Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperindah tampilan rumah dan furniturnya. Di antaranya adalah menggunakan cat. Cat sendiri memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan fungsi, kualitas, dan bahan dasarnya. Salah satu jenis cat yang cukup sering digunakan adalah cat duco.

unsplash.com/@russn_fckr

Cat duco adalah jenis cat yang digunakan untuk teknik finishing dengan cara disemprotkan. Biasanya cat dan teknik yang satu ini digunakan untuk menggunakan aneka furnitur rumah dari bahan kayu seperti kursi, meja, dan lemari pakaian. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, cat duco juga mulai digunakan untuk finishing pintu, jendela, dinding, dan benda lain yang dibuat dari kayu atau besi.

Bagi kamu yang masih kurang familiar dengan cat duco, coba kenalan dulu dengannya lewat penjelasan singkat berikut ini!

1. Cara mengaplikasikan cat duco

google.com

Jika cat lainnya diaplikasikan menggunakan kuas, maka cat duco harus menggunakan alat semprot. Alat semprotnya tidak boleh yang memiliki tekanan keras atau pun terlalu pelan. Jarak yang paling tepat untuk menyemprotkan cat duco ini adalah 30 cm dari permukaan benda yang akan disemprot. Dengan demikian hasil cat akan menjadi halus dan menutup permukaan dengan sempurna.

2. Warna cat duco bisa dicampur

youtube.com

Apakah kamu merasa sebal karena tidak berhasil menemukan warna yang diinginkan di antara ratusan pilihan warna cat? Jangan khawatir karena cat duco bisa dicampur satu sama lain hingga mendapatkan warna yang kamu inginkan selama ini.

3. Hasil akhir cat duco bisa disesuaikan

google.com

Hasil akhir dari penggunaan cat duco ini bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Cat duco ini bisa dibuat mengkilap dan juga doff. Untuk hasil akhir cat duco yang mengkilap, kamu bisa memberi lapisan berupa glossy clear coat. Sedangkan untuk hasil akhir warna cat duco yang doff, kamu bisa memberi lapisan berupa doff clear coat. Sangat fleksibel, kan?

4. Bahan pembuatan cat duco

google.com

Kebanyakan cat duco dibuat menggunakan bahan nitrocellulose (NC) yang ditemukan juga pada cat khusus mobil dan mesin industri. Seiring berkembangnya zaman, saat ini ada beberapa merek cat duco yang dibuat menggunakan solvent based dan water based.

Baca Juga: 7 Ide Paduan Warna Cat Rumah Minimalis yang Bisa Dicoba

Hasil akhir dari cat duco dengan bahan water based ini tidak kalah cantik dengan hasil akhir dari cat minyak. Warna pada permukaan yang dicat akan terlihat lebih cerah dan menarik. Cat duco yang water based ini juga disebut-sebut ramah lingkungan.

5. Kelemahan yang dimiliki oleh cat duco

google.com

Di antara sekian banyak keunggulan yang dimiliki cat duco, ia tetap memiliki kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengaplikasikannya pada furnitur rumah. Pertama adalah waktu pengerjaan menggunakan cat duco membutuhkan waktu yang lebih banyak karena ada banyak proses yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pada saat menyemprotkannya juga harus berulang-ulang kali dengan tipis-tipis agar seluruh permukaan bisa tertutup dengan sempurna.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Cat Anti Karat yang Tepat?

Cat duco yang solvent based dapat memicu beragam penyakit seperti batuk, iritasi kulit, pusing, hingga kanker. Oleh karena itu, kalau kamu memiliki anak kecil pastikan untuk tidak memberikan mereka mainan yang dicat menggunakan cat duco solvent based untuk mencegah tidak ada serpihan cat yang tertelan atau terhirup oleh mereka. Selain itu, harga cat duco ini relatif mahal dibandingkan dengan cat furnitur lainnya. Tidak ada patokan harga yang khusus karena tergantung pada masing-masing produsen.

Setelah membaca pembahasan di atas, apakah sekarang kamu sudah memiliki bayangan tentang cat duco yang mampu menyempurnakan furnitur di rumah? Kalau suka dengan artikel ini jangan lupa share dan cek artikel dengan informasi menarik lainnya dari Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur yang siap melengkapi hunianmu, lho! Di antaranya adalah lemari, kasur busa, kursi, meja, tempat tidur bayi, hingga spring bed dari merek-merek ternama, seperti spring bed Alga dan King Koil.

Tak hanya sampai di situ saja, kalau kamu sedang mencari aneka peralatan masak, Dekoruma jual cetakan kue, panci, spatula, dan wajan. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!