Saat ini Peraturan Daerah tentang Transportasi yang mengharuskan kepemilikan garasi rumah bagi semua warga yang memiliki mobil kembali digalakkan. Hal ini cukup membuat warga Jakarta “kebakaran jenggot”, karena saat ini masyarakat ibukota terbiasa memarkir kendaraan roda empatnya di depan rumah atau di pinggir jalan, khususnya untuk warga yang tinggal di kompleks perumahan.

Sebenarnya peraturan tersebut sudah ada sejak tahun 2014, hanya saja beberapa tahun belakangan ini peraturan tersebut diabaikan. Bukan tanpa sebab, parkir mobil dipinggir jalan memang sangat mengganggu kepentingan umum, maka sebaiknya kita punya garasi rumah sendiri untuk memarkirkan kendaraan kesayangan dengan aman.  

Untuk membangun sebuah garasi rumah, kamu perlu mengetahui beberapa konsep model garasi rumah yang beda, unik sampai garasi rumah yang terlihat elegan untuk kendaraan kesayanganmu. Cek yuk lima model garasi rumah yang bisa kamu contoh!

Garasi rumah underground

blogspot.com

Memiliki garasi rumah underground yang tidak terlihat bisa menjadi ide yang brilian. Apalagi jika kamu memiliki mobil mewah dengan harga yang cukup fantastis. Dengan memarkirnya di garasi rumah underground bisa menghindarkan kendaraanmu dari incaran pencuri.

Selain tidak terlihat, konsep garasi rumah underground juga dapat menghemat lahan. Berbeda dengan garasi rumah pada umumnya, garasi rumah underground menggunakan desain pintu otomatis yang akan membawa mobilmu menuju lahan parkir di bagian bawah tanah rumahmu.

Garasi rumah sederhana

homify.com

Jika kamu suka konsep desain yang sederhana, model garasi yang satu ini cocok untuk rumahmu. Garasi rumah bernuansa country dengan kanopi bambu dan struktur kayu. Atapnya dinaungi oleh bambu membuat ubinnya terkena pantulan sinar matahari membentuk pola tertentu yang cantik alam dan menawarkan kenyamanan. Lantainya dapat dilapisi dengan semen saja tanpa keramik.

Garasi rumah di lantai dua

freshome.com

Jika kamu punya rumah dengan konsep minimalis di daerah perbukitan atau pengunungan, terkadang ruang tamu berada di lantai dua akibat perbedaan ketinggian tanah antara jalan raya dengan rumah yang kamu tinggali.

Begitu pun halnya dengan garasi rumah yang terpaksa berada di lantai dua pada rumah minimalis dua lantai. Tapi desain garasi rumah di lantai dua ternyata terlihat lebih keren dan berbeda dari garasi rumah umumnya yang terletak di basement atau lantai dasar.

Garasi rumah halaman samping

altinkil.com

Salah satu area yang paling lazim digunakan untuk membuat garasi rumah adalah di lahan atau halaman rumah minimalis. Meski ukurannya tak terlalu lebar, lahan di samping rumah umumnya memiliki ukuran yang cukup panjang sehingga tepat untuk dijadikan sebagai garasi rumah. Jika kamu memiliki lahan tak terpakai di samping rumah, tidak ada salahnya jika kamu mendayagunakannya sebagai garasi yang keren.

Garasi rumah split level

google.com

Meski punya halam rumah yang sempit, bukan berarti kamu nggak bisa memiliki garasi rumah lho. Salah satu mengatasinya adalah dengan membangun hunian dengan. Konsep rumah split level. Konsep split level juga bisa diaplikasikan pada desain garasi rumah. 


Itulah lima konsep model garasi rumah keren dan unik yang bisa kamu coba terapkan untuk hunian kesayanganmu. Jangan takut untuk mencoba model garasi yang unik dan berbeda, ya!

Kesulitan mencari furnitur berkualitas yang tepat untuk rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja, kursi, lemari pakaian, dan aneka furnitur lainnya. Tak hanya furnitur saja, Dekoruma juga jual kasur Elite dan King Koil untuk menemani tidur nyenyakmu. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!