Inspirasi Landscape Taman pada Rumah Mungil

Jangan kira menata taman hanya sekedar memilah-milih tanaman gantung, rambat, dan lainnya atau menentukan material apa yang akan digunakan. Bagian terpenting sebelum memulai menata taman di rumahmu adalah mendesain landscape taman tersebut. Landscape taman mencakup berbagai aspek penataan ruang, seperti pembagian zona, aliran akses untuk mobilisasi, dan pemanfaatan luas lahan, yang seringnya terbatas.

Nggak hanya persoalan keterbatasan lahan, tingginya curah hujan, intensitas matahari, dan polusi udara seringkali menjadi masalah dalam merancang landscape taman untuk rumah-rumah di area perkotaan.

Dengan  adanya berbagai permasalahan ini, kamu memang dituntut untuk sedikit mengerahkan kreativitas saat mendesain landscape taman. Namun, jangan khawatir kali ini Kania telah merangkum beberapa inspirasi landscape taman beserta cara mensiasati permasalahan dalam mendesainnya.

1. Variasi Paving Block dan Rumput pada Landscape Taman Belakang Rumah

freshome.com

Kesan eksotis merupakan kesan yang mudah diperoleh untuk kita yang tinggal di wilayah tropis. Landscape taman yang bisa kamu coba terapkan sebagai cara mengolah eksotisme iklim tropis adalah dengan memadukan variasi paving block dan tanaman ornamental. Seperti yang terlihat pada landscape taman yang satu ini yang menampilakan nuansa hijau dari rumput taman.

Kesan tropis hadir maksimal dari kombinasi paving block semen, kerikil, dan rumput semak. Area dekat dinding pembatas di tanami pohon yang berfungsi menghalau polusi sekaligus sebagai penyejuk untuk landscape taman bergaya tropis. Selain itu, kamu bisa menambahkan kursi panjang di atas kerikil putih untuk bersantai bersama keluarga di sore hari.

2. Limpahan Cahaya di Landscape Taman Minimalis Modern

houzz.com

Kanopi memang bisa dipasang untuk menghindari teriknya sinar matahari di taman minimalis. Namun, keberadaan kanopi juga dapat menjadi penghalang untuk kamu yang ingin menikmati keindahan landscape taman secara leluasa. Walaupun terasa menyengat, limpahan sinar matahari justru dapat kamu manfaatkan untuk menampilkan kesan modern pada desain sebuah landscape taman.

Kesan modern hadir dari paving block kerikil yang mendominasi keseluruhan taman beserta bangku dan dekorasi bola berwarna perak yang difungsikan sebagai focal point taman. Paving block ini dikelilingi oleh area hijau yang ditanami oleh tanaman hias buah, berupa pohon-pohon jeruk. Bukan cuma dari warnanya, semerbak buahnya juga menyegarkan landscape taman modern ini.

3. Landscape Taman dengan Kolam yang Bikin Adem

houzz.com

Pada landscape taman berukuran kecil seringnya elemen air, seperti kolam hias atau air terjun dekoratif ditempatkan di sudut taman bersama dengan tanaman hias. Namun, lain halnya dengan landscape taman kecil yang satu ini. Kolam ditempatkan di bagian depan landscape taman bergaya modern minimalis ini. Selain sebagai oase, dengan paving stone yang terpasang mengambang di atasnya, kolam ini juga menjadi area transisi menuju bagian taman rumah utama.

4. Landscape Taman Depan Rumah Bernuansa Tropis

houzz.com

Keasrian taman depan rumah dapat diperlihatkan dengan desain landscape taman bergaya tropis yang didominasi warna hijau ini. Berbeda dengan landscape taman modern, rumput, pohon, tanaman hias dan bunga tropis menjadi elemen alam yang melingkupi sebagian besar taman.

Sementara itu, jalan setapak yang menjadi satu-satunya elemen untuk akses jalanan pada desain taman depan rumah ini sengaja dibuat berbelok-belok agar siapa pun yang berjalan melaluinya dapat merasakan pengalaman ruang terbuka yang menarik. Selain elemen-elemen tersebut, kamu juga bisa menambahkan beberapa lampu taman atau lentera pada landscape taman ini agar tercipta suasana yang lebih hangat.

5.  Kesan Lapang di Landscape Taman Belakang yang Mungil

houzz.com

Nggak semua ruang terbuka yang ada di rumah memiliki bentuk yang ideal, ada yang menyiku atau terlalu memanjang, tapi lebarnya minim. Posisinya pun terkadang tertempat pada area sisa yang terpencil, seperti di samping atau di ujung rumah.

Oleh karenanya, landscape taman dengan konsep minimalis tepat untuk diterapkan pada posisi ruang terbuka seperti ini. Caranya, landscape taman dibuat dalam zonasi yang seimbang. Apabila bentuknya sempit dan memanjang seperti desain landscape taman ini, tempatkan area hijau dibagian tengah dan area duduk atau ruang santai menjorok dekat dengan dinding pembatas.

6. Rimbunnya Hutan Tropis di Belakang Rumah

houzz.com

Halaman belakang rumah yang sempit bukan berarti menjadi penghalang untuk memiliki taman dengan pohon-pohon yang rimbun. Landscape taman yang satu ini berhasil menghadirkan dua area berbeda, yaitu area duduk dan area hijau, pada tempat yang terbatas.

Meskipun jumlah pohon dan tanaman hias melimpah, penataan seperti ini tidak membuat landscape taman belakang rumah terlihat penuh, malah terlihat menyejukkan karena melindungi taman dari teriknya sinar matahari.

Tanaman hias yang bisa kamu hadirkan di halaman belakang rumah ini adalah tanaman monstera, sirih gading, pucuk merah, pohon bambu, dan lainnya.

Gimana, pasti kamu jadi tidak sabar ‘kan untuk mewujudkan desain landscape taman pada hunian kecilmu? Akan tetapi, landscape taman akan terlihat biasa saja jika tidak dilengkapi dengan ragam furnitur yang bisa menghidupkan suasana.

Tidak perlu bingung untuk mencari furnitur yang tepat karena kamu bisa menemukannya di Dekoruma yang jual kursi malas, kursi teras, dan coffee table. Selain furnitur taman, ada juga aneka furnitur untuk interior rumahmu. Dekoruma jual rak display, sofa, meja makan, dan side table.

Tak hanya furnitur, kamu juga bisa menemukan aneka perlengkapan makan dan minum. Dekoruma jual piring, gelas, cangkir, dan mangkuk. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!