Apa yang kamu lakukan jika memiliki sebuah taman pada hunian? Tentu kamu akan menutupi permukaan tanah dengan rumput hias. Penggunaan rumput hias ini tidak hanya akan mempercantik taman, tapi juga membuat air hujan meresap ke dalam tanah dengan mudah. Lingkungan pun akan menjadi lebih asri.

google.com

Rumput selalu identik dengan warna hijau. Meski warnanya hampir sama semua, ternyata rumput hias ini ada berbagai jenis yang memiliki karakteristik tersendiri dan membutuhkan perawatan berbeda-beda. Agar tidak salah pilih, yuk simak beberapa jenis rumput hias dekoratif yang bisa buat tamanmu lebih cantik berikut ini!

1. Rumput hias gajah

google.com

Rumput hias yang satu ini dinamai rumput gajah karena memiliki ukuran daun yang besar dibandingkan dengan rumput hias lainnya. Salah satu jenis rumput taman ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap pijakan kaki manusia sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir rumput gajah ini akan mudah mati.

Kelemahannya, mereka bisa tumbuh dengan cepat jadi kamu harus rajin memangkasnya agar terlihat selalu rapi. Rumput yang satu ini juga bisa digunakan sebagai pakan ternak sapi atau kambing.

2. Rumput hias gajah mini

google.com

Rumput hias berikutnya adalah rumput gajah mini yang teksturnya hampir mirip seperti rumput gajah, namun ukurannya lebih kecil. Meski ukurannya kecil, rumput hias yang satu ini juga tahan terhadap pijakan kaki manusia.

Teksturnya yang cukup lembut membuat rumput ini cocok sebagai rumput hias di taman bermain anak. Pemotongan pun bisa dilakukan setiap sebulan sekali saja untuk mempertahankan tampilan rapi. Kalau tamanmu tidak mendapat cukup sinar matahari, tenang saja karena rumput gajah mini bisa tumbuh subur hanya dengan 50% penyinaran matahari.

3. Rumput hias gajah mini variegeta

google.com

Masih satu varian dengan rumput gajah mini lainnya, rumput hias gajah mini variegeta ini sama tahannya dengan pijakan kaki manusia. Yang menarik dari rumput taman jenis ini adalah garis berwarna putih pada daunnya. Nilai estetika taman pun lebih tinggi. Cara menanam rumput taman ini juga sangat mudah. Kamu juga tidak perlu memotong sering-sering untuk menjaga kerapiannya.

4. Rumput hias Swiss

google.com

Di antara sekian banyak rumput hias yang ada, rumput hias Swiss adalah yang teksturnya paling lembut. Bagi kamu yang suka piknik di taman rumah sendiri atau senang bermain bersama anak, rumput hias inilah yang paling tepat.

Sayangnya, kamu harus berusaha lebih untuk merawat rumput hias Swiss. Setidaknya rumput ini harus mendapatkan sinar matahari sebanyak 80%. Kamu juga harus menjaga tingkat kelembapannya supaya bisa tumbuh dengan sempurna.

Lakukan pemotongan setiap 1 bulan sekali agar tetap rapi. Setelah itu berikan pupuk urea. Hindari menggunakan pupuk kandang karena bisa memicu pertumbuhan rumput liar yang mengakibatkan rumput hias Swiss mati.

5. Rumput hias Jepang

google.com

Rumput hias Jepang memiliki ukuran yang langsing dan tumbuh cukup rapat. Untuk perawatannya, kamu harus rutin melakukan pemangkasan setiap 1 bulan sekali supaya sinar matahari bisa diterima oleh rumput bagian bawah. Jika tidak, maka rumput ini akan berubah warna menjadi kekuningan. Agar bisa tumbuh dengan subur, kamu juga perlu memberikan pupuk dan menyiraminya secara rutin.


Agar taman selalu terlihat cantik, pastikan untuk mencabut rumput-rumput liar yang sering tumbuh di antara rumput hias kesayanganmu dan sirami dengan air secukupnya. Selamat menikmati taman dengan rumput hias yang cantik!

Kamu sedang mencari aneka perlengkapan kamar tidur? Dekoruma solusinya! Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka furnitur dan dekorasi terbaik untuk kamar tidurmu. Dekoruma jual kasur, selimut, lampu tidurside table, dan hiasan dinding. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, penuhi semua kebutuhan tidurmu bersama Dekoruma!