Setiap hunian pasti memiliki rak untuk menyimpan barang-barang atau pun memajang suatu koleksi, baik rak dinding dengan ragam bentuk maupun rak sepatu simpel.  Gaya rak biasanya disesuaikan dengan gaya ruangan tersebut. Untuk ruangan bergaya tradisional, maka rak akan dibuat menggunakan kayu. Sedangkan ruang bergaya minimalis akan sempurna jika dilengkapi dengan rak minimalis.

Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih rak minimalis, coba simak dulu beberapa inspirasinya berikut ini!

1. Rak minimalis sekaligus partisi

google.com

Untuk ruang tamu yang berbatasan langsung dengan ruang lainnya, kamu perlu menggunakan rak minimalis yang bisa berfungsi juga sebagai partisi ruangan. Tidak perlu berukuran besar, yang penting cukup untuk membatasi area dan sedikit memberikan privasi. Misalnya saja seperti rak minimalis yang terbuka di kedua sisinya seperti gambar di atas.

2. Rak minimalis serba putih

google.com

Rak minimalis serba putih ini cocok ditempatkan di ruang tamu minimalis atau di sebelah meja komputer yang juga didominasi oleh warna putih. Kesannya sangat bersih, lapang, dan sederhana. Bentuknya pun tidak aneh-aneh. Hanya ada tambahan laci di bagian bawahnya.

3. Rak minimalis melayang

Kalau rak minimalis yang satu ini cocok untuk ruang tamu bergaya minimalis yang luasnya terbatas. Dengan rak melayang atau yang sering disebut rak dinding ini, kamu bisa meletakkan banyak barang tanpa khawatir bagian bawah dinding terasa penuh. Orang yang berlalu-lalang pun tidak akan terhalang oleh rak. Pastikan saja kalau rak minimalis ini terpasang dengan baik pada dinding supaya tidak jatuh dan melukai penghuni rumah.

4. Rak minimalis berbentuk kepala rusa

homeli.co.uk

Meletakkan kepala rusa di dalam rumah terdengar mengerikan. Sebagai gantinya, kamu bisa memasang rak minimalis berbentuk kepala rusa yang geometris seperti ini. Hasilnya malah lebih cantik dan unik. Kalau tidak suka rak berbentuk kepala rusa, di pasaran juga ada banyak yang berbentuk kepala binatang lain seperti beruang atau harimau.

5. Rak minimalis dengan kapasitas maksimal

google.com

Bagi kamu yang memiliki banyak barang pajangan, maka wajib menggunakan rak minimalis atau lemari custom built-in dari langit-langit hingga ke lantai seperti ini. Bentuknya sederhana, namun bisa menampung semua barang yang ingin kamu pajang. Rak seperti ini pun bisa diubah menjadi rak buku.

6. Rak minimalis untuk sudut ruangan

pinterest.com

Nah, rak minimalis yang satu ini juga cocok untuk ruang tamu berukuran kecil karena bisa diletakkan di sudut ruangan. Ukurannya kecil namun tinggi dan barang yang diletakkan di sini bisa dilihat dari 2 arah berbeda. Rak minimalis nan sederhana ini akan terlihat cantik jika kamu pintar memilih pajangannya.

7. Rak minimalis menyerupai tangga

pinterest.com

Dilihat sekilas, rak minimalis yang satu ini tampak seperti tangga yang dipasang di dinding. Material yang digunakan untuk membuat rak minimalis ini juga sangat sederhana, yakni papan kayu dan tiang besi untuk menyangga. Meski beberapa hanya diisi beberapa barang, rak ini tetap terlihat gaya.

8. Rak minimalis yang bercabang

pinterest.com

Inspirasi rak minimalis yang terakhir adalah rak display dengan model bercabang. Bentuk rak minimalis ini mengingatkan kita dengan bentuk diagram. Rak ini cocok untuk kamu yang suka mengelompokkan barang sesuai kategori. Misalnya saja untuk buku dikelompokkan berdasarkan warna atau genre.

Dari kedelapan inspirasi rak minimalis tadi, semoga kamu bisa menentukan rak minimalis yang tepat untuk ruang tamu masing-masing. Meski bentuknya sederhana, dengan penataan dan pemilihan barang pajangan maka ruang tamu pun akan terlihat lebih bergaya dan cantik. Pastinya kamu mau dong para tamu kagum dengan rak pilihanmu?

Kamu sedang mencari jasa desain rumah untuk hunian barumu? Dekoruma jawabannya! Selain jual furnitur kekinian, Dekoruma juga melayani jasa desain interior dengan desain yang multifungsi dan bisa selesai dalam delapan minggu. Yuk, wujudkan rumah impian bersama Dekoruma!