Salah satu hal yang juga kerap menjadi pertimbangan pada saat mendesain rumah adalah feng shui rumah. Meskipun nggak semua orang mempercayainya, beberapa konsep penataan berdasarkan feng shui rumah sebenarnya cukup logis yang tak ada salahnya dicoba.

dekoruma.com

Cari tahu lebih dalam mengenai feng shui rumah dengan mengenal 5 hal yang harus kamu hindari pada hunianmu untuk membuat tatanan feng shui yang baik!

Penataan Pintu Utama

Berdasarkan feng shui rumah, pintu utama adalah akses masuk “Chi” atau energi positif. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam menata pintu utama untuk memastikan feng shui rumah berkerja dengan baik.

Pintu utama dan pintu belakang yang berhadapan

thespruce.com

Hal ini membuat feng shui rumah menjadi tak baik, karena semua energi positif yang masuk langsung keluar tanpa sempat mengitari atau memenuhi rumah.

Pintu utama yang mengarah langsung ke kamar mandi

thespruce.com

Posisi kamar mandi yang mengarah langsung ke pintu utama memberikan kerusakan pada energi positif yang masuk, sehingga membuat energi feng shui rumah memburuk.

Pintu utama dan cermin

pinterest.com

Cermin termasuk ke dalam elemen dekoratif favorit. Namun, meletakkan elemen cermin yang berhadapan langsung dari pintu utama akan menarik semua energi positif yang masuk sehingga perlu dihindari.

Feng Shui Rumah pada Penataan Tangga: Hindari Peletakan di Tengah Ruangan

google.com

Feng shui rumah selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah mengenai penataan tangga. Sebagai elemen yang membantu sirkulasi, hindari meletakkan tangga di tengah ruangan karena akan menganggu keseimbangan dari feng shui rumah.

Selain itu, hindari juga memiliki tangga lebih dari dua di dalam satu hunian, Hal ini dipercaya akan menganggu keseimbangan rumah tangga dari penghuni rumah.

Hindari Sudut Runcing di Dalam Ruangan

google.com

Hal yang perlu kamu hindari untuk membuat feng shui rumah yang lebih baik adalah sudut runcing yang ada di dalam ruangan karena bisa memberikan energi negatif. Jika memang sudut runcing tak bisa dihindari, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkannya:

Feng Shui Rumah Mengenai Peletakkan Toilet

Toilet memberikan energi negatif sehingga posisi toilet juga diatur dalam feng shui rumah. Inilah penempatan toilet yang harus dihindari:

Berhadapan langsung dengan dapur

thespruce.com

Dapur dianggap pusat kemakmuran dan kesejahteraan. Meletakkanya berdekatan dengan toilet akan mernghilangkan energi positif dari feng shui dapur. Toilet yang berada di lantai atas juga tak boleh berada di atas ruang dapur.

Dekat dengan kamar tidur

Meletakkan toilet menempel langsung dengan dinding kamar tidur juga akan memberikan energi negatif pada kamar tidur, khususnya pada kamar tidur utama.

Dekat dengan ruang ibadah

Ruang ibadah—misalnya mushola—adalah ruang yang dianggap sakral sehingga sudah sewajarnya tidak dibuat berdekatan dengan ruangan yang memberikan energi negatif.

Posisi Kamar Tidur yang Harus Dihindari

thespruce.com

Berdasarkan aturan feng shui kamar tidur, posisi dari kamar tidur adalah hal yang sangat krusial. Ada beberapa posisi ruang kamar tidur yang perlu kamu hindari menurut penataan feng shui rumah, di antaranya:

Kamar Tidur di atas Garasi

Keberadaan kamar tidur di atas garasi menurut pandangan feng shui rumah akan membuat energi tak stabil pada garasi mempengaruhi kamar tidur dan berakibat terganggunya kualitas tidur.

Kamar Tidur di atas Loteng

google.com

Mengubah loteng menjadi kamar tidur memang hal yang efisien, namun hal ini tak baik untuk feng shui rumah milikmu. Selain karena bisa membuat ketinggian ruangan yang tak proposional, kondisi plafon ruangan yang miring memberikan keseimbangan ruangan yang tak baik dari perspektif feng shui rumah.

Dengan menghindari hal-hal tersebut, berdasarkan feng shui rumah, hunianmu akan mendapatkan energi positif yang lebih baik yang berujung pada meningkatnya kenyamanan. Selamat mencoba!

Sedang mencari furnitur untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi kantor, sofa, lemari pakaian, dan meja makan. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual Ninebox, yaitu merek rak penyimpanan yang sangat praktis dan serbaguna. Lengkap banget, ‘kan?

Tak ketinggalan, ada juga aneka properti hunian seperti rumah dijual di Dekoruma Properti. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Bintaro, Jakarta Selatan, Depok, hingga Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, segera temukan rumah impianmu di Dekoruma karena kehidupan indah berawal dari rumah!