dekoruma.com

Saat ini kulkas sepertinya menjadi perangkat rumah tangga yang harus ada di setiap rumah.  Kulkas pun perlu perawatan tertentu agar awet dalam penggunaannya dan tidak menyulitkan ketika sewaktu-waktu rusak atau tidak dapat berfungsi secara maksimal. Kendala yang sering kali terjadi adalah kulkas tidak dingin lagi sehingga menyebabkan makanan yang tersimpan di dalamnya menjadi rusak. Ketika hal ini terjadi, bagaimana mengatasinya?

Bunga es adalah penyebab utama kulkas tidak dingin

google.com

Saat kulkas tidak dingin lagi, sebab utama yang mungkin terjadi adalah karena bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angin. Lubang angin berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Jika kulkas tidak dingin lagi, maka periksalah kondisi bunga esnya. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Kamu hanya perlu membiarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya agar angin dari kipas angin bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas. Cara ini terbukti sangat cepat dan efektif dalam mencairkan bunga-bunga es sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.

google.com

Selanjutnya saat bunga es sudah mencair, kamu bisa membuang air yang tertampung pada bagian bawah freezer. Lakukan pengelapan menggunakan lap tekstil dapur bersih agar air bisa hilang dan tidak menimbulkan pembentukan bunga es kembali dalam waktu dekat.

Proses terakhir, kamu bisa mencoba menyalakan kembali kulkasmu dan tunggu beberapa saat untuk bisa dingin kembali. Pembersihan pada bunga-bunga es ini sebaiknya secara rutin.

Kulkas tidak dingin padahal masih baru

monogram.com

Kamu baru saja membeli kulkas tetapi kulkas tidak dingin? Pasti sangat menyebalkan ya. Tapi jangan sedih dulu, karena itu bukan berarti rusak. Ketika kamu membeli kulkas baru, periksalah terlebih dahulu suhunya setelah kamu menyalakan. Kulkas baru biasanya beroperasi pada suhu yang relatif rendah sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin seperti seharusnya.

Aturlah suhu kulkas pada angka yang maksimal untuk mengetahui kualitas kulkas barumu. Dari situ akan terlihat apakah kulkas tersebut dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Menyimpan makanan panas mengakibatkan kulkas tidak dingin

google.com

Tahukah kamu jika sering menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas bisa menyebabkan kulkas tidak dingin? Hal ini terjadi sesuai dengan logika dasar bahwa suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan, maka suhu di sekitarnya pun akan mengikutinya.

Jika kamu menyimpan banyak makanan di dalam kulkas dengan kondisi yang masih panas akan menyebabkan suhu di dalam kulkas menurun karena berinteraksi dengan suhu panas yang dihasilkan oleh makanan tersebut. Itulah mengapa kulkas tidak dingin lagi setelah menyimpan makanan panas.

Jauhkan kulkas dari peralatan panas yang membuat kulkas tidak dingin

google.com

Sama halnya dengan makanan panas yang bisa menyebabkan kulkas tidak dingin, peralatan yang menghasilkan panas juga akan mempengaruhi performa kulkas. Kulkas bisa menjadi kurang dingin bahkan sampai kulkas tidak dingin sama sekali. Kalau kulkas di rumahmu menjadi tidak dingin, coba cek ya apakah di sekitarnya ada perangkat penghasil panas atau tidak?

Kulkas tidak dingin bisa disebabkan oleh stop kontak

google.com

Semua peralatan rumah tangga umumnya menggunakan stop kontak sebagai sumber energinya. Namun, kita sering kali tidak sadar apabila stop kontak yang kita gunakan tersebut tidak berfungsi dengan baik. Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencoba menyambungkan peralatan elektronik lain ke sumber listrik tersebut. Apabila bisa berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel kulkas tersebut hanya tidak kencang ketika dipasangkan ke stop kontak.

Freon juga menjadi faktor yang menyebabkan kulkas tidak dingin

youtube.com

Penyebab lain dari kulkas tidak dingin adalah freon bocor atau habis. Kondisi ini bisa diketahui dengan memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas. Bagian ini merupakan bagian yang seharusnya panas, karena panas freon akan dilepaskan di sini. Jika tidak terasa hangat, maka freon sudah habis dan harus diisi lagi.

Kondisi pintu kulkas juga pemicu kulkas tidak dingin lagi

google.com

Berkali-kali dalam sehari dibukanya pintu kulkas bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik. Jika karet pintu kulkas sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kulkas tidak tertutup sempurna. Jika penutupnya kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.


Tujuh cara mudah di atas perlu kamu ketahui untuk mengatasi kulkas tidak dingin yang sering terjadi secara tiba-tiba. Tentunya, kulkas tidak dingin akan mengganggu kenyamanan aktivitasmu, kan? Selamat tinggal kulkas tidak dingin lagi!

Jika kamu sedang mencari kulkas baru, kamu bisa cari di toko yang jual furniture online Indonesia seperti Dekoruma. Nah, selain furnitur dan elektronik, Dekoruma juga menyediakan kasur dengan ragam ukuran dan material. Beberapa kasur yang jadi favorit masyarakat Indonesia juga bisa kamu temukan, seperti kasur Elite dan kasur Alga.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan properti untuk tempat tinggal atau berinvestasi, lho! Kamu bisa menemukan hunian dijual dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!