Dalam suasana menyambut lebaran, sudah selayaknya kamu mempersiapkan rumahmu untuk tampil lebih rapi dan cantik. Nggak hanya itu, kamu juga harus memastikan setiap area di rumahmu, terutama ruang tamu, apakah bisa berfungsi secara maksimal saat menjamu tetangga, kerabat, serta sanak saudara yang datang untuk bersilahturahmi.

Salah satu area selain ruang tamu yang dapat difungsikan untuk menjamu tamu adalah area teras. Area teras yang merupakan ruang terbuka juga lebih asyik digunakan untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga dan saudara-saudara. Masalahnya, desain teras seperti apa sih yang cocok dan pas dengan suasana lebaran?

7 variasi desain teras bergaya Maroko ini bisa jadi inspirasi untuk kamu menata dan menghias kembali teras rumah dalam rangka menyambut Hari Raya! Yuk, langsung saja simak inspirasinya!

1. Desain teras Maroko dengan nuansa elektik yang asri

apartmentherapy.com

Gaya desain Maroko dikenal dengan penggunaan warna-warna yang berani dibarengi dengan hadirnya motif-motif bernuansa etnik. Pada teras berwarna biru mencolok ini, warna-warna segar yang datang dari tanaman dan kursi dipadukan dengan meja keramik bermotif bunga yang juga memiliki warna senada dengan warna-warna tersebut. Perpaduan elemen-elemen ini menghasilkan tampilan elektik pada teras.

apartmentherapy.com

Nggak hanya itu, teras ini juga ditata dalam komposisi penempatan furnitur yang baik. Menempatkan tanaman-tanaman hias di sisi depan teras memungkinkan tamu-tamu yang berkunjung untuk menikmati keindahan dan keasrian area teras. Gemericik air dari air mancur mini juga semakin menambah nuansa alami di area teras.

2. Teras belakang yang difungsikan sebagai ruang makan outdoor

digsdigs.com

Acara silahturahmi biasanya dibarengi dengan acara makan-makan. Saat ruang makan di dalam rumah rasanya terlalu kecil untuk menampung tamu-tamu yang ingin menyantap ketupat buatanmu dan kebetulan kamu memiliki teras belakang rumah yang cukup luas, kamu bisa menyulapnya menjadi area ruang makan outdoor. Pada sisi teras yang lainnya bisa tetap digunakan sebagai area bersantai. Beri sentuhan ornamen khas Maroko seperti lampu lampion dan cushion etnik.

3.  Maksimalkan sudut teras mungil dengan storage bench berbentuk L

Jika kamu memiliki teras rumah yang mungil, kamu bisa tetap memaksimalkan fungsinya dengan memasang bangku berbentuk huruf L, seperti teras bernuansa ceria ini.

Warna kuning pada bangku, bantal bermotif, dan throw menciptakan kontras dengan dinding putih yang memiliki aksen Maroko. Penggunaan storage bench atau bangku penyimpaman juga sangat tepat, furnitur multifungsi ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan kue-kue Lebaran, loh.

4. Suasana akrab dengan gelaran karpet-karpet tribal di teras belakang

shelters.com

Ada lagi inspirasi lain untuk kamu yang memiliki teras belakang cukup luas. Kamu bisa mengubah teras tersebut menjadi area piknik keluarga besar dengan menggelar karpet-karpet bermotif tribal. Tempatkan juga kursi-kursi kayu dan pilow floor empuk untuk menambah kenyamanan saat berkumpul di area teras. Siapkan juga meja-meja untuk menyugguhkan makanan khas hari lebaran.

pinterest.com

Selain itu, lampu-lampu berbentuk kubah ini juga bisa menjadi penerang yang menemani apabila acara kumpul keluarga belangsung hingga malam tiba. Gaya desain Maroko memang tepat untuk diterapkan di ruang terbuka. Motif-motif etnik dan warna-warnanya yang mencolok terlihat semakin memikat saat membaur dengan unsur-unsur alam.

5. Ruang santai yang cozy di teras depan rumah

pinterest.com

Buat kamu yang nggak memiliki teras belakang sama sekali, nggak perlu khawatir karena selain teras belakang, area teras depan rumah yang terbatas juga bisa kamu maksimalkan. Area ini bisa difungsikan sebagai ruang santai sekaligus ruang beristirahat untuk kerabat yang datang dari luar kota dan ingin berkunjung lebih lama ke rumahmu.

pinterest.com

Kuncinya ada dalam penataan. Kamu bisa menambahkan karpet, pouf, ataupun stool jika teras sudah memiliki dua pasang kusrsi. Variasi lainnya adalah dengan menciptakan suasana teduh bagai di pedesaan dengan furnitur unik, yakni dipan putih dengan rajutan makrame ini.

6. Desain teras minimalis dengan keramik khas Maroko

houzz.com

Kalau kamu nggak suka dengan dekorasi dan ornamen yang terlalu ramai tapi di sisi lain tetap ingin mendatangkan nuansa khas Maroko, kamu bisa meniru desain teras yang satu ini.

Desain teras ini sengaja dibuat minimalis dengan menempatkan ornamen khas Maroko hanya pada lantai keramik dan pencahayaannya saja. Biarpun begitu, suasana teras malah terasa lebih bersahaja dan hangat, cocok untuk kamu yang menginginkan acara kumpul keluarga berlangsung lebih intimate.

7. Teras bergaya Maroko lebih teduh dengan kanopi

decoist.com

Agar acara kumpul keluarga di teras rumah nggak terganggu dengan teriknya sinar matahari, area teras sebaiknya memang dilindungi oleh kanopi. Desain teras bergaya Maroko yang satu ini menjadikan kanopi berwarna putih sebagai salah satu elemen utamanya. Warna putih kemudian ikut diterapkan pada sofa dan meja kopi atau coffee table dari rotan, membuat aksen tribal dari karpet tampil mencolok untuk menghidupkan suasana.


Itulah ketujuh inspirasi desain teras bergaya Maroko yang bisa kamu coba demi memeriahkan momen kebersamaan di Hari Lebaran nanti. Simak juga artikel tentang berbagai inspirasi gaya desain lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan berbagai pilihan furnitur untuk rumahmu. Mulai dari sofa ruang tamu, meja makan, rak dinding, hingga rak sepatu. Bahkan, Dekoruma juga jual kasur King Koil! Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!