Macam-Macam Tanaman Dalam Ruangan untuk Rumah Semakin Indah

Ingin mempercantik ruangan dalam rumah? Gampang! Tambahkan saja tanaman dalam ruangan sebagai dekorasi. Bukan cuma mempercantik dan membuat suasana menjadi asri, tanaman juga punya manfaat khusus yang bisa dinikmati seisi rumah, lho. Yuk, simak langsung 8 tanaman dalam ruangan yang cocok untuk rumahmu!

1. Tanaman Lidah Mertua

google.com

Ingin ruangan tampil asri dan segar dengan tambahan udara alami? Coba saja tanaman dalam ruangan Lidah Mertua ini. Tanaman Lidah Mertua sangat cocok sebagai tanaman dalam ruangan yang cantik karena tidak butuh banyak perawatan, cahaya, dan air.

Selain membuat tampilan ruangan menjadi cantik, tanaman ini juga bisa menyaring zat-zat oksida berbahaya, seperti karbondioksida, formalin, dan benzena. Tempatkanlah Lidah Mertua di rak display dekat TV, dalam kamar mandi, atau ruang tidur agar udara di dalam rumah lebih segar dan bersih.

2.  Spider Plant

pinterest.com

Jangan keburu takut mendengar namanya, tanaman dalam ruangan Spider Plant tampil dengan juntaian helai daun hijau yang cantik rupanya. Tanaman ini juga tergolong ke dalam tanaman yang cepat tumbuh dan tingginya bisa mencapai 60 cm.

Peran spesial dari tanaman dalam ruangan Spider Plant adalah bisa beraksi sebagai penyaring toksin di dalam rumah sekaligus memberi kesan alami di dalam ruangan. Selain itu, Spider Plant juga mampu menyerap zat-zat kimia yang dihasilkan oleh kulit dan karet. Tanaman dalam ruangan Spider Plant cocoknya digantung di pot kecil yang sudah dilubangi supaya bisa tumbuh dengan baik.

3. Tanaman Pachira (Money Plant)

pinterest.com

Jenis tanaman hias yang satu ini banyak digandrungi sebagai tanaman dalam ruangan yang bisa memberikan nilai feng shui rumah baik, terutama menyangkut peruntungan finansial sehingga sering disebut Money Plant. Tak hanya itu, tanaman dalam ruangan ini bekerja memproduksi oksigen pada malam hari sehingga ruangan rumahmu akan jadi lebih sejuk dan segar.

Tanaman Pachira atau Money Plant juga sangat mudah perawatannya. Cukup disiram setiap minggu, tanaman Pachira akan tumbuh agak miring dengan warna hijau terang. Variasi vas seperti botol kecil, mason jar, hingga kontainer bekas lainnya menjadikan tanaman dalam ruangan ini semakin cantik.

4.  Bunga Peace Lily

pinterest.com

Untuk yang suka dengan tanaman dalam ruangan berupa bunga, boleh mencoba Peace Lily yang seindah namanya. Tanpa membutuhkan banyak sinar matahari langsung, tanaman dalam ruangan ini bisa mekar dengan daun hijau yang berukuran agak besar dan kelopak putih yang cantik.

Tak hanya cantik saja, tanaman dalam ruangan yang juga dipercaya sebagai tanaman pembawa hoki ini memiliki kemampuan untuk menyerap zat kimia beracun di dalam ruangan, lho! Zat beracun yang bisa diserap Peace  Lily, seperti senyawa kimia pada cat dinding rumah atau pada beberapa peralatan rumah tangga.

5. Palem Kuning

pinterest.com

Palem kuning memiliki ciri pelepah daun yang panjang dan menutupi bagian batang yang beruas. Sebagai tanaman dalam ruangan, palem kuning memunculkan nuansa tropis yang santai, tapi tetap enak dipandang. Kamu bisa menempatkannya di ruang tamu, persisnya di sebelah

sofa bed
atau kursi goyang.

Tanpa butuh banyak asupan sinar matahari langsung, kamu cukup rajin memberinya pupuk supaya daunnya senantiasa rindang. Pilih juga pupuk organik supaya kemampuannya sebagai penyerap udara buruk di ruangan semakin maksimal. Jangan lupa untuk memberikn air secara berkala, ya karena tanaman dalam ruangan ini tumbuh subur di tempat yang lembap.

6. Tanaman Hias Philodendron

pinterest.com

Tanaman dalam ruangan yang bernama Philodendron ini memunculkan kesan elegan dengan detil yang memesona. Daunnya tumbuh berbentuk hati dengan helaian yang terpisah warna hijau memikat. Philodendron dapat bertumbuh dalam kondisi intensitas cahaya yang rendah.

Tanpa butuh banyak perawatan, tanaman ini cocoknya diletakkan di sudut interior ruang keluarga karena kurang sesuai untuk anak kecil dan hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan, tanaman Philodendron mengandung kristal kalsium oksalat yang cukup berisiko bagi kesehatan jika terkonsumsi. Meskipun demikian, tanaman dalam ruangan ini tetap mampu memurnikan udara di dalam rumahmu.

7. Asparagus Fern

pinterest.com

Aksen dekoratif dari Asparagus Fern menjadikannya tanaman dalam ruangan yang unik dan menarik. Tanaman ini paling ideal ditanam dalam bentuk pot gantung atau dekorasi vas bunga supaya tidak mudah dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Posisi gantung pun akan semakin memaksimalkan estetikanya sebagai tanaman dalam rumah.

Selain untuk dekorasi ruangan, tanaman dalam rumah ini juga mampu melenyapkan senyawa formalin yang biasanya terkandung dalam perabotan rumah yang terbuat dari kayu, seperti tempat tidur atau lemari pakaian. Oleh karena itu, tanaman dalam ruangan Asparagus Fern sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak furnitur atau  perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan kayu.

8. Lidah Buaya

pinterest.com

Ini dia lidah buaya, tanaman sejuta umat yang paling disukai, baik sebagai tanaman kebun ataupun tanaman dalam ruangan. Tanaman yang juga termasuk salah satu jenis sukulen ini sendiri sudah tenar sebagai superfood yang kaya akan mineral dan vitamin.

Tak hanya terkenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk kecantikan, tanaman dalam ruangan lidah buaya ini juga terkenal bermanfaat untuk menghancurkan senyawa benzena yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Senyawa benzena itu sendiri biasanya terkandung di dalam cat dinding rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman lidah buaya ini di atas meja kerja atau meja belajar agar pikiran lebih fresh.


Apa kamu sudah memutuskan jenis tanaman dalam ruangan apa yang akan kamu taruh di rumah? Lengkapi juga hunianmu dengan aneka perabotan dari Dekoruma! Dekoruma jual furnitur dan dekorasi dengan beragam model dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Dekoruma juga jual kasur dari merek-merek terkenal untuk menemani tidur nyenyakmu, seperti merek Airland, King Koil, Lady Americana, dan Comforta.

Tak hanya perabotan saja, kalau kamu sedang mencari properti baru untuk dijadikan tempat tinggal ataupun sarana investasi, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Melalui DekorumaHouse kamu bisa menemukan rumah dan apartemen dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari hunian impianmu di Dekoruma!