Tak bisa dipungkiri, dinding merupakan elemen penting dalam hunian. Selain sebagai struktur, kehadiran dinding membantu membentuk ruang hingga menentukan interior seperti apa yang akan terbentuk dari ruangan tersebut.

Agar dapat menentukan dan merancang dinding dengan lebih tepat, simak ulasan singkat mengenai material hingga berbagai finishing yang bisa diterapkan pada elemen dinding hunianmu!

Material Dinding 

Kayu / Papan Kayu

decoist.com

Kayu, ataupun papan kayu dikenal sebagai bahan bangunan yang tradisional dan telah lama digunakan sebagai material dinding. Meskipun begitu, tidak semua kayu cocok digunakan untuk dijadikan dinding, terutama jika kayu akan memiliki kontak langsung dengan ruang luar.

Material Bata

google.com

Material dinding batu bata adalah material dinding paling konvensional saat ini. Material ini tak hanya kokoh, namun memiliki perawatan yang mudah dan daya tahan yang baik. Kini bata sendiri sudah banyak dikembangkan dalam berbagai macam produk mulai dari bata merah, bata ringan atau airated autoclave concrete.

Material Kaca

google.com

Kaca umumnya bukan jadi pilihan material dinding utama. Namun, pada sebagian bangunan, khususnya bangunan komersil, dinding dengan material kaca bukan hal yang tak lazim. Selain memberikan kesan terbuka, material kaca memberikan nuansa lebih elegan dan mewah.

Pilihan Kreasi Finishing Dinding

Setelah memilih material dinding yang pas, dinding memerlukan finishing yang pas untuk membuatnya terlihat menarik dan sesuai dengan konsep desain yang diinginkan. Berikut beberapa kreasi finishing yang bisa jadi pilihanmu.

Finishing dengan Cat

pinterest.co.uk

Cat adalah salah satu pilihan finishing paling dasar untuk dinding rumahmu. Namun, bukan berarti tak banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melihatnya tetap standout. Pemilihan warna cat rumah yang luas bisa memberikan banyak pilihan nuansa pada hunian. Untuk tampilan dinding yang lebih berani, kamu bisa memberikan pola hingga gambar mural menggunakan cat.

Wallpaper

google.com

Pilihan aman untuk membuat dinding terlihat menarik adalah dengan menggunakan wallpaper atau 

wall covering 
sebagai sentuhan akhir. Material satu ini lebih banyak diaplikasikan pada bagian dalam ruangan dan hadir dalam banyak pola, warna, dan tekstur sehingga memudahkanmu dalam memilih tampilan akhir seperti apa yang kamu inginkan pada hunian.

Batu Alam

google.com

Ingin kesan natural pada hunian? Finishing batu alam bisa jadi pilihan untuk dinding rumah. Meski umumnya digunakan untuk dinding outdoor, tak ada salahnya menggunakan batu alam untuk lengkapi tampilan interior hunianmu.

Keramik

google.com

Untuk bagian dinding ruangan yang memiliki kelembaban tinggi, material keramik dinding bisa jadi pilihan yang tepat. Selain lebih tahan terhadap air, keramik juga lebih mudah dibersihkan dan dirawat dari jamur dan kotoran.

Material Kayu

google.com

Material finishing lain yang bisa menjadi pilihan adalah kayu. Baik dengan melapisi material dasar menggunakan kayu asli maupun buatan, kamu juga bisa mencoba mengekspos material asli kayu yang memang kamu gunakan untuk dinding hunian. Untuk penggunaan material ini, pastikan beri perlindungan ekstra coating untuk menjaga daya tahannya.

Unfinished / Exposed Material

home-designing.com

Selain kayu, kamu juga bisa mengekspos material asli lainnya dari dinding mulai dari bata, beton, hingga plester bangunan. Pilihan finishing ini umumnya digunakan untuk memberikan nuansa industrial ataupun rustic pada hunian.

Itulah beberapa pilihan umum yang cukup populer untuk membangun dinding hunian impian. Banyak sekali bukan ruang untuk mengeksplorasi guna menghadirkan dinding yang paling pas untuk rumah?

Kalau kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu, Dekoruma jual kabinet dapur, sofa, lemari pakaian, laci, dan aneka furnitur lainnya. Khusus untuk kebutuhan si Kecil, Dekoruma jual meja belajar, lemari pakaian 2 pintu, dan kursi anak. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Calista, yaitu merek kotak makan terkenal dengan kualitas yang terjamin sehingga makanan akan tetap fresh dan awet. Sangat lengkap, bukan?

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Kamu bisa menemukan rumah dijual di BSD, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bekasi, dan Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!