Pintu kaca biasanya ditemukan pada bangunan besar seperti pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran. Namun karena desainnya yang simpel dan gaya, saat ini pintu kaca juga mulai digunakan untuk hunian tidak peduli apakah hunian tersebut luas atau sempit. Hasilnya, hunian pun terlihat lebih modern dan juga lapang.

Tidak percaya? Coba simak 6 desain hunian dengan pintu kaca berikut ini!

1. Desain hunian dengan pintu kaca di kamar tidur

decoist.com

Pernah membayangkan bisa bangun tidur langsung langsung disambut oleh sinar matahari? Jika iya, maka kamu harus menyontek desain kamar tidur yang menggunakan pintu kaca sebagai pembatas balkon rumah kesayanganmu berikut ini. Warna frame pintu kaca bisa disesuaikan dengan warna utama kamar tidur. Untuk contoh desain ini adalah abu-abu.

Pastikan pintu kaca ini menghadap langsung ke taman supaya tidak mudah diintip oleh orang asing. Bila tidak memungkinkan, gantungkanlah sheer atau tirai sesuai dengan seleramu.

2. Desain hunian dengan pintu kaca frame minimalis

pinterest.com

Desain hunian dengan pintu kaca yang pertama adalah hunian bergaya arsitektur rumah minimalis. Pintu kaca yang cocok adalah pintu kaca dengan frame yang minimalis. Frame-nya hanya ada di bagian tepi pintu dengan warna hitam agar mencolok dari warna di sekitarnya. Ukurannya yang cukup besar membuatmu bisa melihat keadaan di dalam rumah dengan mudah.

2. Desain hunian dengan pintu kaca di ruang kerja

decoist.com

Bagi beberapa orang, ruang kerja harus tenang dan bebas gangguan dari orang lain. Desain hunian berikutnya fokus pada bagian ruang kerja. Agar tidak mengganggu si pemilik ruangan, kamu bisa menggunakan pintu kaca yang buram seperti ini. Biasanya orang-orang menggunakan jenis kaca sandblast atau patterned glass. Privasi terjaga, duduk di kursi kantor dan kerja lebih produktif, hunian pun jadi tampak lebih bergaya.

4. Desain hunian dengan pintu kaca artistik

homedesignlover.com

Pintu kaca yang satu ini dijamin akan membuat semua orang yang melihatnya terpesona. Pasalnya, pintu kaca ini diberi cat warna-warni menyerupai sebuah lukisan abstrak dan sangat artistik! Pintu kaca seperti ini cocok untuk desain hunian bergaya modern, kontemporer, minimalis, hingga hunian bergaya eklektik. Kalau sudah ada pintu kaca ini, sepertinya kamu tidak memerlukan lukisan lagi untuk dipajang di dinding.

5. Desain hunian dengan pintu kaca di ruang makan

hunterdouglas.com

Jika memungkinkan, ruang makan juga bisa memiliki pintu kaca yang mengarahkan penghuni ke bagian halaman belakang. Karena pintu kaca ini sifatnya tembus cahaya, kamu bisa menambahkan pintu kayu dengan celah-celah kecil sebagai roster. Di saat matahari bersinar terik, kamu bisa menutup pintu kaca menggunakan pintu kayu.

6. Desain hunian dengan pintu kaca sekaligus dinding

pinterest.com

Pintu kaca sekaligus dinding ini biasanya digunakan di hunian yang berukuran besar. Pintu kaca ini dibuat mengarah ke halaman belakang atau kolam renang. Uniknya pintu kaca ini dibuka bukan dengan cara menggeser atau mendorong, melainkan dengan cara memutarnya. Untuk pintu rumah minimalis sebanyak ini, memutarnya adalah cara yang paling mudah dan tidak memakan banyak ruang.


Apa pun pilihan desain hunian dengan pintu kaca yang akan kamu gunakan nanti, jangan lupa untuk memperhatikan perawatan pintu kaca tersebut agar tetap terlihat indah dan kuat. Berhati-hatilah saat menutup pintu kaca.

Biasakan untuk membersihkan bagian railing pintu agar tidak ada debu yang menumpuk, sehingga mengganggu proses buka tutup pintu. Bersihkan juga bagian kaca menggunakan sabun khusus dan alat penyeka kaca agar pintu kaca tidak mudah tergores, ya!

Jika kamu sedang mencari aneka furnitur untuk melengkapi hunian dengan pintu kaca, kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual rak, lemari, sofa, meja, hingga kursi bar. Pilihan mereknya pun sangat beragam, seperti dari Pro Design, Livien, dan Funika.

Selain jual furnitur, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah, lho! Desainnya multifungsi, efisien, dan tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!