Kebudayaan Islam telah menghasilkan berbagai macam mahakarya arsitektur Islam yang tersebar di seluruh dunia. Arsitektur Islam tidak hanya tercermin pada masjid, tetapi juga pada bangunan-bagunan lain seperti istana, makam, benteng, bahkan fasilitas umum seperti jembatan.

Arsitektur Islam mulai berkembang pada era dinasti-dinasti Islam dengan menampilkan perpaduan elemen prinsip arsitektur yang unik dan khas dari empat peradaban, yaitu peradaban Mesir, Persia, Roma, dan Bizantium. Elemen arsitektur tersebut sepenuhnya tertuang pada kesepuluh situs arsitektur Islam paling menakjubkan di dunia. Di mana saja tempatnya? Langsung simak artikel berikut ini, yuk!

1. Pemandian Sultan Amir Ahmad di Iran

pinterest.com

Meskipun dibangun pada abad ke-16, situs arsitektur Islam Sultan Amir Ahmad dikenal sebagai destinasi pariwisata paling eksotis di Iran saat ini dan telah lama diusung untuk menjadi situs kebudayaan nasional.

Karakter arsitektur Islam berupa ukiran geometris dan etnik tergambar pada keramik-keramik bernuansa hijau turqois dan emas. Uniknya, pemandian ini juga memadukan arsitektur Islam dengan arsitektur eropa klasik.

2. Istana Alhambra di Spanyol

forbes.com

Istana Alhambra merupakan istana yang didirikan oleh pangeran-pangeran dari kerajaan Nasrid pada abad ke-14. Terletak di ujung perbukan kota Grata, istana ini merupakan situs arsitektur Islam yang menandakan peradaban Islam di Spanyol saat itu.

Meskipun sebagian besar bangunan telah hancur, namun karakter arsitektur Islam yang dimiliki bangunan ini masih terlihat pada bagian benteng, pavilun, dan desain taman yang sebagian besar didominasi oleh ukiran muqarnas, yaitu stalagmit khas arsitektur Islam.

3. Taj Mahal di India

wordpress.com

Demi mengenang istri yang sangat dicintainya, Kaisar Mughal Shah Jahan membangun sebuah tempat peristirahatan terakhir bagi istri ketiganya ini selama kurang lebih 23 tahun.

Taj Mahal yang sudah berkali-kali masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia versi UNESCO membuat bangunan ini menjadi karya arsitektur Islam paling dikenal di dunia saat ini. Sekeliling bagunan ini dilapisi oleh marmer putih yang berhiaskan perpaduan ornamen arsitektur Islam, India, dan Persia.  Di beberapa sisi Taj Mahal pun bisa ditemukan kaligrafi cantik yang menambah detail dari arsitekturnya.

4. The Citadel di Suriah

pinterest.com

Ketika berbicara mengenai karya arsitektur Islam terbaik, Benteng Citadel merupakan salah satu arsitektur militer terbaik yang ada di dunia. Desain\ bangunan arsitektur Islam ini dirancang untuk membangun sebuah benteng pertahanan yang sulit ditembus oleh musuh, seperti pintu masuk yang dibangun dari susunan batuan yang sangat kokoh dan bagian yang saat ini telah runtuh merupakan sebuah jembatan yang terdiri dari tujuh buah lengkungan khas arsitektur Islam.

5. Chefchaouen di Moroko

pinterest.com

Chefchaouen merupakan sebuah perkampungan yang terletak di kaki Pegunungan Rif. Kampung ini dijadikan sebagai situs arsitektur Islam karena memiliki nilai historis dan karakter arsitektur Islam yang otentik.

Dinding-dinding bagian luar rumah-rumah di perkampungan ini merefleksikan warna putih kebiruan, sehingga Chefchaouen juga dikenal sebagai The Blue City.

6. Istana Montaza di Mesir

memphistours.co.uk

Dibangun di tahun 1932, Istana Montaza merupakan tempat peristirahatan musim panas yang dimiliki oleh Raja Fuad I. Situs arsitektur Islam ini tepat berada dipinggir laut Mediterranea.

Meski terletak di Mesir, karakter arsitektur Islam yang nampak pada istana ini banyak mendapatkan pengaruh dari motif-motif etnik khas Turki. Beruntungnya sekarang ini, keindahan bagian dalam istana dan tamannya yang amat luas bisa bebas dinikmati oleh para turis.

7. Jembatan Si-o-sel-Pol di Iran

wikimedia.org

Isfahan merupakan salah satu kota di dunia yang menjadi pusat arsitektur Islam. Selain terdapat bangunan-bangunan bersejarah yang memiliki konsep arsitektur Islam yang megah dan unik seperti masjid dan istana, terdapat juga sebuah jembatan yang bernama Si-o-sel-Pol yang menjadi karya arsitektur Islam paling ikonik di dunia. Jembatan yang membentang sepanjang 297,67 meter di atas Sungai Zayandeh ini dihiasi dengan 33 buah lengkungan iwan pada dindingnya.

8. Benteng Agra di India

wordpress.com

Didirikan pada zaman kekaisaran Abar, Benteng Agra merupakan salah satu bangunan pertahanan kerajaan Mughal. Situs arsitektur Islam yang terletak 2,5 kilo meter dari Taj Mahal ini juga menjadi pusat pariwisata bagi para pelancong yang ingin mengunjungi kerajaan Mugha pada kala itu.

Bangunan ini didominasi dengan arsitektur Islam yang menjadikan warna terracotta dan ukiran khas berwarna putih sebagai karakter arsitekturnya.

9. Al-Burj di Uni Emirat Arab

blogspot.com

Sebagai salah satu gedung tertinggi dan termewah yang ada di dunia, Al-Burj telah menjadi simbol pencapaian tertinggi arsitektur Islam modern. Al-Burj memiliki desain arsitektur Islam modern yang memukau baik pada bagian dalam dan luarnya.

Menariknya, konsep desain dibuat kontras pada kedua bagian ini. Dari luar Al-burj terlihat seperti sebuah perahu dengan lengkungan desain modernnya, sedangkan di bagian dalamnya dipenuhi tampilan arsitektur Islam klasik yang elegan khas istana-istana kerjaan Islam.

10. Masjid Agung Samara di Irak

pinterest.com

Dibangun pada masa kerajaan Abbasid pada tahun 850, situs arsitektur Islam ini pernah menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dengan total luasan yang mencapai 170.000 meter persegi.

Secara keseluruhan, eksterior masjid ini tersusun dari bata merah yang dibuat secara tradisional, sedangkan gelas dan keramik bernuansa biru kehijauan memenuhi bagian interior masjid. Minaret yang melingkar ke atas menjadi satu-satunya karakter arsitektur Islam yang masih jelas terlihat dari masjid ini.


Jadi, situs arsitektur Islam yang mana yang akan menjadi destinasi perjalanan spiritualmu selanjutnya? Jangan lupa baca juga artikel seputar arsitektur menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Sedang mencari furnitur untuk hunianmu? Dekoruma tempat yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual kasur, lemari dapur, lemari pakaian, sofa, hingga laci.

Selain menyediakan furnitur, Dekoruma juga jual alat kebersihan, alat memasak, dan aneka peralatan rumah tangga lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!