Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah ruah? Beberapa dari sumber daya tersebut memiliki nilai jual termahal di dunia, misalnya kayu. Menjadi salah satu kayu komersil dengan harga jual tinggi, kayu cendana memiliki kelebihan yang tak dimiliki kayu lain. Kayu cendana mampu mengeluarkan aroma wangi alami sehingga membuatnya masuk dalam daftar harga kayu termahal di dunia. Kayu cendana yang juga sering disebut dengan sandalwood masih merupakan kayu dengan permintaan pasar tertinggi hingga saat ini.

dekoruma.com

Pada dasarnya kayu cendana adalah jenis kayu yang sulit diolah, sehingga membutuhkan kesabaran untuk dalam pengolahannya menjadi bahan baku konstruksi bangunan ataupun menjadi furnitur. Lalu, apa saja manfaat dari kayu cendana?

Kayu cendana sebagai bahan baku mebel atau furniture

aliexpress.com

Seperti jenis kayu pada umumnya, kayu cendana dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan mebel. Bentuk pohonnya yang kokoh dan besar serta kualitas kayu yang sangat baik, menjadikan kayu cendana sebagai salah satu kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furnitur. Banyak sekali furnitur yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana, seperti lemari, meja, kursi makan, tempat tidur, bahkan kusen jendela dan pintu.

Menjadi bahan baku kerajinan tangan

jualkipascendana

Kita sering menemui suvenir berupa kerajinan tangan yang berbahan dasar kayu. Umumnya, suvenir berbahan kayu tersebut berasal dari kayu cendana. Jangan heran ya kalau harga suvenir ini lebih mahal dibandingkan suvenir berbahan kayu lainnya. Kerajinan tangan yang biasa dibuat dari kayu cendana seperti kipas tangan, gelang kayu dan tasbih.

Kayu cendana bisa diolah jadi bahan wewangian

google.com

Memiliki wangi alami yang khas, tidak mengherankan apabila kayu cendana  dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan wewangian aromaterapi. Minyak cendana sangat wangi, cocok dijadikan sebagai bahan campuran parfum. Beberapa produk yang bisa dibuat dengan bahan kayu cendana antara lain adalah  parfum, dupa, balsam, atau aromaterapi.

Kayu cendana juga bermanfaat untuk kecantikan

google.com

Minyak kayu cendana memiliki banyak kandungan yang berguna untuk menghilangkan noda hitam pada kulit, mencegah munculnya jerawat, membersihkan minyak, sampai mengatasi masalah komedo.

Sebagai bahan obat-obatan herbal

google.com

Salah satu manfaat kayu cendana bagi tubuh kita adalah kayu cendana dapat diolah menjadi bahan baku pembuatan obat herbal. Sejak jaman dahulu, kayu cendana banyak dipakai sebagai obat herbal seperti anti inflamasi, mencegah disentri, dan sebagai pembersih saat menstruasi berlangsung.


Bagaimana, tertarik memanfaatkan kelebihan dari kayu asal India ini? Baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya!

Kamu juga bisa menemukan ragam furnitur berkualitas untuk mengisi rumahmu, lho! Dekoruma jual kursi panjang, meja makan, sofa, tempat tidur, dan lemari. Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan peralatan kamar mandi yang sangat lengkap.

Kalau kamu sedang mencari tempat tinggal baru yang nyaman dan strategis, Dekoruma juga bisa menjadi solusi yang tepat! Kamu bisa menemukan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah yang sedang berkembang di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!