Selain mempertimbangkan tampilan, dalam menentukan pagar untuk hunian, kamu perlu memperhatikan aspek fungsionalitas dan juga efektivitas penggunaannya. Dari segi sistem pembukaannya, ada beberapa jenis pagar yang bisa jadi pilihan mulai dari pagar geser, pagar lipat, hingga padar swing. Pagar lipat sendiri merupakan salah satu jenis pagar yang kini cukup populer. Tapi, apakah jenis pagar lipat merupakan pilihan yang tepat untuk hunianmu?

google.com

Berikut adalah ulasan penggunaan pagar lipat dari beberapa aspek yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memutuskan apakah pagar lipat merupakan pilihan yang tepat.

Efiensi Penggunaan Ruang Pagar Lipat

Salah satu keunggulan yang membuat banyak orang mempertimbangkan penggunaan pagar lipat adalah efisiensi ruang yang diperlukan untuk menggunakan pagar lipat. Terutama untuk hunian dengan bentang eksterior rumah yang cukup terbatas, penggunaan pagar geser terkadang tidak memungkinkan karena pagar geser memerlukan bentang lebar bangunan paling tidak 2 kali lipat dari lebar pagar itu sendiri.

pinterest.com

Sedangkan penggunaan pagar swing mungkin bisa menjawab permasalahan lebar bangunan, namun pagar swing memiliki bentang pagar yang lebar untuk dibuka dengan cara swing sehingga kamu perlu memperimbangkan ruang yang diperlukan untuk membuka pagar ini baik jika dibuka ke arah dalam ataupun luar.

pinterest.com

Kedua permasalahan ini bisa disiasati dengan penggunaan pagar lipat. Pagar lipat tidak hanya bisa mengatasi permasalahan lebar bangunan atau lahan, tapi juga modul setiap pagar yang bisa disesuaikan juga membuat desain pagar rumah lipat tidak memerlukan ruang yang banyak untuk dapat dibuka.

Perawatan dari Pagar Lipat

Pada dasarnya perawatan pagar lipat ataupun jenis pagar lainnya disesuaikan dengan material yang digunakan untuk membuat pagar. Namun, salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam perawatan pagar secara umum adalah perawatan engsel ataupun rel agar pagar tidak macet dan mudah untuk dibuka-tutup.

pinterest.com

Jika pagar geser menggunakan rel, dan pagar swing menggunakan engsel, pagar lipat umumnya menggunakan rel dan juga engsel pada setiap modulnya. Namun, terkadang pagar lipat juga tidak menggunakan rel. Setiap engsel dan rel inilah yang penting untuk dirawat agar pagar lipat akan selalu lancar saat digunakan.

Memiliki rel dan juga engsel dalam jumlah yang lebih banyak tentu membuat pagar lipat memerlukan perawatan ekstra dibandingkan pagar umum lainnya.

Daya Tahan Pagar Lipat

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, perawatan ekstra pada pagar lipat yang kerap disepelekan membuat pagar lipat lebih mudah macet. Untuk itu, selalu pastikan rel dan engsel dari pagar selalu dilapisi dengan pelumas yang cukup dan tidak dibiarkan kering untuk menjaga pagar tetap bisa digunakan dengan baik.

Di luar itu, daya tahan dari pagar dipengaruhi penggunaan bahan dan perawatan dari bahan tersebut. Umumnya, pagar menggunakan material besi (pagar besi). Selalu lapisi material besi pada pagar dengan cat anti karat dan beri finishing cat besi yang cocok untuk luar ruangan. Kalaupun setelah waktu yang lama pagar tetap berkarat, kamu bisa mengatasinya dengan cairan penghilang karat khusus.

Jika terdapat material kayu pada pagar, misalnya pagar kayu, lapisi juga kayu dengan coating kayu khusus untuk luar ruangan untuk menjaganya tetap awet dan bebas dari jamur serta lumut.

Perbandingan Harga Pagar Lipat

Salah satu pertimbangan dalam memilih jenis pagar adalah harga dari pagar. Banyak orang ragu dalam memilih pagar lipat dikarenakan asumsi bahwa harga dari pagar ini akan lebih mahal. Namun, pada dasarnya semua jenis pagar memiliki kisaran harga yang sama.

google.com

Yang mempengaruhi harga dari pagar hunianmu adalah bahan atau material yang digunakan serta desain dari pagar itu sendiri. Namun, demi daya tahan dan juga estetika dari pagar, tentu mengeluarkan sedikit biaya ekstra jauh lebih baik daripada membiarkan rumah impianmu dipagari dengan pagar yang mudah rusak, bukan?

farmluv.com

Itulah beberapa keunggulan dan juga kelemahan dari penggunaan pagar lipat untuk hunianmu jika dibandingkan dengan jenis pagar lainnya. Sebelum memutuskan pagar seperti apa yang paling pas untuk hunian, selalu ketahui secara detail kebutuhan hunian agar kamu tidak salah dalam memilih jenis pagar, ya!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada berbagai macam furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti kursi, rak tv, rak dinding, dan lemari. Selain model dan ukurannya beragam, pilihan mereknya pun bervariasi. Dekoruma jual Livien, Heim Studio, dan Pro Design.

Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari spring bed Dunlopillo, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!