Macam-Macam Pondasi Rumah Berdasarkan Kategorinya

Pondasi rumah merupakan suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menahan berat beban semua bagian yang berada di atasnya serta. Pondasi rumah ada pada bangunan apa pun karena perannya yang vital.

Baik tidaknya pondasi rumah juga memastikan sebuah bangunan apakah ia dapat bertahan lama dan kuat menghadapi bencana alam seperti gempa bumi. Jenis pondasi rumah dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu jenis pondasi dangkal dan jenis pondasi dalam. Masing-masing kategori tersebut pun memiliki berbagai jenis pondasi lagi dengan kelebihan yang berbeda-beda. Apa sajakah itu? Berikut 10 jenis pondasi rumah berdasarkan kategori dan kelebihannya!

Jenis Pondasi Kategori Dangkal

1. Jenis Pondasi Rumah Tapak

twitter.com

Jenis pondasi rumah ini terbuat dari beton bertulang dan letaknya tepat berada di bawah kolom. Tiang dan kedalaman pondasi yang sampai pada tanah keras dan yang cocok untuk bangunan tinggi dan berdiri di tanah yang lembek adalah jenis pondasi rumah tapak.

Kelebihan jenis pondasi rumah tapak adalah harganya yang jauh lebih murah dari sisi harga, galian tanah yang dilakukan lebih sedikit (hanya pada kolom struktur saja), dan untuk bangunan bertingkat, jenis pondasi rumah ini lebih unggul dari jenis pondasi rumah batu belah/kali.

2. Jenis Pondasi Rumah Pelat Beton Lajur

blogspot.com

Jenis pondasi rumah pelat beton lajur digunakan bila luas penampang yang menggunakan pondasi pelat setempat terlalu besar. Maka dari itu penampang tersebut dibagi dengan cara memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar.

Sama dengan jenis pondasi rumah tapak, jenis pondasi rumah ini relatif murah. Penggunaannya pada bangunan bertingkat lebih handal dibanding pondasi rumah jenis batu belah, baik sebagai penopang beban vertikal maupun horizontal, misalnya gempa bumi, angin, atau ledakan. Jenis pondasi rumah ini pas untuk rumah impian, bukan?

3. Jenis Pondasi Rumah Tikar

google.com

Jenis pondasi rumah tikar diperuntukkan untuk menyebarkan beban dari struktur atas area yang lebih luas. Penggunaan jenis pondasi rumah ini biasanya dilakukan pada kondisi beban kolom atau beban struktural lain yang berdekatan dengan pondasi rumah dan saling berinteraksi.

Keunggulan dari jenis pondasi rumah ini adalah mampu mengurangi penurunan setempat dengan cara plat beton yang akan mengimbangi gerakan berbeda antara posisi beban. Biasanya, jenis pondasi tikar ini digunakan pada kondisi tanah yang lunak atau longgar.

4. Jenis Pondasi Rumah Sumuran

google.com

Jenis pondasi rumah sumuran adalah jenis pondasi yang dicor di tempat dengan menggunakan komponen bahan bangunan beton dan batu belah sebagai pengisinya. Jenis pondasi ini digali pada tanah, berdiameter 60-80 cm seperti menggali sumur dengan kedalaman mencapai delapan meter. Keunggulan dari jenis pondasi rumah ini, jika lokasi pembangunan jauh sehingga tidak memungkinkan dilakukan transportasi untuk mengangkut tiang pancang, maka jenis pondasi rumah sumuran ini adalah pilihan yang tepat.

5. Jenis Pondasi Rumah Strauss Pile

google.com

Jenis pondasi rumah strauss pile merupakan jenis pondasi rumah yang masuk dalam kategori dangkal. Jenis pondasi ini biasanya digunakan pada bangunan yang bebannya tidak terlalu berat, misalnya untuk desain rumah tinggal atau bangunan lain yang memiliki bentang antar kolom tidak panjang. Kelebihannya adalah volume beton yang digunakan tidak banyak dan ujung pondasi dapat bertumpu pada tanah keras.

