Setiap orang pasti memiliki sebuah mimpi untuk membuat rumah impian mereka. Entah itu rumah yang mewah maupun yang sederhana nan elegan. Sekarang kita berada di pertengahan tahun 2018.

Seperti layaknya perkembangan fesyen, seiring bergantinya tahun hunian-hunian yang dibangun juga mengikuti perkembangan zaman, begitu pula dari tren bentuk rumah dan dekorasinya. Seperti apapun rumah yang akan dibangun, hal terpenting yang perlu diingat adalah kenyamanan dan bentuk rumah yang sedap dipandang. Lalu seperti apa bentuk rumah yang jadi tren di 2018 ini? Cek selengkapnya di bawah ini ya!

1. Bentuk Rumah Self-Patterned

dezeen.com

Beda dan memiliki tampilan yang mudah diingat adalah faktor di garis terdepan mengenai rumah yang mengikuti perkembangan zaman. Bentuk rumah yang didesain dengan pola yang unik sesuai keinginan merupakan bentuk rumah yang jadi tren di 2018.  Umumnya self-patterned diterapkan pada interior rumah, namun kini diperluas lagi hingga eksterior rumah juga perlu disesuaikan dengan desain self-patterned.

Bentuk rumah ini tergolong minimalis dan tidak seperti bentuk rumah pada umumnya. Cokelat sebagai warna yang melingkupi rumah ini benar-benar memanjakan mata juga penggunaan atap spandek yang menunjukkan betapa rumah ini merupakan salah satu bentuk rumah yang tren di 2018.

2. Bentuk Rumah Minimalis Satu Lantai

curbed.com

Luas wilayah yang dimiliki memang menjadi penentu bentuk rumah. Namun hal ini tidak lagi menjadi hambatan yang serius karena di 2018 ini bentuk rumah yang tren adalah rumah minimalis satu lantai. Meskipun tidak memiliki lahan yang terlalu luas, namun jika seluruh elemen rumah dapat berpadu fungsional, kenapa tidak?

3. Bentuk Rumah Minimalis Dua Lantai

pinterest.com

Selain bentuk rumah minimalis satu lantai, penggunaan lantai tambahan juga tidak kalah ngetren dibanding bentuk rumah minimalis satu lantai. Kesan modern dan fungsionalitas sangat identik dengan bentuk rumah minimalis dua lantai. Namun yang perlu diingat adalah tata letak furnitur dan properti yang ada di rumah. Bagian tangga juga harus dibuat serasi dengan tema rumah.

4. Bentuk Rumah Panggung Kayu Minimalis

pinterest.com

Desain dan bentuk rumah kayu sebenarnya tidak sepopuler model rumah minimalis lainnya. Namun sebenarnya kita tidak bisa bilang bahwa peminatnya sedikit. Mungkin dulu bentuk rumah kayu memiliki kesan yang kuno dan tradisional, tetapi untuk saat ini bentuk rumah kayu telah tidak jauh dari standar tren, begitu juga bentuk rumah kayu panggung minimalis.

Justru dengan penggunaan elemen kayu, penataan panel-panel kayunya jauh lebih teliti dan menciptakan kesan hangat dan mewah. Selain itu, finishing pada rumah kayu ini lebih dimaksimalkan dengan penggunaan cat khusus tanpa menyingkirkan keeksotisan dari kayu itu sendiri.

5.Bentuk Rumah dengan Full-Height Window 

contemporist.com

Bentuk rumah yang ngetren di 2018 selanjutnya adalah bentuk rumah yang menggunakan full-height window di hampir seluruh bagian fasad rumah. Penggunaan kaca bening yang berukuran besar membuat kesan pada sebuah hunian megah dan luas. Sekaligus dengan itu juga akan terkesan simple dan stylish.

6. Bentuk Rumah Geometris

homedit.com

Bentuk rumah geometris menonjolkan bentuk kubus atau bentuk geometris lain seperti trapesium yang tidak biasa digunakan pada bentuk rumah konvensional. Kesan desain futuristik yang ditampilkan juga membuat bentuk rumah yang satu ini diprediksi bakal yang paling futuristik pada tren rumah 2018.

7.  Bentuk Rumah Pola Garis

pinterest.com

Pola garis pada sebuah desain bentuk rumah dapat mempercantik tampilan namun tidak memberi kesan yang rumit. Biasanya pola garis ini diterapkan pada shading jendela, kanopi, railing tangga, dekorasi dinding eksterior, bahkan pagar rumah. Materialnya bisa berupa beton, bata merah dengan finishing cat, alumunium, dan material lainnya.

Setelah membaca artikel di atas, apa kamu menemukan rumah idamanmu? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma! Dekoruma menyediakan jasa desain rumah dengan harga yang jujur. Selain itu, Dekoruma juga menjual aneka jenis kasur dari merek-merek ternama untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur The Luxe, King Koil, Alga, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Segera cek laman Dekoruma!