‘Compact apartment’—barangkali inilah istilah yang tepat untuk menggambarkan desain apartemen yang berada di kota Sao Paulo, Brazil ini. Dua arsitek Juliana Matalon dan Carol Dantas dari Estúdio Ela Arquitetura berhasil merenovasi apartemen tipe studio yang hanya berukuran 35 m² menjadi sebuah hunian yang nyaman dan fungsional.

design-milk.com

Kolaborasi dua arsitek ini menerapkan siasat pintar untuk memaksimalkan luas yang terbatas sehingga kebutuhan ruangan dan storage pun terpenuhi. Dengan adanya penyekat yang berupa material kaca, apartemen ini dapat mengakomodasi kebutuhan ruang-ruang vital tanpa membuat apartemen studio terlihat penuh dan sesak.

design-milk.com

Sebagai elemen khas yang digunakan pada desain apartemen ini, kaca tak sekedar menampilkan tampilan transparan yang stylish. Saat difungsikan sebagai penyekat ruangan, efek tembus pandang yang dihasilkan justru membuat apartemen studio ini terlihat lebih luas. Dengan penggunaan elemen kaca, batas-batas antar ruangan seolah cair, namun tiap-tiap ruangan tetap saling terintergrasi satu sama lainnya.

design-milk.com

Siasat penyekat kaca ini mempertahankan konsep tata ruang terbuka (open space) yang menjadi desain bawaan apartemen studio. Agar desain terlihat berkesinambungan, material kaca juga diaplikasikan sebagai elemen pengisi ruang.

Terlihat pada ruang makan dan dapur di mana material kaca digunakan sebagai material furnitur dan dekor ruangan. Tampilan elegannya semakin sempurna saat dipadukan dengan cermin dan lampu gantung ornamental.

design-milk.com

Apartemen studio yang dihuni oleh dua orang pastinya membutuhkan ruang penyimpanan (storage) yang lebih. Untuk mengatasai permasalahan keterbatasan (storage) ini, kedua arsitek menerapkan penyusunan storage secara vertikal. Selain dengan menempatkan furnitur secara sejajar, dibuatlah lemari-lemari custom yang dipasang memaksimalkan bagian atas dinding.

design-milk.com

Desain apartemen juga dirancang untuk mefasilitasi kebutuhan kedua penghuninya yang memiliki jiwa sosial tinggi. Pasangan muda ini suka mengajak teman-temannya untuk hang out dan mengadakan pesta di apartemen mereka. Oleh sebab itu, kedua arsitek merombak bagian balkon apartemen ini dengan cara memundurkan bagian belakang apartemen sampai ke area balkon untuk membangun area santai.

design-milk.com

Jendela-jendela lebar dengan sliding door (pintu geser) dipasang agar fungsi balkon sebagai ruang terbuka tak hilang sepenuhnya. Area santai pun langsung terkena limpahan cahaya natural secara langsung. Para tamu tetap  bisa mengobrol sambil menikmati pemandangan kota Sao Paulo yang indah. Selain itu, sisa dari luas tambahan ini juga dimanfaatkan untuk laundry room dan ruang kerja.

design-milk.com

Kedua arsitek juga mempertimbangkan faktor lingkungan yang mempengaruhi kualitas ruang tinggal di apartemen ini. Iklim tropis yang menyelimuti kota Sao Paulo membuat apartemen dengan luas yang terbatas ini memerlukan bukaan yang cukup. Jendela yang lebar mempermudah udara dan pencahayaan natural masuk menyegarkan hawa ruangan.

Tak hanya membuat hubungan ruang dalam dan luar terasa lebih cair. Dengan adanya bukaan ini, pemilik apartemen juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan listrik dan pendingin ruangan.

Kamar tidur ditempatkan pada posisi yang begitu strategis mempermudah penghuni untuk mengaksesnya dari segala sisi. Dari kamar tidur, keseluruhan ruangan di apartemen dapat terlihat, cahaya natural juga masuk secara optimal, dan kesan lapang begitu terasa dengan penggunaan lemari kaca yang merefleksikan kembali pemandangan di luar ruangan.

design-milk.com

Selain elemen kaca yang tampil sebagai aksen, tiap-tiap ruangan di apartemen ini mengaplikasikan satu palet warna yang sama untuk menampilkan kontinuitas visual pada desainnya. Warna-warna netral dengan sedikit sentuhan nude merupakan palet warna yang dipilih oleh kedua arsitek untuk mendukung tampilan sleek dan modern pada desain apartemen ini.


Tertarik untuk memiliki apartemen dengan desain seperti ini? Langsung saja daftarkan dirimu di Dekoruma Home, tim design & build Dekoruma siap membantu mewujudkan rumah impianmu menjadi kenyataan.

Selain desain interior, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur esensial untuk hunianmu. Mulai dari sofa, kursi, hingga dekorasi kecil bisa kamu dapatkan. Tak hanya itu, ragam jenis kasur dari merek ternama pun tersedia. Dekoruma jual The Luxe, Comforta, dan King Koil untuk kebutuhan tidur kamu. Tunggu apa lagi? Langsung cari furnitur incaranmu di Dekoruma!