Siapa sih yang nggak kenal bunga sepatu? Bunga cantik yang biasa sering kita temui sebagai tanaman hias di taman rumah ini adalah tanaman dari ordo Malvaceae yang berasal dari Asia Timur. Bunga sepatu yang cantik ini memiliki lima kelopak bunga yang besar dengan tangkai sarinya yang  menjulur keluar dan dihiasi serbuk sari di ujungnya. Meskipun bentuknya sama sekali tidak menyerupai sepatu, satu-satunya alasan mengapa ia disebut bunga sepatu adalah karena dulunya bunga ini digunakan sebagai bahan semir sepatu di India.

Bukan cuma menjadi semir sepatu, tahukah kamu kalau ternyata bunga sepatu memiliki banyak manfaat? Simak pembahasan soal bunga sepatu di bawah ini!

Manfaat bunga sepatu untuk mengobati diabetes

flickr.com

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Biochemical and Biophysical Research Communications, bahwa senyawa kimia yang terdapat dalam bunga sepatu dapat mengembalikan sensitivitas insulin dan mengendalikan diabetes. Asam ferulik merupakan salah satu polifenol yang terdapat dalam bunga sepatu dan berperan dalam mengobati diabetes.

Bunga sepatu untuk demam, flu dan malaria

twitter.com

Kembang sepatu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Daun bunga sepatu biasa digunakan sebagai penurun demam dan air rebusannya bisa diminum, juga dipakai sebagai kompresan dan baluran bagi seluruh tubuh. Air rebusan daun bunga sepatu ini sangat efektif untuk menurunkan panas, baik  pada anak-anak maupun orang dewasa.

Bunga sepatu bisa mengatasi sariawan

biomarina.sk

Selain dapat mengendalikan diabetes dan pereda demam, daun bunga sepatu ini juga berkhasiat mengatasi sariawan. Siapkan air daun bunga sepatu untuk berkumur dan gunakan secara teratur. Hal ini dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada sariawan. Sariawan akan berangsur membaik dan hilang dengan sendirinya berkat daun bunga sepatu.

Khasiat bunga sepatu untuk menurunkan berat badan

mavcure.com

Semua orangpasti mendambakan bentuk tubuh yang ideal. Tetapi pola makan yang tidak sehat membuat badan kita penuh dengan lemak sehingga menyebabkan kegemukan. Kandungan antioksidan pada bunga sepatu bisa membantu mengeluarkan racun dan lemak yang ada di dalam tubuh kita. Caranya dengan mengonsumsi teh bunga sepatu secara teratur. Teh dari bunga sepatu dipercaya bisa melangsingkan berat badan, lho!

Bunga sepatu bisa meringankan Pre-Menstrual Syndrome

manfaatbuahalami.com

Pre-menstrual Syndrom atau biasa disebut dengan PMS merupakan masalah yang dialami oleh setiap wanita menjelang masa menstruasi. Terjadinya perubahan hormonal yang cukup esktrim yang mengakibatkan suasana hati menjadi tak karuan. Pada fase ini, wanita cenderung emosional dan mudah marah. Mengonsumsi teh hangat dari rebusan bunga sepatu bisa membuat perasaan lebih tenang.

Di luar manfaat utamanya sebagai tanaman hias, ternyata bunga sepatu sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan rambut, seperti mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.


Suka dengan artikel ini? Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Tak hanya itu, Dekoruma juga jual furnitur terkini untuk hunianmu, seperti sofa, lemari pakaian, dan kursi kerja. Dekoruma juga jual cermin dan hiasan dinding yang membuat rumahmu lebih hidup lagi. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!