Memilih warna cat merupakan tahapan yang paling menyenangkan dalam proses mendekorasi rumah, tapi juga bisa menjadi tahapan yang paling sulit, apalagi jika kamu ingin menerapkan kombinasi warna cat rumah. Warna apa yang sekiranya cocok untuk dipadupadankan, ya? Memang tidak semua kombinasi warna cat rumah bisa menghasilkan komposisi warna yang dinamis. Namun, hasil yang diberikan oleh perpaduan beberapa warna cat jelas berbeda dengan hanya mengaplikasikan satu warna cat saja.

Jika kamu tertarik untuk menerapkan kombinasi warna cat rumah, tetapi kamu bingung warna-warna apa saja yang bisa kamu kombinasikan. Nggak usah khawatir, kali ini Kania telah merangkum beberapa inspiras kombinasi warna car rumah yang bisa kamu tiru.

Kamar anak semakin atraktif dengan kombinasi warna cat rumah pola triangular

houzz.com

Untuk menghadirkan suasana ceria ataupun untuk menghidupkan sebuah tema pada desain kamar anak, biasanya digunakan lebih dari satu warna cat pada dinding-dindingnya.

Maka dari itu, kamar anak menjadi ruangan yang paling pas untuk menerapkan kombinasi warna cat rumah. Dua kamar anak ini mengusung tema yang sama, yakni tema nautical, tetapi kombinasi warna cat rumah yang diterapkan tekniknya sangat berbeda.

houzz.com

Kombinasi warna cat dengan pola triangular atau segitiga  membuat tampilan kamar anak terlihat begitu atraktif, apalagi kemunculan warna kuning di tengah-tengah perpaduan warna biru dan abu juga memberikan efek kejut yang menyegarkan.

Gambar yang kedua memperlihatkan variasi lain dari kombinasi warna cat rumah untuk tema nautical. Warna biru muda dan biru tua tampil lebih menarik dengan adanya perpaduan warna lain dari mural bergambar bendera.

Buat dinding tampil beda dengan kombinasi warna berpola oval

decoist.com

Jika pola-pola geometris bisa diterapkan pada kombinasi warna cat rumah, begitu pula dengan pola-pola oval dan lingkaran. Kombinasi warna cat rumah yang satu ini terbilang unik sebab bisa menciptakan ilusi sesaat. Kombinasi warna pink, ungu kebiruan, dan ungu yang diterapkannya membentuk  pola overlapping.

Selain pola tumpang tindih ini, kamu juga bisa menerapkan kombinasi warna cat rumah  dengan bentuk oval dengan  membentuk pola gelombang air atau laut.

Kombinasi warna cat rumah membentuk pola rectangular

decoist.com

Setelah pola tringular dan oval, kombinasi warna cat rumah yang paling umum ditemukan adalah kombinasi warna dengan pola rectangular. Tekniknya bermacam-macam—mulai dari mengecat salah satu sisi dinding dengan warna yang berbeda dengan warna cat utama, ataupun membentuk pola rectangular pada bagian tengah dinding, atau menyusun pola rectangular tersebut secara horizontal dan vertikal.

houzz.com

Melalui kombinasi warna cat rumah dengan pola rectangular ini kamu bisa mememainkan begitu banyak warna. Dalam mengombinasikan berbagai warna, ada baiknya kamu tetap memperhatikan komposisi visual yang tercipta. Jangan sampai kombinasi warna cat rumah ini membuat ruangan terasa penuh, apalagi saat ruangan juga dihiasi dengan beragam aksen dan ornamen dekor.

Kombinasi warna cat rumah dengan teknik ombre

apartmentherapy.com

Teknik lain yang bisa kamu coba terapkan dalam melakukan kombinasi warna cat rumah adalah teknik ombre atau gradasi warna. Teknik ombre memperlihatkan perubahan warna yang berubah secara berangsur dari rona warna yang lebih gelap ke rona warna yang lebih terang. Kombinasi warna cat rumah dengan teknik ombre bisa mendatangkan kesan artistik ke dalam ruangan.

Kombinasi warna cat rumah dengan cat papan tulis

freshome.com

Warna hitam dari cat yang satu ini memang terlihat seperti warna hitam pada umumnya, tetapi cat berwarna hitam ini memiliki fungsi lain dari sekedar memunculkan warna. Cat ini disebut sebagai chalkboard paint atau cat papan tulis yang terbuat dari bahan khusus, sehingga cat ini memberikan tampilan matte yang nyaman digunakan untuk menulis dan juga mudah untuk dibersihkan.

Kombinasi warna cat rumah dengan chalkboard paint bisa terapkan pada ruangan berkonsep black & white (monokrom) atau pada ruang kerja dan ruang bermain anak.

Kombinasi warna cat rumah hasilkan kesan tradisional

countryliving.com

Kombinasi warna cat rumah yang terakhir adalah kombinasi warna cat dari warna-warna natural seperti warna kayu. Warna cat merah, coklat, dan krem pada ruangan ini dipilih untuk mendukung pensuasanaan tradisional yang didatangkan dari furnitur yang berkualitas, motif kain, dan lantai kayu. Dengan kombinasi warna cat rumah ini suasana ruang makan terasa semakin hangat dan nyaman.


Dari beberapa kombinasi warna cat rumah di atas yang mana yang menjadi favoritmu? Kalau kamu suka dengan artikel ini jangan lupa share dan baca artikel lainnya di Dekoruma, ya! Kamu bisa menemukan pembahasan mengenai inspirasi desain interior rumah mungil, tips merawat tanaman hias, hingga cara menghilangkan karat pada besi.

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan berbagai macam furnitur untuk melengkapi hunianmu, lho! Dekoruma jual rak buku, kursi makan, sofa bed, bahkan kursi kantor pun ada. Untuk kasur, Dekoruma jual kasur The Luxe dan King Koil dengan kualitas yang terbaik. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!