Terkadang istilah “jangan menilai hanya sesuatu dari rupanya” tidak berlaku dalam menciptakan hunian yang sedap di pandang mata. Bagian depan rumahmu adalah bagian yang penting untuk diperhatikan, karena bagian inilah yang pertama kali dilihat oleh orang lain.

Namun, tidak jarang aspek luas yang terbatas menjadi kendala dalam menata bagian depan rumah. Dengan menerapkan desain taman depan rumah yang sesuai dengan luas dan geometrinya, bisa membuat tampilan rumahmu jadi lebih asri dan menyegarkan.

Dalam menentukan desain taman depan rumah yang sesuai, pastinya tidak sama dengan memilih desain taman untuk teras atau taman belakang rumah. Desain taman depan rumah cenderung lebih simpel dan minim ornamen karena yang menjadi fokus dari penataan bagian depan rumah tetaplah tampilan fasad rumah. Seperti apa variasi desain yang bisa kamu tiru dari desain taman depan rumah? Yuk, simak inspirasinya di bawah ini!

Taman depan rumah yang hijau minimalis

freshome.com

Keberadaan ruang terbuka hijau di sekitar rumah sangat penting untuk area resapan air. Desain taman depan rumah yang memiliki arsitektur rumah minimalis bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mememerlukan ruang terbuka hijau. Untuk memperolehnya, tanami seluruh lahan kosong dengan jenis rumput pilihanmu.

Minimalkan jumlah pepohonan dan tanaman hias. Desain taman depan rumah dengan konsep minimalis yang didominasi warna hijau ini memberikan kesan lapang yang menyegarkan.

Asri dan penuh warna di taman depan rumah

decorordesign.com

Berbeda dengan desain taman depan rumah berkonsep minimalis, desain taman depan rumah yang satu ini dipenuhi dengan berbagai warna dan ornamen. Kombinasi rumput taman, bunga, dan pohon pada desain taman depan rumah ini bisa diterapkan apabila bagian depan rumah langsung berhadapan dengan trotoar.

Warna serta ornamen yang beragam ini bisa menghidupkan tampilan fasad rumah yang dicat dengan warna netral yang polos.

Air mancur sebagai oase untuk taman depan rumah

freshome.com

Kesegaran dari nuansa alami nggak hanya datang dari tanaman dan rerumputan, menempatkan elemen air seperti kolam, air mancur, dan air mancur mini juga bisa menghasilkan kesan serupa.

Desain taman depan rumah dengan air mancur di bagian tengah atau kolam koi di pinggir taman bisa diaplikasikan apabila kamu memiliki lahan yang cukup luas. Sedangkan untuk lahan yang terbatas, elemen air bisa didatangkan melalui model air mancur yang dipasang menempel pada dinding rumah.

Desain taman depan rumah a la Asia

pinterest.com

Bebatuan, kerikil, dan semak-semak kering merupakan elemen penyusun desain taman depan rumah bergaya Asia. Biarpun terkesan kering dan sedikit ditumbuhi tanaman hijau, justru desain taman depan rumah ini lekat dengan  nuansa tropis yang eksotis.  Desain taman depan rumah seperti ini juga dikenal dengan istilah Zen Garden, sebuah taman yang sering ditemukan pada rumah dan bangunan tradisional jepang.

Taman depan rumah yang bertingkat

pinterest.com

Penggunaan material terntentu bisa menampilkan kesan berbeda pada taman di depan rumah. Seperti halnya desain taman depan rumah ini, dengan menggunakan salah satu material bangunan, semen, desain taman depan rumah dibuat berundak dan berliku-liku sehingga kesan modern tampil begitu atraktif.

Dalam desain taman depan rumah ini, material semen juga digunakan sebagai wadah untuk menanam aneka tumbuhan, seperti tanaman puring, pohon kamboja, dan lain sebagainya. Dengan demikian, desain taman depan rumahmu akan jadi lebih asri.

Desain taman depan rumah dengan paving block melayang

freshome.com

Kreasi lain dari penggunaan material semen adalah paving blocks. Pada umumnya dalam desain taman depan rumah, paving blocks dibuat lurus seperti jalan setapak. Susunan paving blocks pada desain taman depan rumah yang satu ini sangat unik, paving blocks yang berukuran tidak seragam dipasang acak di atas sebuah kolam. Kesan melayangnya memberikan sensasi  seperti berjalan di atas air.

Taman depan rumah hibrida, kolaborasi berbagai desain taman depan rumah

decorordesign.com

Pada desain taman depan rumah ini, elemen-elemen utama yang ada pada desain sebelumnya dipadukan menjadi sebuah desain taman depan rumah yang tidak kalah apik. Meski begitu, kesan modern tampil lebih menonjol dibandingkan nuansa hijau yang alami.

Material pada taman kering seperti bebatuan dan semen terlihat  mendominasi dibandingkan tanaman-tanaman hijau. Desain taman depan rumah ini memiliki fungsi yang lain, yakni sebagai lahan parkir untuk kendaraan.


Jadi, dari ketujuh desain taman depan rumah ini desain mana yang sesuai dengan tampilan fasad rumahmu? Baca juga artikel inspirasi serta tips dan trik mengenai desain taman lainnya hanya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur yang siap melengkapi rumahmu. Dekoruma jual spring bed, sofa ruang tamu, rak dinding, kursi makan, dan tempat tidur. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!