Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis ini lebih dikenal orang dengan nama kembang sepatu merupakan bunga yang sangat umum digunakan sebagai tanaman hias. Akan tetapi, tidak begitu banyak yang tahu tentang manfaat rahasia yang dimiliki oleh kembang sepatu. Beberapa bagian dari kembang sepatu kaya akan kandungan nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan generik maupun herbal.

Kandungan antioksidan berupa antitoksin dan flavonoids yang terdapat pada kembang sepatu menjadikan bunga yang berbentuk seperti terompet ini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk dapat dikonsumsi sebagai obat, kembang sepatu terlebih dahulu diolah menjadi teh. Ekstrak kembang sepatu ini biasa diminum dengan campuran air lemon. Apa saja manfaat kesehatan dari kembang sepatu? Berikut Kania telah merangkumnya untukmu.

1. Menurunkan Kolesterol

blogspot.com

Penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi memang sangat berisiko untuk kesehatan. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak kembang sepatu bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh hingga dua puluh persen. Kandungan zat sapponins yang dimiliki ekstrak kembang sepatu mampu mengikat kolesterol sehingga kolesterol pun tidak lagi ikut terserap ke dalam tubuh.

2.  Menurunkan Gula Darah

wikipedia.com

Selain cantik, bunga yang satu ini juga bisa menjadi tanaman obat, lho. Teh dari kembang sepatu juga bisa bermanfaat untuk kamu yang mengidap penyakit diabetes. Penelitian terakhir yang dilakukan pada kembang sepatu menyatakan bahwa bagian akar dari bunga ini mengandung zat antidiabethic yang dapat mencegah naiknya kadar gula darah di dalam tubuh.

Seperti yang dilansir dari Curejoy, mengonsumsi teh ekstrak kembang sepatu dalam 21 hari berturut-turut bisa menurunkan kadar gula darah sampai dengan 46 persen.

3. Menyehatkan Rambut

pinterest.com

Secara tradisional, perasan daun dari bunga daerah tropis ini bisa digunakan untuk membersihkan rambut. Selain itu, zat yang terkandung di dalam hasil perasan daun kembang sepatu dipercaya dapat memberi nutrisi sehingga rambut pun tumbuh kuat, lebat, dan sehat.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa hasil perasan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, namun juga dapat mengatasi masalah kerontokan maupun kebotakan.

4. Menyembuhkan Berbagai Gangguan Pernafasan

pinterest.com

Khasiat lain dari mengonsumsi teh kembang sepatu adalah membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan gangguan pernafasan, seperti batuk, flu, bahkan bronkhitis.

Khasiat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi pada kembang sepatu. Selain dengan meminum teh kembang sepatu, kamu juga bisa meracik ramuan kembang sepatu sendiri dengan merebus bagian kelopak dan daunnya.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

google.com

Berbanding terbalik dengan bunga Jepun yang berbahaya, mengonsumsi teh kembang sepatu secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ekstrak dari kembang sepatu dapat menstimulasi perkembangan sel yang berfungsi melawan infeksi dan kuman di dalam tubuh yang dikenal dengan T cells dan E cells. Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat pada kembang sepatu juga membantu T&E cells dalam memberantas kuman penyakit.

6. Mengurangi Rasa Sakit Saat PMS

wikipedia.com

Di berepa negara seperti Bangladesh dan India, salah satu jenis bunga hias ini populer digunakan untuk menyembuhkan permasalahan menstruasi. Kembang sepatu bisa sangat efektif mengurangi rasa sakit (menstrual cramp) serta mencegah pendarahan berlebih saat menstruasi berlangsung. Untuk perempuan yang juga merasakan rasa sakit saat memasuki fase menopause, ekstrak kembang sepatu juga bisa dijadikan obat untuk menyembuhkannya.

7. Membantu Penyembuhan Luka

blogspot.com

Ekstrak dari kembang sepatu bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Dengan mengkonsumsi teh kembang sepatu luka jadi cepat mengering dan kulit baru pun jadi lebih cepat terbentuk dibandingkan dengan membersihkan luka tersebut dengan obat antiseptik.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat kesehatan yang dimiliki oleh kembang sepatu. Namun, untuk para ibu yang dalam masa kehamilan dan menyusui disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh kembang sepatu karena bisa meracuni kandungan dan si bayi.

Temukan ragam furnitur berkualitas dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kursi malas, meja makan, rak dinding, dan meja kerja untuk menghidupkan suasana rumahmu.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga jual kasur dengan beragam jenis dari merek-merek ternama, lho! Dekoruma jual Airland, Comforta, dan King Koil. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!