat merancang rumah berikut!

1. Lingkungan sekitar rumah yang buruk

pinterest.com

Lingkungan sekitar rumah juga bisa membuat rumah tidak sehat. Seperti keberadaan pabrik atau pembuangan limbah di sekitar rumah bisa mempengaruhi tingkat kesehatan rumahmu. Pilihlah lokasi yang sehat dengan cukup penghijauan dan sistem sanitasi dan pengolahan limbah yang baik.

2. Ukuran terlalu sempit

Lahan yang sempit terkadang membuat ruang-ruang di rumah menjadi terlalu sempit. Padahal ruang yang terlalu sempit adalah salah satu alasan yang membuat rumah tidak sehat. Ukutan terlalu sempit membuat pergerakan menjadi terbatas dan sirkulasi udara serta cahaya menjadi kurang lancar.

pinterest.com

Siasati masalah rumah tidak sehat ini dengan menggabungkan beberapa ruang yang memang bisa digabungkan, seperti ruang keluarga dan ruang makan ataupun ruang makan dan dapur untuk memilimalisir ruang-ruang terlalu sempit untuk menghindari rumahmu menjadi rumah tidak sehat.

3. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang tidak baik

pinterest.com

Rumah tidak sehat yang memiliki pencahayaan buruk seperti redup dan remang-remang membuat udara menjadi lembap. Virus, bakteri, serta parasit mudah berkembang di dalam rumah, akibatnya muncul bibit-bibit penyakit yang bisa membahayakan keluarganmu.

Sirkulasi udara yang buruk bisa memperparah kondisi tersebut. Selain membuat udara lembap, sirkulasi udara yang buruk dan nggak adanya ventilasi yang baik bisa membuat rumah bau dan juga memiliki temperatur buruk yang membuatmu tak nyaman.

google.com

Siasati faktor rumah tidak sehat satu ini dengan memaksimalkan bukaan ventilasi pada hunian sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan alami, jika masih tak cukup, gunakan teknologi tambahan seperti lampu yang baik serta kipas atau pendingin ruangan (AC) untuk mengatur sirkulasi udara.

4. Pola sanitasi dan elektrikal yang buruk

google.com

Pengaturan jalur sanitasi seperti air bersih dan air kotor harus selalu tertata untuk menghindari air bersih tercemar ataupun air kotor menjadi sumber penyakit yang membuat rumah tidak sehat.

Pastikan sanitasi tertata baik dan lancar sehingga terhindar dari potensi air tercemar atau air kotor, supaya nggak jadi sumber bakteri yang berujung membuat rumah tidak sehat.

5. Pengelolaan sampah dan limbah yang tidak baik

google.com

Pengolahan sampah dan limbah yang buruk pada hunian bisa menjadi tanda rumah tidak sehat. Pastikan hunian memiliki tempat pembuangan sampah baik dan tidak menganggu dan mencemari rumah ataupun lingkungan rumah.

Seperti poin sebelumnya, pastikan saluran sanitasi, khususnya limbah cair, lancar dan langsung terbuang langsung agar tidak mampet atau tertampung.

6. Penggunaan bahan bangunan yang tak sehat dan tak kuat

google.com

Ada banyak pilihan bahan bangunan, dan beberapa diantaranya mengandung racun yang membuat rumah tidak sehat. Selalu konsultasikan pemilihan bahan bangunan dengan pakar profesional, seperti ahli konstruksi dan arsitek profesional untuk menghindari bahan tak sehat dan kuat yang akan membuat rumah tidak sehat.

7. Memiliki ruang-ruang yang menjadi sarang hama

google.com

Keberadaan hama adalah tanda rumah tidak sehat selanjutnya. Selalu rutin melakukan cara membasmi curut dan hama di rumah. Jika kamu temukan ruang-ruang dimana hama-hama ini bisa bersarang seperti kolong lemari atau langit-langit rumah, segera perbaiki dan basmi rayap dan hama-hama lainnya yang bisa membahayakan kesehatan keluarga!


Itulah berbagai ciri dan karakter dari rumah tidak sehat yang seringkali luput dari perhatian saat merancang rumah impian. Setelah mengetahui berbagai hal tersebut, tentu kamu sudah siap untuk menyelesaikan permasalahan rumah tidak sehat, bukan?

Temukan beragam jenis furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Dekoruma jual meja belajar, kursi makan, sofa, tempat tidur, dan lemari pakaian yang pastinya siap menghidupkan suasana rumahmu.

Tak hanya itu saja, di Dekoruma kamu juga bisa menemukan aneka rak penyimpanan yang sangat praktis dan efisien, seperti dari merek Ninebox. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!