Tanpa tangga pada sebuah hunian, bisa kamu bayangkan akan sesulit apa usaha yang dibutuhkan untuk berpindah lantai. Oleh karena itu, tangga menjadi elemen utama yang ada pada hampir setiap hunian. Material tangga pun ada macam-macam. Mulai dari tangga kayu, tangga semen, tangga kaca, hingga tangga besi.

Pemilihan material tangga harus dipertimbangkan dengan matang untuk menjaga keselamatan para penggunanya. Salah satu material yang didapuk paling kuat adalah material tangga besi. Jika kamu tertarik untuk menggunakannya, coba simak 7 ide tangga besi berikut ini!

1. Tangga besi gantung

decoist.com

Rumah dengan arsitektur rumah minimalis berukuran kecil dan terdiri atas 2 lantai? Jika iya, maka kamu harus pintar memanfaatkan ruang yang ada. Salah satunya dengan menggunakan tangga besi yang seperti digantung pada tali besi seperti ini. Karena digantung, tangga besi ini otomatis memiliki ruang sisa di bagian bawahnya. Ruang tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai area penyimpanan atau bahkan dapur!

2. Tangga besi kecil menuju loteng

pinterest.com

Ide tangga besi yang pertama berukuran kecil dan bentuknya sangat sederhana. Fungsinya untuk mengarahkan pengguna menuju area loteng. Tangga minimalis yang terbuat dari material besi ini memiliki pegangan yang diletakkan pada bagian dinding saja untuk menciptakan kesan interior rumah yang lapang.

Besi-besinya dicat hitam agar tampak serasi dengan warna interior. Tangga besi ini cocok untuk rumah dengan keluarga yang anggotanya sudah berusia dewasa ya. Kalau punya anak kecil sebaiknya hindari tangga besi seperti ini karena rawan kecelakaan.

3. Tangga besi yang melayang

pinterest.com

Ide tangga besi yang digantung sudah dibahas, kalau dibuat melayang bisa tidak ya? Tentu bisa dong! Tapi tidak benar-benar melayang ya, karena anak tangganya ditanam pada dinding beton yang ada di sebelahnya.

Proses pembuatan tangga besi yang dilakukan oleh profesional dengan material berkualitas ini terjamin keamanannya, sehingga kamu tidak perlu takut tangga besi ini akan roboh. Cukup perhatikan gerakan kakimu saja ketika hendak menaikinya agar tidak terpeleset. Desainnya sendiri sangat sleek dan elegan, kan?

4. Tangga besi spiral untuk luar ruangan

pinterest.com

Tangga besi spiral umumnya digunakan untuk berpindah tempat menuju loteng atau bagian atas rumah lainnya. Keunggulan dari tangga besi spiral ini adalah bentuknya yang tidak membutuhkan banyak ruang pada void rumah.

Selain itu material besinya tahan terhadap pergantian cuaca sehingga cocok diletakkan di luar rumah. Kamu tentu tidak asing dengan desain tangga besi yang satu ini, kan?

5. Tangga besi yang dikombinasikan dengan kayu

architonic.com

Tangga besi akan menciptakan kesan yang dingin pada interior rumah. Jika kamu ingin kesan yang lebih hangat, jangan ragu untuk menggabungkan material besi dan kayu sekaligus. Misalnya saja seperti tangga besi spiral di atas yang bagian pengaman dan pegangannya dari besi, tapi anak tangganya menggunakan kayu berwarna cokelat tua.

6. Tangga besi yang terlihat ringan namun sangat kuat

pinterest.com

Ide tangga besi yang terakhir untuk rumah minimalis ini mungkin terlihat ringan karena menggunakan papan besi yang berlubang-lubang. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tangga besi ini sangat kuat menahan beban berat.

Besinya dicat warna hitam sehingga menciptakan kesan yag minimalis sekaligus maskulin. Bagian pegangan atau railing tangga dipadukan dengan kaca untuk tampilan yang lebih modern. Tangga besi ini juga menyisakan ruang di bagian bawahnya sehingga bisa digunakan sebagai meletakkan aneka furnitur.

Ternyata ada banyak, ya ide untuk tangga besi di rumah minimalis dan desainnya pun sungguh keren. Semoga salah satu dari ketujuh ide tadi bisa menginspirasimu dan membuat tampilan interior rumah semakin elegan!

Temukan ragam jenis furnitur berkualitas untuk melengkapi rumah minimalismu hanya di Dekoruma! Dekoruma jual rak sepatu, kursi tamu, kasur busa, kursi malas, dan furnitur lainnya. Semua tersedia dalam aneka ukuran dan model yang menarik.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Kedaung, yaitu merek peralatan masak ternama yang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!