Bagaimana jadinya jika sebuah pintu tidak dilengkapi engsel? Tentunya, pintu tanpa engsel tak bisa difungsikan sebagai akses masuk dan keluar. Meskipun fisiknya tertutupi dan nyaris tidak terlihat, namun engsel pintu berperan penting untuk menyatukan dua obyek padat.

pinterest.com

Mengingat begitu pentingnya keberadaan engsel pintu bagi sebuah rumah, kali ini Kania akan membahas berbagai jenis engsel pintu beserta masing-masing fungsinya. Yuk, kita simak selengkapnya!

Engsel Pintu Kupu-Kupu

blogspot.com

Memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu, engsel pintu jenis ini dibuat dari material logam dan berbentuk tipis. Untuk fungsinya, engsel pintu kupu-kupu dipakai untuk menghubungkan daun pintu dan bingkai pintu berbobot ringan.

Penggunaan engsel pintu kupu-kupu idealnya dipasangkan pada pintu berbahan aluminium, uPVC ataupun pintu dengan material kayu ringan. Terkait ukurannya, engsel pintu kupu-kupu tersedia dalam varian 1,5 inci, 2 inci, 2,5 inci, 3 inci, dan 4 inci.

Engsel Pintu Panel

google.com

Engsel pintu yang satu ini memiliki rupa menyerupai engsel pintu kupu-kupu namun lebih kokoh dan tebal. Untuk fungsinya, engsel panel dipakai untuk pintu panel yang terbuat dari kayu. Tak hanya itu, engsel pintu ini bisa dipakai menopang jendela dengan beban berat dan tersedia dalam beberapa varian ukuran seperti 3 inci, 4 inci, 5 inci dan 6 inci.

Engsel Pintu Sendok

google.com

Ada pula engsel pintu sendok yang umumnya dipakai pada pintu lemari atau kotak penyimpanan tertutup. Engsel pintu sendok dibagi dalam dua jenis, yakni engsel pintu bengkok yang dipergunakan pada pintu dalam sehingga permukaan rata dengan sisi tebal dinding lemari dan engsel pintu sendok lurus yang ideal diaplikasikan pada pintu luar.

Engsel Pintu Patrom

google.com

Engsel pintu patrom memiliki bentuk menyerupai huruf H dan cocok diaplikasikan pada desain pintu berbobot ringan supaya lebih mudah dipindahkan atau dilepaskan, engsel ini juga sering juga disebut dengan nama engsel cabut.

Jenis ini sangat cocok disematkan pada pintu rumah minimalis yang direncanakan mendapatkan perluasan di kemudian hari. Engsel pintu patrom tersedia dalam beberapa ukuran. Varian yang bisa ditemukan di pasaran adalah engsel pintu patrom berukuran 80 x 50 mm, 110 x 55 mm dan 140 x 60 mm.

Engsel Pintu Koboi

google.com

Untuk daun pintu yang ingin diayunkan secara penuh bisa menggunakan engsel pintu koboi. Engsel pintu jenis ini diatur sedemikian rupa sehingga pintu tertutup sesuai keinginan dan bisa disematkan pada pintu tanpa ditakik.

Tak hanya difungsikan untuk menopang daun pintu, engsel pintu koboi seringkali dipakai sebagai elemen dekorasi karena berbentuk unik. Untuk harganya, engsel pintu koboi dibanderol mulai Rp50 ribuan sampai Rp500 ribuan dengan bahan stainless steel.

Engsel Pintu Piano

homedepot.com

Selanjutnya adalah engsel piano yang menurut sejarahnya pernah dipakai pada daun penutup piano. Di era modern seperti sekarang, engsel pintu piano diaplikasikan pada daun jendela dan lemari, sangat praktis digunakan dan tersedia dalam bentuk gulungan atau meteran.

Untuk kamu yang ingin melakukan penghematan, bisa memakai engsel pintu piano karena mencakup beberapa buah pintu ataupun jendela sekaligus. Setelah membelinya dalam bentuk meteran, kamu hanya tinggal memotongnya berdasarkan ukuran pintu atau jendela rumah.

Engsel Pintu Bubut

google.com

Untuk pintu berukuran berat bisa menggunakan engsel pintu bubut. Engsel pintu yang satu ini memiliki bentuk menyerupai tabung besi dengan lubang pada bagian tengah  seperti silinder guna menempatkan inti putaran engsel.

Untuk disematkan pada pintu kayu, kamu bisa menggunakan plat dengan lubang sekrup untuk dikencangkan pada kusen. Sementara jika ingin digunakan pada pintu besi, kamu harus menggunakan las saat memasangnya.

Engsel Pintu Gudang

google.com

Terakhir adalah engsel gudang yang biasanya dipakai pada pintu kayu gudang atau pintu garasi. Memiliki bentuk unik memanjang dan mengerucut, pengaplikasian untuk pintu yang lebih berat harus dipasangkan sejajar berdasarkan beratnya daun pintu supaya stabil.


Nah, apakah kamu sudah paham masing-masing jenis dan fungsi engsel pintu diatas? So, jangan sampai salah mengaplikasikan engsel pintu, ya! Jangan lupa pastikan juga kamu mengisi hunianmu dengan furnitur berkualitas dari toko furniture online Indonesia, Dekoruma! Ada ragam jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual kursi bar, meja rias, sofa, kursi teras, dan rak display.

Kalau kamu sedang mencari kasur baru untuk melengkapi kamar tidurmu, Dekoruma juga jual Airland, Lady Americana, King Koil, dan aneka merek kasur ternama lainnya. Ukuran dan materialnya pun sangat beragam.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!