Lidah mertua merupakan marga tanaman hias yang cukup populer di kalangan pencinta tanaman hias. Dari namanya memang terkesan lucu, namun di luar negeri, tanaman ini disebut Sansevieria. Lidah mertua sering dijadikan salah satu tanaman untuk menambah dekor rumah karena tanaman ini memiliki bentuk yang unik dengan ujung tanamannya yang tajam dan corak warnanya khas.

Selain itu, tumbuhan yang juga disebut-sebut sebagai tanaman pembawa rezeki ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Dibandingkan dengan tumbuhan lain, Lidah Mertua memiliki poin plus yaitu dapat menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem, dan trichloroethylene. Selain poin plus tersebut, masih ada lho poin plus yang lain. Apa saja? Yuk, baca sampai habis!

1. Lidah Mertua Mempunyai Aroma yang Khas

pinterest.com

Mirip dengan bunga Lavender yang dapat menguarkan wewangian sedap, tanaman lidah mertua juga memiliki aroma yang khas sehingga di beberapa negara maju seperti Perancis, masyarakatnya memanfaatkan lidah mertua sebagai parfum dan aromaterapi pewangi ruangan dengan cara diekstrak untuk didapatkan minyaknya.

Aroma yang dihasilkan dari tanaman Lidah Mertua sangat cocok untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap yang ada di rumah, seperti di toilet maupun di dapur dengan cara menyemprotkan ekstrak Lidah Mertua ke ruangan-ruangan tersebut.

2. Lidah Mertua Cocok untuk Dijadikan Pagar Semi Permanen

pinterest.com

Manfaat selanjutnya adalah menjadikan Lidah Mertua sebagai pagar semi permanen di rumah. Karakteristik dari tanaman Lidah Mertua yang kaku dan tajam di ujungnya sering dimanfaatkan sebagai pagar dan unsur dekoratif tambahan yang menambah kecantikan eksterior rumah.

3. Lidah Mertua Mampu Menyerap Radiasi

pinterest.com

Selain dipercaya memiliki keistimewaan yang ampuh dalam menyerap polutan, ternyata lidah mertua juga mampu menyerap radiasi yang dihasilkan dari barang-barang elektronik yang ada di rumah seperti komputer, televisi, bahkan sound system.

Tanaman ini dapat disandingkan dengan barang-barang elektronik di rumah. Selain menangkal radiasi, tanaman ini juga bisa jadi elemen dekoratif, lho. Maka dari itu, kamu bsia meletakkannya di ruang keluarga dekat televisi atau di dekat meja komputer.

4. Lidah Mertua Sebagai Kreasi Anyaman

pinterest.com

Banyak masyarakat yang memanfaatkan Lidah Mertua sebagai bahan utama untuk membuat anyaman. Salah satunya adalah masyarakat Jepang yang menggunakan pilihan tanaman hias ini untuk membuat anyaman dengan bentuk tas, wadah barang-barang, dan kreasi lainnya. Lidah Mertua dipilih karena serat yang dihasilkan cukup baik, kuat, dan lembut.

5. Lidah Mertua Sebagai Tonik Rambut

unsplash.com/@oldyouth

Sama seperti spesies tumbuhan lidah lainnya, cairan gel tanaman Lidah Mertua juga bisa dimanfaatkan untuk melebatkan rambut dengan cara mengusapkan gel-nya di kepala dan membiarkannya selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan shampoo dan air bersih.

6. Lidah Mertua Sebagai Obat Kulit

Sejak zaman dahulu, Lidah Mertua sudah dikenal sebagai tanaman obat luar yang mujarab. Di Afrika, lidah mertua sering digunakan sebagai penawar racun dari gigitan binatang berbisa.

unsplash.com/@mili_vigerova

Untuk menjadikan tanaman ini menjadi obat, pertama ambil beberapa helai daun lidah mertua kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu cuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Selanjutnya tinggal menempelkan tumbukan Lidah Mertua pada luka yang mau diobati. Mudah bukan?

7. Lidah Mertua Mengurangi Sick Building Syndrome

pinterest.com

Jika dalam suatu ruangan penuh dengan orang-orang yang memiliki kandungan karbondioksida, nikotin, dan efek penggunaan pendingin ruangan atau AC yang tinggi, maka Lidah Mertua wajib hadir di antaranya. Salah satu manfaat nyata yang dihasilkannya adalah berguna sebagai obat dan membantu mengatasi gejala sick building syndrome melalui proses penyerapan polutan.


Bagaimana, ternyata banyak kan, manfaat dari tanaman Lidah Mertua. Tertarik memeliharanya di rumah? Jangan lupa untuk membaca artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya dari Dekoruma, ya!

Kamu sedang bingung mencari furnitur kekinian di mana? Dekoruma jawabannya! Dekoruma jual meja, sofa, lemari anak, dan furnitur lain dengan ukuran dan model yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu justru sedang mencari kasur baru, Dekoruma juga jual kasur Alga, King Koil, Serta, dan beragam merek terkenal lainnya. Tak berhenti di situ, Dekoruma juga jual spring bed dari merek-merek tersebut. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!