Listrik menjadi sumber kehidupan setiap rumah. Bagaimana jika tak ada listrik? Pastinya kamu akan sulit melakukan banyak hal, terlebih saat malam hari saat listrik menjadi sumber penerangan.

Biaya listrik terus meningkat meskipun kamu sudah melakukan banyak upaya penghematan. Penggunaan alat penghemat listrik pun tidak disarankan karena berbahaya. Sebagai solusi, Kania akan memperkenalkan teknologi panel surya yang bisa diaplikasikan di rumah untuk menghemat listrik. Buat kamu yang belum tahu, yuk kita kenali panel surya lebih detail!

Apa Itu Panel Surya?

google.com

Panel surya merupakan sebuah alternatif untuk menghasilkan listrik. Panel surya berupa perangkat untuk menukar cahaya menjadi listrik, operasionalnya dengan mengambil energi dari cahaya matahari yang sangat kuat.

Membentuk sekumpulan sel-sel surya, penggunaan untuk rumah tangga berupa sel surya kecil yang disebar di sebuah area untuk bekerjasama menghasilkan energi yang mencukupi berbagai keperluan elektrik dan elektronik. Semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam sel, semakin banyak besaran listrik yang dihasilkan.

Manfaat dan Kelebihan Panel Surya

Selain menjadi alternatif terbaik untuk menghemat listrik, panel surya memiliki banyak manfaat lain yang akan kamu rasakan. Nah, apa saja sih manfaat dari panel surya tersebut?

Panel Surya Sebagai Energi Bersih

google.com

Ketimbang sumber listrik lainnya, panel surya memiliki energi yang sangat bersih. Secara fisika, panel surya mampu menyerap radiasi UV dari matahari sehingga tidak menghasilkan emisi sedikit pun.

Tak hanya itu, panel surya pun tidak menimbulkan bising dan tidak memerlukan bahan bakar untuk pengoperasiannya. Panel surya nggak akan mengganggu waktu istirahatmu di ruang santai.

Pemerataan Jaringan Listrik

google.com

Pemanfaatan panel surya secara maksimal mampu menyebarkan energi listrik secara merata termasuk ke daerah terpencil. Panel surya sanggup memanfaatkan potensi dari energi sinar matahari sebesar 8 Kwh per m² dalam satu hari. Akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat jika dimaksimalkan. Kamu pun bisa lebih berhemat listrik.

Proses Instalasi Cepat

google.com

Berapa lama waktu yang kamu perlukan saat melakukan pemasangan baru listrik? Jika kamu memilih menggunakan panel surya sebagai sumber lisrik, proses instalasi bisa dilakukan cepat. Sumber lisrik untuk berbagai keperluan bisa kamu rasakan tanpa harus menunggu lama.

Jaminan Kinerja Andal

google.com

Keandalan panel surya sudah dibuktikan selama lebih dari 50 tahun. Sejak lama, panel surya digunakan untuk mendukung program luar angkasa karena ketahanannya andal dalam berbagai kondisi eksrim di luar angkasa.

Pendukung Arsitektur Modern

pinterest.com

Panel surya memiliki desain yang sangat modern dan futuristik. Nggak hanya mendukung rumah ramah lingkungan, panel surya bisa dimanfaatkan sebagai aksen dan dekorasi untuk mendukung arsitektur modern dan konsep desain futuristik yang diusung di hunianmu.

Kekurangan Panel Surya

Selain memiliki banyak manfaat, faktanya panel surya masih memiliki sejumlah kekurangan. Adapun kekurangan panel surya ini wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah impian.

Sumber Listrik Tidak Stabil

pinterest.com

Seperti kita ketahui, matahari tidak bersinar selama 24 jam setiap harinya. Kamu yang tinggal di rumah tertutup oleh pohon akan kesulitan mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Pada saat tertentu, asupan listrik panel surya bisa berkurang dan membuat sumber listrik menjadi tidak stabil sehingga kurang mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Biaya Pemasangan Mahal

google.com

Penggunaan panel surya di Indonesia masih tergolong jarang. Hal ini berhubungan dengan biaya pemasangan panel surya yang sangat tinggi. Panel surya saat ini belum bisa digunakan oleh semua kalangan.

Perawatan mahal

google.com

Menggunakan panel surya, artinya kamu mengoperasikan tenaga listrik sendiri. Di sini, kamu harus siap dengan biaya tak terduga jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada sistem, menggunakan budget sendiri karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.


Nah, itu dia penjelasan singkat berikut kelebihan dan kekurangan dari panel surya. Apakah kamu tertarik untuk memasang panel surya di hunianmu? Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di Dekoruma!

Selain artikel, kamu bisa menemukan aneka furnitur di Dekoruma. Dekoruma jual kursi malas, meja makan, sofa, dan lemari pakaian. Tersedia juga dari beragam merek, seperti dari Funika, Heim Studio, dan Livien.

Dekoruma juga jual sprei, selimut, dan bed cover untuk kebutuhan tidurmu, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!