Cara Mudah Plamir Tembok Secara Mandiri

Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya, apa sih plamir tembok itu? Pada dasarnya, plamir tembok adalah material pelapis tembok sebelum dilakukan pengecatan. Plamir tembok berupa cairan putih yang biasanya merupakan campuran kalsium, lem, dan air.

Plamir tembok sendiri berfungsi untuk memuluskan permukaan tembok yang biasanya bertekstur, berlubang, atau tidak rata. Plamir tembok memudahkan proses cara mengecat tembok serta memperbaiki tampilan dinding.

Sebenarnya tanpa menggunakan jasa profesional, asal dengan metode yang tepat, kamu bisa plamir tembok sendiri tanpa kesulitan. Penasaran? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Bersihkan Tembokmu Dulu!

thespruce.com

Langkah awal ini bertujuan agar plamir tembok dapat merekat dengan sempurna, karena kotoran atau debu pada dinding bisa menurunkan daya lekat plamir tembok. Di samping itu, tekstur dari debu dan kotoran menyebabkan permukaan tembok tak rata.

Jika tembok sudah bercat, sebaiknya kamu kelupas terlebih dahulu cat lamanya agar proses pengecatan berikutnya bisa lebih sempurna tanpa sisa.

2. Menyiapkan Plamir Tembok

youtube.com

Bahan plamir tembok bisa diperoleh dengan dua cara, membuat sendiri atau membelinya di toko bahan bangunan. Kamu bisa membuat plamir tembok dengan mencampur kalsium, lem, dan air dalam perbandingan tertentu. Terkadang semen putih bisa digunakan sebagai pengganti kalsium, namun hal ini tak disarankan.

Kedua, kamu bisa menggunakan plamir tembok di pasaran dan tak perlu repot-repot membuatnya sendiri. Selain mengurangi risiko gagal dalam proses pembuatan, plamir tembok yang dijual di toko bangunan juga relatif terjangkau.

3. Mengaplikasikan Plamir Tembok

pinterest.com

Ini adalah proses paling inti, yaitu mengaplikasikan plamir tembok itu sendiri. Tuangkan plamir tembok pada suatu wadah agar lebih mudah digunakan. Pakailah kape, yaitu semacam alat untuk mengerik cat kering dengan bagian utama berupa besi berbentuk alas segitiga.

Oleskan cairan plamir dari bagian atas menuju bagian bawah dinding agar hasil plamir tembok lebih rata dan rapi. Pastikan pori-pori tembok seluruhnya tertutup dengan sempurna.

4. Keringkan Plamir Tembok

thespruce.com

Setelah proses pengaplikasian plamir tembok selesai, maka hal yang perlu dilakukan adalah menunggu plamir tembok mengering. Biasanya proses ini memakan waktu 24 jam untuk memastikan plamir tembok menempel dengan sempurna.

5. Pengamplasan Dining

google.com

Dinding yang telah dilapisi plamir dan sudah dikeringkan selama 24 jam siap memasuki proses selanjutnya, yaitu pengamplasan. Pilihlah kertas amplas yang bertekstur lebih halus agar plamir tembok yang telah keriing tidak mengelupas akibat amplas yang kasar.

Gosoklah amplas dengan pelan juga tidak terlalu keras pada dinding, amplaslah seluruh dinding yang sudah dilapisi plamir. Hal ini bertujuan agar hasil akhir plamir lebih bagus dan merata.

6. Mengecek Hasil Akhir

google.com

Proses paling akhir ini bertujuan untuk melihat kembali apakah permukaan dinding sudah rata dan tidak ada lagi lubang yang belum tertutupi dengan sempurna. Selain itu pastikan juga tekstur tembok, apakah sudah halus atau masih bergelombang sehingga mengurangi keindahan.

Jika hasil akhir belum baik, maka kamu bisa mengulangi lagi proses plamir tembok pada bagian-bagian yang kurang rapi.

7. Pengecatan Tembok Siap Dimulai!

google.com

Setelah melaksanakan semua tahap plamir tembok dengan benar dan berhasil dengan baik, maka pengecatan dinding bisa segera dilakukan. Tentu saja tembok yang telah dilapisi plamir jadi lebih gampang dicat dan menghasilkan warna yang terang.

Nah, setelah mengetahui langkah-langkah plamir tembok sendiri apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Jangan lupa mengikuti petunjuk pada kemasan plamir sebelum plamir siap digunakan, ya!

Kalau kamu sedang mencari furnitur dan dekorasi minimalis untuk menghidupkan suasana rumahmu, kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa minimalis, meja tv, lemari pakaian, hingga rak sepatu dengan beragam model dan ukuran.

Tidak hanya furnitur, tersedia juga aneka macam kasur untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur Serta dan kasur Dunlopillo, tentunya dengan kualitas terbaik. Yuk, lengkapi kebutuhan hunianmu bersama Dekoruma!