Setiap orang memiliki gambaran kamar idamannya masing-masing. Kalau kamar idaman para cewek identik dengan kamar yang penuh dengan dekorasi dan perpaduan warna yang berani, kamar idaman para cowok lebih simpel dalam segi tampilan desainnya dan warna-warna yang digunakan pun cenderung menampilkan kesan gentleman.  

Namun dalam mendesain dan menata kamar idaman para cowok, bukan hanya estetikanya saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga aspek fungsional dari furnitur pilihan dan elemen dekorasi yang digunakan juga perlu untuk dipertimbangkan. Makanya, konsep interior minimalis sangat tepat untuk diterapkan untuk kamar idaman para cowok.

Buat kamu yang sedang mencari inspirasi untuk mendesain kamar idaman untuk laki-laki, kamu bisa loh mengikuti tips berikut ini!

1. Gunakan warna-warna netral

digsdigs.com

Tampilan minimalis di kamar idaman para cowok didapatkan dari penggunaan warna-warna netral pada furnitur, dekorasi, ataupun warna cat kamar. Terlalu banyak mengaplikasikan warna-warna terang yang berani atau memenuhi tampilan kamar dengan aneka motif bisa merusak tampilan minimalis yang diinginkan di kamar idaman.

houzz.com

Selain warna-warna netral, warna-warna gelap juga dapat diterapkan untuk memberikan kesan maskulin ke dalam kamar. Namun, bukan berarti warna-warna terang nggak bisa digunakan sama sekali pada kamar idaman para cowok. Sedikit sentuhan warna-warna terang di bagian tempat tidur—seperti pada selimut berwarna oranye ini—sudah bisa menghidupkan suasana kamar.

2. Tempat tidur dengan desain yang simpel

businessinsider.com

Tempat tidur berperan sebagai focal point ruangan. Bagian headboard biasanya didesain semenarik mungkin atau diberi kelambu agar memperlihatkan layer. Namun pada kamar idaman para cowok, dekorasi pada bagian tempat tidur sebaiknya nggak perlu berlebihan.

Area tempat tidur cukup tampil dengan desain yang sesimpel mungkin. Konsep kamar idaman untuk para cowok lebih mengedepankan kenyamanan serta kepraktisan.

3. Kasur empuk untuk waktu istirahat yang berkualitas

manored.com

Selain desain tempat tidur yang simpel dan praktis, untuk kamar idaman para cowok perlu juga untuk diperhatikan jenis kasur seperti apa yang dipakai. Pilih jenis kasur  dengan tingkat keempukan yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kesehatan. Kasur juga sebaiknya dilapisi oleh sprei yang nggak gampang kusut agar tempat tidur mudah dibereskan dan tampilan kamar idaman pun terlihat selalu rapi.

4. Praktis dengan penyimpanan terbuka

apartmentherapy.com

Dari segi kepraktisan, furnitur minimalis yang multifungsi menjadi furnitur pilihan yang digunakan pada kamar idaman untuk para cowok. Dibanding menggunakan banyak lemari tertutup, penggunaan rak baju terbuka atau tempat gantungan baju sifatnya lebih praktis dan multifungsi. Konsep penyimpanan terbuka ini juga bisa menjadi tantangan bagi para cowok untuk menjaga kerapihan dan kebersihan kamar idaman.

5. Minim dekorasi untuk kesan maksimal

manored.com

Tampilan minimalis pada kamar idaman para cowok bisa terlihat lebih meriah dengan dekorasi secukupnya. Tampilkan ornamen-ornamen yang bisa memecah jebaakan warna monoton dari kesan minimalis. Penggunaan sprei bermotif etnik dengan karpet bernuansa tribal pun cukup memunculkan karakter dari kamar idaman.

digsdigs.com

Mengisi salah satu bagian dinding dengan mural ataupun wall art dan membiarkan sisi dinding yang lainnya tampil kosong juga bisa memberikan kesan minimalis yang tampil meriah. Sesuaikan visual mural dan wall art dengan kepribadian dari pemilik kamar untuk mewujudkan konsep dari kamar idaman itu sendiri.

6. Sejuk dan hangat dengan elemen alam

manored.com

Elemen-elemen alam seperti tanaman hias dan pencahayaan alami juga bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan kesan alami ke dalam kamar idaman. Elemen-elemen ini berfungsi sebagai penyeimbang dari nuansa maskulin yang ditonjolkan dari penggunaan warna-warna netral atau gelap.

roomremixapp.com

Keenam tips untuk mendesain kamar idaman para cowok ini sebenarnya bisa diterapkan oleh siapapun, nggak hanya cowok yang ingin menampilakan kesan minimalis yang maskulin ke dalam kamar tidurnya. Tertarik mencoba? Kalau suka dengan artikel ini, jangan lupa share dan cek itips desain lainnya di Dekoruma, ya!

Nah, nggak hanya artikel saja, nih. Kamu bisa menemukan ragam furnitur dan dekorasi berkualitas di Dekoruma. Dekoruma jual rak buku, lemari, lampu, dan kursi malas untuk melengkapi kamar tidurmu.

Selain itu, Dekoruma juga jual spring bed Uniland dan King Koil untuk menemani istirahatmu di siang dan malam hari. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!