Kayu Meranti merupakan jenis kayu yang paling populer dan paling komersial khususnya di kawasan Asia Tenggara. Umumnya, kayu ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan konstruksi bangunan maupun bahan dasar furnitur. Kayu meranti termasuk kayu keras yang mempunyai bobot ringan hingga berat-sedang.

Kayu ini bisa dikenali dari permukaannya yang berwarna merah muda pucat, merah muda kecokelatan, merah tua, sampai merah tua kecokelatan. Warna tersebut menandakan usia dari kayu Meranti, di mana semakin gelap warnanya berarti usianya semakin tua sehingga mutunya semakin baik. Lalu apa saja ya manfaat dan kelebihannya? Yuk simak di bawah ini!

1. Mudah Dikeringkan

google.com

Setiap kayu pasti memiliki kadar airnya tersendiri, begitu juga kayu Meranti dengan Berat jenisnya yang berkisar antara 0,3 – 0,86 pada kandungan air 15%. Namun, kayu Meranti masih termasuk ke dalam kayu yang mudah dibebaskan dari banyaknya kadar air yang terkandung.

Pengeringan kayu Meranti bisa dilakukan secara alami dengan sinar matahari maupun dengan memakai alat. Biasanya, pengeringan kayu ini bertujuan untuk menjaga ukuran dan bentuk kayu supaya tetap stabil.

2. Tergolong Awet

blogspot.com

Menurut kekuatannya, jenis-jenis meranti merah dapat digolongkan dalam kelas kuat II-IV (hingga 15 tahun), sedangkan keawetannya tergolong dalam kelas III-IV (hingga 10 tahun). Terdapat 5 tingkatan klasifikasi kayu, semakin kecil tingkat kelas, semakin awet kayu suatu jenis kayu. Kayu Meranti merah juga cukup mudah diawetkan dengan menggunakan campuran minyak diesel dengan kreosot.

3. Strukturnya Keras

blogspot.com

Kayu meranti dapat dimasukkan ke dalam jenis kayu yang keras. Bentuk dan ukuran kayu meranti tidak mudah mengalami perubahan. Kayu meranti juga tak gampang memuai atau menyusut yang diakibatkan oleh perubahan suhu.

Kayu ini terbilang cukup stabil sehingga sangat bagus digunakan sebagai material penyusun struktur bangunan dan sketsa bangunan, khususnya rangka atap. Dengan dipakainya kayu meranti, rangka atap sebuah bangunan akan bertahan lama.

4. Bahan Furnitur

pinterest.com

Karena kualitas kayu meranti yang mudah dibentuk, kayu meranti dapat dijadikan aneka macam furnitur. Maka dari itu, kayu meranti memiliki harga beli yang sangat tinggi karena manfaatnya yang terwujud dalam furnitur yang kita lihat sehari-hari.

5. Bahan Konstruksi Bangunan

trendir.com

Tekstur keras dan memiliki ketahanan yang lama, menjadikan manfaat kayu meranti ini sebagai salah satu jenis kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan seperti untuk pembuatan rangka atap, parket lantai, railing tangga, pintu, jendela, bahkan alas lantai.

6. Bahan Pembuat Kertas

google.com

Kayu meranti memang merupakan bahan yang mudah untuk dijadikan kayu olahan. Kayu olahan dari kayu meranti dapat bermanfaat untuk berbagai hal, seperti papan partikel, harbor, dan venir untuk kayu lapis. Selain itu, kayu olahan dari kayu meranti ini cocok untuk dijadikan bubur kayu, bahan utama pembuatan kertas.

7. Kayu yang Paling Mendekati Sempurna

google.com

Mengapa dapat dibilang demikian? Karena kayu meranti ini memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya adalah pohon dari kayu meranti memiliki bentuk batang bulat silindris, dengan tinggi total mencapai 40-50 meter.

Kulit kayu meranti rata atau beralur dalam atau dangkal, berwarna keabu-abuan sampai coklat, memiliki batang yang lurus, berdiamter besar, bebas cabang, minim cacat mata kayu di mana kayu meranti memiliki kemampuan pruning: yaitu pembebasan cabang pohon alami yang mandiri sehingga menjadikannya kayu yang kaya akan manfaat dan kelebihan.

Jangan lupa, kamu bisa lho menemukan aneka furnitur yang terbuat dari kayu di Dekoruma! Dekoruma jual rak tv, meja makan, lemari pakaian, meja belajar, dan kursi yang tersedia dalam berbagai model serta ukuran. Selain furnitur, ada juga peralatan lain. Dekoruma jual peralatan memasak, kamar tidur, berkebun, dan lainnya. Lengkap banget, ‘kan?

Buat kamu yang sedang mencari hunian baru, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!