Nama pohon ketapang merupakan salah satu jenis pohon yang cukup familiar dan mudah ditemukan di Indonesia. Mulai di taman-taman kota, pekarangan rumah, hingga tumbuh secara liar di hutan kota dan ruang terbuka hijau. Meskipun sangat umum, pohon ketapang ternyata memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui orang banyak, lho.

Yuk, kenali lebih dalam apa itu pohon ketapang serta berbagai manfaat dan khasiat yang dimiliki dari tanaman satu ini!

Apa itu Pohon Ketapang?

Meski mudah ditemukan di mana saja, tanaman pohon ketapang yang memiliki nama ilmiah Terminalia catappa ini sebenarnya merupakan tanaman tepi pantai. Pohon Ketapang memiliki ciri khas yang melebar dan bertajuk-tajuk.

google.com

Tanaman ini juga termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh dan bertahan hidup di lingkungan apapun, khususnya lingkungan tropis seperti Indonesia. Meski sering didapuk ‘menjengkelkan’ karena bisa menggugurkan puluhan daun yang sulit dibersihkan setidaknya dua kali dalam setahun, pohon ini mempunyai banyak manfaat, lho.

Di Indonesia, pohon Ketapang memiliki nama lokal atau nama daerah yang beragam. Mulai dari Talisei di Sulawesi Utara, Tiliho di Maluku Utara, hingga Kalis di Papua Barat merupakan beberapa contoh nama lain pohon ketapang di berbagai wilayah Indonesia.

Morfologi dari Pohon Ketapang

google.com

Tanaman ini memiliki karakter dan ciri khas yang cukup mudah dikenali. Tanaman pohon Ketapang termasuk pohon yang mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 40 meter dengan diameter batang mencapai 1,5 meter.

Tajuk dari pohon Ketapang sangat rindang dengan cabang yang tumbuh secara horizontal dan bertingkat. Pada pohon yang muda, tingkatan-tingkatan ini membuat ketapang terlihat seperti pagoda.

wikipedia.org

Daun-daun yang dimiliki pohon ketapang memiliki bentuk oval seperti telur dengan ujung yang membundar, dan meruncing pada bagian tangkai. Warna dari daun Ketapang yang hijau kerap menjadi kemerahan saat hendak gugur. Pohon Ketapang juga memiliki bunga dengan ukuran kecil dan berkuntum pada ujung-ujung ranting. Bunga dari Ketapang tidak memiliki mahkota bunga namun berkelopak lima helai.

Manfaat Pohon Ketapang

unsplash.com/@clark1

Setelah mengenal ciri dan karakter dari pohon Ketapang, saatnya mengulas manfaat dari pohon yang mudah dirawat ini. Daun dan kulit dari pohon Ketapang kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat pewarna hitam dan tinta.

Daun dari pohon ketapang juga kerap digunakan oleh pengemar ikan hias untuk menetralkan pH dari air sehingga lebih ideal untuk digunakan memelihara ikan, khususnya ikan Cupang.

pinterest.com

Kayu dari pohon ketapang memiliki warna merah bata hingga cokelat kepucatan. Meskipun memiliki karakter cukup keras, kayu dari pohon ketapang tidak memiliki daya tahan sekuat kayu Meranti. Namun, kayu dari pohon Ketapang cukup sering digunakan sebagai bahan bangunan, khususnya untuk material lantai kayu.

Selain daun dan kayunya, biji dari pohon Ketapang bisa juga dikonsumsi sebagai pengganti biji kenari dan almond, lho.

Pohon Ketapang sebagai Peneduh Taman

wikipedia.org

Selain berbagai manfaat dan khasiat yang telah dijabarkan sebelumnya, pohon Ketapang juga cukup populer digunakan untuk melengkapi pekarangan dan halaman karena tajuknya yang lebar dan rindang. Pohon ketapang digemari karena mampu membuat taman jadi lebih teduh.

Kemudahan dalam perawatan dan daya tahannya juga menjadi nilai tambah dari pohon satu ini. Sayangnya, sifat Ketapang yang suka menggugurkan daunnya membuatmu membutuhkan usaha lebih untuk membersihkan daun-daunnya yang berguguran setiap hari.


Itulah penjabaran singkat mengenai pohon ketapang, pohon tepian pantai yang kini mudah ditemui di mana-mana. Dengan banyaknya manfaat, tak heran pohon ini kerap menghiasi taman-taman kota dan juga pekarangan rumah. Tertarik hadirkan kerindangan dari pohon satu ini ke pekarangan rumahmu?

Sedang mencari furnitur untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma! Dekoruma jual laci, lemari pakaian, meja, dan sofa. Ada juga aneka jenis kasur dari beragam merek. Dekoruma jual Serta dan King Koil, dua merek kasur terkenal yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan properti untuk tempat tinggal pribadi atau sarana berinvestasi, lho! Kamu bisa menemukan hunian dijual dengan harga terbaik dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Jakarta Pusat, Tangerang, Depok, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!