6. Jenis Pondasi Rumah Rakit

google.com

Jenis pondasi rumah ini merupakan pondasi rumah yang menggunakan pengaplikasian pelat beton besar yang berperan sebagai pengantai permukaan dari satu atau lebih kolom dalam beberapa garis atau jalur dengan tanah.

Keunggulan dari jenis pondasi rumah rakit ini adalah dapat diterapkan pada kondisi tanah yang lunak atau pun pada bangunan yang memiliki jarak kolom yang sangat dekat dengan semua arah. Dengan demikian, jika menggunakan telapak, sisinya akan saling berhimpit satu sama lain.

7. Jenis Pondasi Rumah Umpak

sml.sipil.ft.unand

Jenis pondasi rumah umpak termasuk ke dalam kategori pondasi dangkal karena jenis pondasi umpak diletakkan di atas tanah yang sudah menjadi keras dan padat. Penggunaan jenis pondasi ini ditopang oleh pondasi batu kali yang ada di dalam tanah.

Keunggulannya, jenis pondasi ini membentuk struktur yang sudah lunak sehingga membuat bangunan dapat menyesuaikan dengan gerakan atau goyangan di dalam permukaan tanah. Dengan demikian, bagian tiang pada bangunan tidak mudah retak atau hancur saat terjadi gempa.

Jenis Pondasi Rumah Kategori Dalam

1. Jenis Pondasi Rumah Tiang Pancang

pinterest.com

Jenis pondasi rumah tiang pancang adalah suatu konstruksi pondasi yang mampu menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan menyerap lenturan. Kelebihan dari jenis pondasi rumah tiang pancang adalah kita akan mendapatkan mutu beton terjamin karena dibuat dengan sistem pabrikasi. Kemudian bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras yang tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga leatan pada sekeliling tiang.

2. Jenis Pondasi Rumah Bore Pile

youtube.com

Jenis pondasi rumah bore pile ini dikenal juga dengan nama caissons. Jenis pondasi rumah ini biasanya dibangun di dalam permukaan tanah dengan cara membuat lubang menggunakan bor, kemudian pondasi dimasukkan sampai ke kedalaman tanah yang dibutuhkan.

Keunggulan dari jenis pondasi rumah bore pile ini adalah dapat menahan beban struktur dalam melawan gaya angkat. Selain itu, jenis pondasi ini juga dapat membantu struktur bagian dalam untuk melawan kekuatan gaya lateral.

3. Jenis Pondasi Rumah Piers

pinterest.com

Jenis pondasi rumah piers merupakan jenis pondasi yang memiliki fungsi untuk meneruskan beban berat struktural pada suatu bangunan. Hal ini dilakukan dengan cara menggali tanah sampai dalam, kemudian barulah jenis pondasi piers ini dipasang ke dalam tanah yang sudah digali tersebut.

Jenis pondasi rumah piers ini biasanya dibuat menggunakan beton bertulang pre cast yang membuat aturan perencanaan jenis pondasi piers terhadap balok beton diafragma harus mengikuti setiap ukuran ketinggian pondasi yang direncanakan. Untuk keunggulannya, jenis pondasi rumah piers ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis pondasi rumah menerus.


Selain 10 jenis pondasi di atas, masih ada lagi jenis pondasi rumah yang bisa kamu gunakan, seperti pondasi cakar ayam. Nah, setelah membaca pembahasan di atas, apakah kamu sudah tahu pondasi mana yang paling tepat untuk rumah impianmu?

Jangan lupa lengkapi juga rumah masa depanmu dengan perabotan terbaik yang bisa kamu temukan di Dekoruma! Dekoruma jual meja komputer, sofa, kursi teras, lemari, dan aneka furnitur lainnya. Khusus buat kamu yang baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual tempat tidur bayi dan lemari anak.

Kamu sedang mencari rumah baru? Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Kamu bisa menemukan hunian dengan harga terbaik dari berbagai daerah, seperti rumah baru di BSD, Jakarta, Depok, Bandung, dan perumahan baru di Bekasi, serta  kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!