Ilmu feng shui diterapkan dalam banyak hal termasuk saat mendekorasi rumah. Feng shui menjadi pedoman dalam pengaturan tata ruang karena dipercaya memengaruhi energi (chi). Tak hanya dalam arsitektur, feng shui juga bisa dikaitkan dengan unsur dekorasi seperti tanaman.

Saat ini, ada banyak tanaman dekorasi yang dipercaya membawa hoki. Salah satunya adalah bambu hias yang berbentuk lucu, unik dan menggemaskan. Apakah kamu tertarik menempatkan bambu hias di rumah? Sebelum mempraktikannya, yuk simak dulu artikel Kania berikut ini!

Bambu Hias Si Pembawa Hoki

Bambu hias dikenal dengan sebutan bambu hoki atau bambusoideae dalam bahasa Latin. Memiliki bentuk menyerupai bambu berukuran mini, namun bambu hias termasuk dalam jenis Dracanea sanderiana yang masuk dalam keluarga lili. Tumbuh di daerah tropis, tanaman mini ini melambangkan kerimbunan bambu untuk memberikan kedamaian, cinta, kesehatan dan keberuntungan dalam ribuan tahun.

shutterstock.com

Di Asia, tanaman bambu hias tersedia secara berlimpah. Bambu yang mempunyai nama lain bambu rejeki ini tumbuh sangat cepat dan bisa berumur panjang karena tidak berbunga ataupun berbuah. Memiliki tampilan yang sederhana, tentunya tanaman pembawa rejeki ini bisa kamu jadikan sebagai dekorasi di dalam rumah ataupun di pekarangan rumah.

Memaksimalkan Bambu Hias dengan 5 Elemen Feng Shui

google.com

Jika kamu telah menentukan jumlah batang bambu hias di dalam sebuah pot, selanjutnya maksimalkan bambu hias dengan lima elemen alam untuk menguatkan nilai feng shui.

Di sini, bambu hias disimbolkan sebagai unsur kayu. Untuk mewakili elemen bumi, kamu bisa menambahkan batu ke dalam pot sebagai tempat bambu hias tumbuh.

Sementara itu, elemen air ditunjukkan pada air yang kamu pakai untuk menyiram bambu hias, elemen metal diwakili oleh material pada pot yang memilik unsur logam dan elemen api ditunjukkan melalui pita berwarna merah untuk diikatkan pada pot atau batang bambu hias.

Memilih Bambu Hias Berdasarkan Feng Shui

google.com

Memilih tanaman hias ini nggak bisa sembarangan. Dalam pemilihannya, bambu hias terbagi berdasarkan jumlah bambu. Jika kamu ingin memperkuat unsur kebahagiaan di rumah, kamu bisa memilih bambu hias yang terdiri dari 3 batang. Untuk menguatkan unsur kesehatan, maka bambu hias berjumlah 5 batang bisa kamu pilih.

Lain halnya jika kamu ingin menguatkan unsur kekayaan, di mana bambu hias berjumlah 8 batang dianggap sangat ideal. Sementara itu, unsur cinta disimbolkan dengan bambu hias yang terdiri dari 2 batang dan unsur keberuntungan terdiri dari 9 batang.

Tips Merawat Bambu Hias

google.com

Selain dipercaya sebagai tanaman pembawa keberuntungan, bambu hias  memberikan nilai estetis di dalam ruangan ataupun halaman rumah. Jangan lupa lakukan perawatan bambu hias secara benar sehingga awet. Lantas, bagaimana sih merawat bambu hias yang tepat?

Sirami Bambu Hias Hanya Sesekali Saja

google.com

Tanaman bambu hias tidak memerlukan banyak air. Di sini, kamu dianjurkan untuk menyiramnya sesekali saja, misalnya satu kali seminggu. Pastikan pula bahwa tinggi air hanya merendam bagian akar karena kebanyakan air justru akan merusak pertumbuhan bambu hias.

Jauhkan Bambu Hias dari Sinar Matahari Langsung

google.com

Di alam bebas, bambu hias tumbuh di tempat teduh, terlindungi dari sinar matahari atau tertutup oleh tanaman lain yang lebih tinggi. Saat ditempatkan di rumah, jauhkan bambu hias dari paparan langsung sinar matahari. Baiknya, simpan bambu hias pada kisaran suhu 18°C hingga 32°C. Kamu juga bisa menaruhnya di bawah kanopi.

Atur Batang Bambu Hias

google.com

Supaya tampilannya cantik, kamu bisa menanam bambu hias secara berjajar agar tumbuhnya berbentuk lurus. Selain itu salah satu cara merawat tanaman yang nggak boleh dilupakan adalah jangan lupa untuk membuang daun bambu hias yang ujungnya berwarna kuning atau mati karena akan merusak keindahan.

Nah, apakah kamu tertarik menempatkan bambu hias di rumah? Selain meningkatkan hoki, bambu hias memberikan kesan lebih sejuk di dalam ruangan. Selamat mendekor rumahmu dengan bambu hias!

Jangan lupa cek artikel menarik lainnya dari Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual furnitur esensial untuk mengisi hunianmu, lho! Dekoruma jual tempat tidur, meja makan, sofa, meja tv, dan lemari pakaian. Model dan ukurannya pun bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!