Asrama merupakan sebuah residensial komunal yang umumnya digunakan sebagai tempat tinggal satu komunitas tertentu seperti asrama murid ataupun mahasiswa yang diperuntukkan sebagai hunian sementara bagi para pelajar yang tengah menuntut ilmu.

Di berbagai belahan dunia, gedung asrama memiliki desain-desain yang sangat menarik, menghilangkan kesan dingin dan membosankan yang kerap melekat pada kehidupan di asrama. Yuk, intip berbagai desain asrama keren yang ada di berbagai penjuru dunia berikut!

Monash University Logan Hall – Australia

pinterest.com

Australia terkenal sebagai salah satu negara maju yang modern. Hal ini juga tercermin dalam salah satu desain rancangan McBride Charles Ryan, asrama dengan konsep modern dan wajah bangunan yang dinamis, namun interior yang cukup homey untuk dihuni.

Asrama Pelajar Grønneviksøren – Norwegia

archilovers.com

Asrama karya 3RW Arkitekter yang berada di Norwegia ini hadir dengan konsep yang ceria dan juga keberadaan ruang komunal terbuka yang menjadikan gedung asrama ini sangat kondusif untuk kegiatan para pelajar.

Selain ruang komunal yang nyaman, pemilihan warna untuk eksterior bangunan juga membuat tampilan bangunan ini stand out dan menarik.

Boeselburg Council and Student Housing – Jerman

archdaily.com

Konsep playful serupa juga hadir pada desain asrama rancangan Kresings GmbH yang berada di Jerman. Warna-warna berani yang kontras, serta penataan bentuk formal pada komposisi yang dinamis membuat asrama ini tak terkesan kaku.

Permainan ketinggian bangunan dan penataan asimetrik pada bentuk geometrik adalah kunci untuk menghidupkan kesan dinamis. Setiap bangunan juga memiliki ruang komunal untuk mengakomodir aktivitas outdoor.

Asrama Pelajar Lucien Cornil – Perancis

pinterest.com

Berlokasi di Perancis, bangunan rancangan A+Architecture ini hadir dengan palet warna yang berbeda dengan kedua desain asrama sebelumnya. Dengan kombinasi warna putih, cokelat, dan dilengkapi dengan sedikit sentuhan warna earthy tone lainnya serta material alami, konsep ini mampu memberikan kesan hangat pada gubahan masa bangunan dengan arsitektur minimalis dan arsitektur modern.

Asrama Embera Atrato Medio School – Kolombia

pinterest.com

Berbeda dengan bangunan-bangunan modern sebelumnya, karya Plan:b arquitectos yang berlokasi di Kolombia ini tampil lebih tradisional tanpa mengurangi nilai estetikanya. Dengan penggunaan material lokal dan juga konsep arsitektur bangunan panggung layaknya beberapa rumah adat Indonesia, asrama sekaligus sekolah ini tetap terlihat menonjol dibalik kesederhanaan desainnya.

Asrama Doorm – Portugal

pinterest.com

Asrama dengan desain modern selanjutnya bisa kamu temukan di Portugal. Asrama modern ini merupakan transformasi dari bangunan bekas pabrik kaca yang dirancang ulang oleh Luís Rebelo de Andrade.

Dengan tone warna monokrom, bangunan ini terlihat minimalis. Beberapa komponen lama bekas pabrik kaca yang tetap dipertahankan membuat desain dari asrama ini semakin menarik.

Asrama  ITRI Southern Taiwan Campus – Taiwan

archdaily.com

Desain Asrama selanjutnya yang layak kamu intip adalah karya Bio-Architecture Formosana yang berlokasi di Taiwan. Memiliki tampilan yang sangat dinamis dan menarik, nilai lebih dari bangunan ini adalah penataan lingkungan alami yang membuat bangunan ini sangat nyaman. Dengan banyak ruang terbuka hijau yang terhubung dekat dengan bangunan, kualitas dari asrama ini sangatlah baik dan nyaman.

archdaily.com

Tentunya, dalam merancang asrama, selain tampilan, kenyamanan adalah aspek utama yang diperlukan untuk mewujudkan konsep desain bangunan yang baik. Selain memberikan kenyamanan layaknya hunian, bangunan juga harus disertai fasilitas yang mampu menunjang kebutuhan khusus sesuai dengan komunitas itu sendiri, seperti ruang belajar untuk para pelajar yang menguni bangunan, hingga fasilitas-fasilitas olahraga untuk asrama atlit. Bangunan asrama mana yang jadi favoritmu?

Temukan berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual meja rias, sofa, rak dinding, kursi teras, dan lemari yang tersedia dalam beragam model serta ukuran. Dengan demikian, kamu bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur untuk menemani tidur nyenyakmu. Mulai dari kasur The Luxe, King Koil, Comforta, hingga kasur jenis spring bed, seperti spring bed Dunlopillo dan Guhdo yang tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!