Renovasi rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap pemilik rumah apabila sudah ada bagian bangunan yang rusak dan berpotensi membuat penghuninya merasa kurang nyaman bahkan terancam keselamatannya. Renovasi rumah ada yang sifatnya sebagian dan ada juga yang renovasi keseluruhan. Biasanya yang membutuhkan renovasi keseluruhan adalah rumah tua.

Karena sudah dimakan usia, rumah tua membutuhkan perhatian khusus ketika menjalani renovasi, terutama di bagian kerangka dan fondasi untuk mempertahankan bentuk asli bangunan dan keselamatan penghuninya lebih terjamin. Selain biaya renovasi rumah, kamu juga harus mempersiapkan desain renovasi rumah tua. Nah, berikut ini Kania sudah menyiapkan beberapa inspirasi desain rumah tua sebelum dan sesudah direnovasi. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

1. Rumah tua yang direnovasi menjadi lebih cerah

pinterest.com

Rumah tua yang satu ini pada awalnya memiliki sebuah lubang di bagian atap rumah yang menjadikannya tidak layak untuk ditinggali. Yang terlihat jelas dalam renovasi rumah tua ini adalah penggantian atap baru dan penggunaan cat dinding luar rumah dengan warna yang lebih cerah. Bagian depannya diberikan pagar sehingga terlihat lebih terawat dan rapi.

2. Rumah tua yang direnovasi menjadi lebih nyaman dan minimalis

houzz.com

Rumah tua yang satu ini sebelum direnovasi terlihat seperti hampir roboh dan eksteriornya sudah lusuh. Setelah renovasi rumah, rumah tua ini menjadi terlihat lebih nyaman dan minimalis berkat cat genteng berwarna hitam dan cat eksterior warna putih.

Di bagian teras rumah terlihat ada pagar rumah minimalis baru dan sebuah tangga sehingga para penghuni bisa memasuki rumah dengan mudah dan aman. Rasanya rumah ini cocok untuk beristirahat di akhir pekan ya!

3. Rumah tua yang direnovasi menjadi lebih kuat

pinterest.com

Kesan pertama saat melihat rumah tua yang satu ini adalah hampir roboh dan tidak terurus. Tanaman dibiarkan tumbuh menutupi bangunan dan kayu penyangga rumah sudah rapuh termakan usia.

Setelah mengalami renovasi, rumah tua pun berubah menjadi sebuah rumah baru yang lebih kokoh sehingga aman untuk dihuni. Jendela rumah yang pecah sudah diperbaiki dan kayu penyangga diganti baru. Halaman pun dibersihkan dari rumput yang mengganggu dan pohon yang menutupi bangunan.

4. Rumah tua yang direnovasi menjadi memiliki area terbuka

pinterest.com

Rumah tua yang satu ini masih terlihat kokoh dan rapi pada awalnya, namun sang pemilik tampaknya memiliki kebutuhan lain sehingga memutuskan untuk merenovasinya menjadi sebuah rumah dengan area terbuka.

Sebagian dindingnya diganti menjadi jendela minimalis berukuran besar sehingga sinar matahari bisa menyinari bagian dalam rumah dan rumah pun terlihat lebih lega. Kalau kamu berani tidak merenovasi rumah tua menjadi rumah yang terbuka seperti ini?

5. Rumah tua yang direnovasi dengan gaya berbeda

pinterest.com

Rumah tua yang satu ini kerangkanya terlihat masih kokoh, namun sayang bagian atap dan jendelanya sudah hancur. Tampaknya sang pemilik rumah tidak ingin tanggung-tanggung pada saat melakukan renovasi rumah, ia juga mengganti warna cat. Hasilnya, rumah tua yang klasik ini terlihat modern dan elegan.

6. Rumah tua yang direnovasi menjadi lebih hidup

pinterest.com

Rumah tua yang terakhir ini sebelum direnovasi terlihat sangat gersang dengan tanah kosong di sekelilingnya dan memiliki eksterior yang gelap. Setelah direnovasi, rumah ini terlihat lebih hidup.

Bagian luar rumah ini dicat menggunakan warna krem, kemudian ada tanaman di halaman rumah. Dan yang paling kerennya lagi, tanah yang tadinya kosong telah berubah menjadi area kolam renang dan halaman yang ditumbuhi rumput subur.


Demikian 6 renovasi brilian rumah tua yang mungkin saja bisa membuatmu merasa lebih percaya diri ketika harus melakukan renovasi rumah pribadi. Kalau kamu memang berencana untuk merenovasi rumah, pastikan kamu menyelesaikan hal-hal penting seperti dempul tembok, plafon tidak bocor, dan lainnya. Ingat, tetap utamakan keselamatan dan kenyamanan penghuni, ya!

Jika kamu sedang mencari furnitur untuk mengganti yang sudah tua, Dekoruma jual kursi, meja, sofa, dan tempat tidur dengan beragam model, ukuran, dan merek. Dekoruma juga jual rak display untuk memajang aneka dekorasi cantik di rumahmu yang baru direnovasi, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!