Banyak yang mungkin mengira bahwa merangkai bunga hanya bisa dilakukan oleh para profesional saja. Padahal cara merangkai bunga dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan mempelajari prinsip-prinsipnya dengan baik, termasuk kamu yang belum pernah sama sekali mencobanya.

shutterstock.com

Selain itu, banyak juga manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila mempelajari cara merangkai bunga sendiri. Kamu bisa membuat rangkaian bunga sesuai dengan keinginanmu, dan sedikit berhemat karena nggak lagi bergantung dengan jasa perangkai bunga. Kamu juga bisa menghias rumah dengan rangkaian bunga jika sewaktu-waktu ada acara khusus, misalnya sebagai dekorasi ulang tahun.

Untuk membantu kamu mempelajari cara merangkai bunga, Kania akan menjelaskan langkah-langkah pengerjaannya dengan sedikit tips n trick agar cara merangkai bunga lebih mudah dilakukan.

1. Tentukan Konsep Rangkaian Bunga

shutterstock.com

Langkah pertama dari cara merangkai bunga adalah menentukan konsep rangkaian bunga yang akan dibuat. Konsep rangkaian bunga biasanya disesuaikan dengan acara yang akan diadakan. Apakah rangkaian bunga akan ditempatkan pada acara formal—seperti dekorasi pernikahan—ataupun informal. Tahap cara merangkai bunga ini akan menentukan jenis bunga apa yang akan kamu pilih nantinya.

2. Pilih Kombinasi Jenis Bunga

shutterstock.com

Tahap selanjutnya dari cara merangkai bunga adalah memilih kombinasi bunga yang akan digunakan. Pilihlah minimun tiga bunga dengan jenis yang berbeda. Pilih satu jenis bunga yang berukuran lebih besar untuk ditempatkan di bagian tengah rangkaian. Warna bunga yang ditempatkan ditengah juga sebaiknya lebih menonjol dibandingkan ke dua bunga lainnya.

Jenis bunga juga mempengaruhi volume rangkaian bunga. Kombinasi beberapa bunga dengan dimensi yang lebar akan menghasilkan rangkaian bunga yang lebih bervolume. Sebaliknya, jika ingin rangkaian bunga terlihat minimalis dan simpel pilih bunga yang berukuran lebih ramping.

3. Sesuaikan Perpaduan Warna Bunga dengan Tema yang Kamu Inginkan

shutterstock.com

Untuk membantumu memilih jenis bunga apa yang tepat, lakukanlah tahapan cara merangkai bunga berikut ini. Sesuaikanlah warna bunga yang kamu pilih dengan tema acara.

Sebagai dekorasi pelaminan, bunga dengan warna-warna yang elegan dan kalem cocok untuk acara di malam hari. Sementara bunga yang lebih terang lebih pas ditempatkan untuk menceriakan acara di siang hari. Begitupun dengan rangkaian bunga yang digunakan sebagai dekorasi sehari-hari, sesuaikan perpaduan warnanya dengan gaya atau tema desain interior ruangan.

4. Pilih Vas yang Akan Digunakan

shutterstock.com

Sama seperti dengan tahapan cara merangkai bunga lainnya, pemilihan vas bunga bergantung dengan kesan apa yang ingin kamu hadirkan nantinya. Artinya tetap harus disesuaikan dengan tema yang kamu tentukan di awal.

Vas bunga dari kaca dapat menampilkan kesan elegan yang klasik, namun juga pas untuk digunakan pada acara-acara informal karena di satu sisi vas kaca juga menampilkan kesan kasual yang chic. Jika rangkaian bunga akan digunakan sebagai centerpiece dari dekorasi yang dipajang di atas meja atau rak, tempatkan rangkaian di dalam vas keramik.

Jangan ragu untuk bersksperimen pada tahap cara merangkai bunga ini. Beri sentuhan personal dengan menggunakan vas yang kamu kreasikan sendiri.

5. Potong Tangkai Bunga Sesuaikan dengan Ketinggian Vas

shutterstock.com

Tahapan cara merangkai bunga selanjutnya adalah merapikan bunga dengan memotong daun dan duri yang terdapat di tangkainya. Setelahnya, potong tangkai bunga sesuai dengan susunan yang diinginkan.

Biasanya setiap tangkai bunga dipotong dengan variasi yang berbeda-beda dan yang terpenting tidak kurang dari tinggi vas. Untuk menghindari kesalahan pada cara merangkai bunga di tahap ini, letakkan tangkai bunga sejajar dengan vas bunga pada saat kamu memotongnya.

6. Tata Bunga di Dalam Vas

shutterstock.com

Bunga-bunga yang telah rapi terpotong, kini siap dirangkai. Cara merangkai bunga akan lebih mudah saat bunga yang berukuran paling besar di tempatkan di tengah dan bunga yang berukuran lebih rendah mengikuti di pinggir-pinggirnya.

Sebelum rangkaian bunga di masukan ke dalam vas untuk menjaganya tetap rapi ikat rangkaian bunga dengan kawat atau lem kertas. Cara lain yang bisa kamu lakukan agar bunga tetap tertata rapi adalah dengan menempatkan busa di bagian bawahnya agar tangkai bunga dapat berdiri tegak. Tapi, cara merangkai bunga dengan busa ini akan merusak tampilan jika kamu menggunakan vas kaca.

7. Segarkan dengan Air dan Tambahan Aksesoris

shutterstock.com

Saat merangkai bunga kamu bisa memadukannya dengan beberapa aksesoris seperti tumbuhan pakis dan baby’s breath. Cara merangkai bunga juga memperhatikan di mana vas bunga akan diletakkan. Maka dari itu, atur ketinggian dan arah penataan bunga sehingga terlihat simetri dan indah dipandang dari sudut mana pun. Tambahkan air bersih juga ke dalam vas agar rangkaian bunga selalu terlihat segar.

Gimana, nggak susah kan cara merangkai bunga di atas? Sekarang, apakah kamu sudah siap membuat rangkaian bunga yang cantik dan menawan?

Temukan ragam furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Mulai dari sofa minimalis, rak sepatu, meja makan, kursi teras, hingga tempat tidur, semuanya ada. Bahkan, selain furnitur, Dekoruma juga jual hiasan gantung, peralatan masak, hingga perlengkapan laundry, lho!

Nah, buat kamu yang sedang mencari properti hunian untuk dijadikan tempat tinggal atau sarana investasi, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Depok, apartemen dijual di Jakarta Barat, atau rumah baru di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan properti impianmu di Dekoruma!