Bunga seringkali digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan. Namun keindahan bunga asli tidak dapat bertahan lama, harus diganti dalam beberapa hari karena bunga asli mudah layu jika disimpan di dalam ruangan. Belum lagi perawatannya yang cukup intens, setiap harinya kamu harus mengganti air di dalam vas agar bunga bisa selalu tampil segar. Karena tidak begitu efisien, banyak yang memilih bunga hias plastik sebagai dekorasi pengganti bunga asli.

Bunga hias plastik jelas lebih praktis karena tidak akan pernah layu dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Biarpun begitu, bunga hias plastik tidak memiliki pesona yang sama dengan bunga asli, bahkan warna dari bunga hias plastik seringkali terlihat norak sehingga bukannya mempercantik ruangan, tapi malah merusak tampilan ruangan.

Oleh sebab itu diperlukan trik khusus agar dekorasi bunga hias plastik bisa memiliki pesona layaknya bunga hias asli. Bagaimana caranya? Langsung saja ketahui triknya di bawah ini!

1. Tempatkan bunga hias plastik pada vas berisi air

dekoruma.com

Untuk menampilkan kesan alami dari bunga hias plastik, kamu perlu memadukannya dengan elemen alam. Salah satu caranya adalah menempatkan bunga hias plastik di dalam vas berisi air. Dengan adanya elemen alam seperti air, bunga hias plastik pun jadi tampil lebih segar layaknya bunga asli.

livespace.com

Penataan bunga hias plastik seperti ini bisa dikreasikan dengan kreatif, seperti bunga mawar yang terlihat mengambang di dalam mangkuk ini. Penataan seperti ini cocok dijadikan sebagai dekorasi centerpiece yang ditempatkan di tengah meja.

2. Kombinasikan bunga hias plastik dengan bunga atau tanaman asli

livespace.com

Seperti halnya dengan vas bunga berisi air, merangkai bunga hias plastik bersama dengan bunga hias asli membuat bunga hias plastik terlihat sama alaminya dengan bunga hias asli. Walaupun memang dengan penataan seperti ini, kamu perlu menyeimbangkan jumlah bunga hias plastik dengan yang asli. Rangakaian bunga  seperti ini cocok untuk diterapkan sebagai dekorasi ruang makan.

housebeautiful.com

Sesuaikan jenis bunga dengan bunga yang kamu tanam di halaman rumah sehingga tamu-tamu yang datang ke rumahmu menyangka bahwa bunga ini asli dan kamu begitu telaten menggantinya setiap hari. Selain itu, menempatkan bunga hias plastik di antara sukulen juga bisa kamu coba.

3. Gunakan vas organik untuk memberikan kesan alami

ohclary.com

Karena bunga hias plastik tidak akan layu ataupun mati, maka kelebihannya bunga ini bisa ditempatkan dalam medium apapun. Vas bunga dengan desain yang unik juga bisa kamu pilih agar bunga hias plastik terlihat semakin menarik. Jika ingin menampilkan kesan alami pada bunga hias plastik, coba gunakan vas bunga yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti anyaman rotan ataupun kantung jerami. Isi vas dengan tanah sehingga terlihat seperti ditanam secara langsung.

4. Rangkai bunga hias plastik secara vertikal

pinterest.com

Salah satu kreasi unik dari bunga hias plastik adalah dengan menjadikannya sebagai dekorasi hiasan dinding. Bunga hias plastik bisa digunakan untuk membuat hiasan gantung di atas tempat tidur. Dengan merangkainnya secara vertikal bersama elemen dedaunan dan batang pohon, kesan naturalnya jadi semakin terasa. Pesonanya juga tidak lagi terasa artifisial saat terkena efek pencahayaan lampu LED.

livespace.com

Merangkai bunga hias plastik secara vertikal juga bisa dilakukan dengan variasi seperti ini. Dengan melilitkannya pada sebuah gantungan berbentuk tangga di dinding, bunga hias plastik terkesan seperti tanaman rambat dinding yang hidup.

5. Jaga kebersihan dari bunga hias plastik

ohclary.com

Yang menjadi masalah saat mendekorasi rumah dengan bunga-bunga palsu adalah bunga hias plastik mudah sekali terkena debu. Saat debu-debu ini terlihat menempel pada permukaan bunga plastik, kesan alami yang coba ditunjukkan pun luntur. Untuk itu, jauhkan bunga hias plastik dari tempat masuknya debu, seperti jendela, dan bersihkan secara rutin.

pinterest.com

Dengan penataan yang tepat rangkaian bunga hias plastik juga bisa menampilkan estetika dan kesegaran yang sama dengan rangkaian bunga hias asli. Tertarik mencobanya?

Jangan lupa baca juga artikel seputar tips dan trik dekorasi rumah lainnya di Dekoruma, ya! Kalau kamu sedang mencari aneka furnitur untuk mengisi hunianmu, Dekoruma jual rak dinding, sofa, lemari, dan kursi. Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan kitchen set minimalis untuk mewujudkan dapur impianmu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!