Detail tangga adalah salah satu komponen rumah bertingkat. Memahami detail tangga tak boleh disepelekan, karena desain tangga yang tidak tepat tak hanya akan mengganggu kenyamanan pemilik rumah, detail tangga bisa juga berdampak pada efisiensi desain dari hunian

Untuk itu, pelajari sedikit lebih dalam detail tangga sebelum mewujudkan desain tangga terbaik untuk hunianmu. Simak ulasan mengenai detail tangga secara umum yang perlu kamu ketahui berikut!

Komponen pada Detail Tangga

google.com

Detail tangga terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi tertentu. Set lengkap dari detail tangga terdiri dari komponen berikut:

  • Baluster: Detail tangga ini merupakan kumpulan tiang vertikal yang mengisi bagian antara handrail dan shoerail. Komponen ini memiliki fungsi sebagai sistem pengaman untuk orang yang menggunakan tangga.
  • Hand Rail: Detail tangga satu ini kerap disebut “Railing tangga” merupakan bagian atas dari baluster yang berfungsi sebagai pegangan tangan. Selain bagian dari sistem pengaman, Detail tangga satu ini juga membantu dan mempermudah penggunaan tangga sebagai jalur sirkulasi horizontal.
  • Shoe Rail: Detail tangga selanjutnya adalah bagian bawah dari satu set baluster dan hand rail yang berfungsi menopang agar pegangan tangan ini lebih kokoh.
  • Newel: Detail tangga yang dinamakan Newel adalah tiang vertikal yang memisahkan antar satu balutrade dengan balustrade lainnya.
  • Riser: Riser adalah ketinggian vertikal untuk setiap langkah dalam tangga. Cara menentukan detail tangga satu ini adalah dengan membagi total ketinggian lantai total dengan jumlah anak tangga yang dimiliki desain tangga.
  • Tread / going: Detail tangga satu ini merupakan komponen horizontal dan mendatar dari langkah tangga di mana seseorang berjalan menapak.
  • Nosing / bordes: Detail tangga ini dikenal juga sebagi Bordes, merupakan bagian tangga datar ditengah jalur tangga dimana kamu bisa melakukan langkah normal setapak atau dua tapak.

Standar Ukuran pada Detail Tangga

pinterest.com

Setelah mengenal berbagai elemen dari detail tangga yang umumnya dimiliki hunian, kini saatnya mempelajari standar ukuran untuk membuat detail tangga pada rumahmu memiliki kenyamanan dan efisiensi desain terbaik.

Kemiringan Tangga

archdaily.com

Pada rumah tinggal, kemiringan tangga umumnya adalah 42 derajat. Namun, pada situasi tertentu terkadang tangga memiliki kemiringan melebihi 42 derajat. Untuk situasi seperti ini, komponen going / tread atau tapak harus minimal 280mm. Lalu, “headroom” atau batas menuju tangga yang berada diatas kepala minimum harus 2 meter.

Lebar tangga

google.com

Ukuran standar dari lebar tangga untuk rumah tinggal adalah minimum 90 cm. Namun, untuk desain tangga yang lebih nyaman dan baik, 120 cm adalah ukuran yang umumnya digunakan.

Ketinggian Rise dan Lebar Tread

google.com

Agar langkah pada tangga nyaman, ketinggian Rise pada tangga rumah tinggal minimal 15 cm dan maksimal 22 cm. Sedangkan untuk detail tangga Tread minimal memiliki lebar minimal 22 cm dan maksimal 30 cm

Jumlah Anak Tangga

deezen.com

Untuk tangga rumah tinggal dengan jumlah anak tangga melebihi 36 anak tangga pada satu jalur umumnya harus memiliki minimun satu nosing atau bordes untuk membuat tangga tetap nyaman digunakan. Bordes sendiri minimum memiliki ukuran persegi dengan lebar sesuai dengan lebar dari tangga.

Handrails

google.com

Pada umumnya, detail tangga bagian handrail atau pegangan tangga harus memiliki ketinggian di kisaran 90 cm hingga 100 cm. Ha l ini bertujuan agar tangga nyaman dan aman digunakan.

Itulah ulasan detail tangga yang perlu kamu ketahui sebelum merancang tangga untuk buat tanga hunian jadi lebih aman dan nyaman. Siap membuat detail tangga terbaik untuk rumah baru kamu?

Jangan lupa lengkapi juga rumahmu dengan aneka perabotan dan furnitur dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual rak buku, rak tv, lemari pakaian, hingga tempat tidur dengan beragam model dan ukuran.

Kalau kamu ingin mengganti kasurmu yang sudah usang, Dekoruma juga jual spring bed Quantum, Dunlopillo, King Koil, dan jual kasur The Luxe, lho! Empat merek kasur tersebut sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia dan tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari di Dekoruma!