Kini arsitek rumah minimalis tengah populer, namun arsitektur rumah minimalis sudah ada dan berkembang sejak dulu. Hadir sebagai anomali di tengah perkembangan industri awal 1900-an, arsitek rumah minimalis membawa gaya desain ini menjadi mainstream, bahkan digemari hingga saat ini.

Kenali lebih dekat arsitektur minimalis melalui tokoh arsitek rumah minimalis dunia beserta karyanya berikut, yuk!

Peter Zumthor

archdaily.com

Arsitek rumah minimalis pertama adalah Peter Zumthor. Arsitek rumah minimalis asal Swiss ini memenangkan banyak penghargaan seperti 2009 Pritzker Prize dan 2013 RIBA Royal Gold Medal.

Pada 1968, arsitek rumah minimalis ini bergabung “Department for the Preservation of Monuments of the canton of Graubünden” dan banyak melakukan restorasi arsitektur bersejarah.

Karyanya yang terkenal antara lain 1983 House Räth (Swiss), Kunsthaus Bregenz (Austria), dan Villa in Küsnacht (Swiss)

John Pawson

jeannouvel.com

John Pawson adalah arsitek rumah minimalis asal Inggris yang memenangkan banyak penghargaan seperti Blueprint Architect of the Year pada 2005 hingga Designer of the Year pada 2014 dari German Design Council. Arsitek rumah minimalis ini berfokus pada pendekatan permasalahan ruang dalam desain, proporsi, pencahayaan, serta material.

Karya arsitek rumah minimalis Inggris antara lain, New Wardour Castle Apartments, Hotel Puerta America (Madrid), dan Medina House (Tunis).

Tadao Ando

google.com

Tadao Ando awalnya mempelajari arsitektur secara mandiri. Arsitek rumah minimalis asal Jepang ini mengikuti kelas menggambar di malam hari, mengikuti kursus interior hingga mengunjungi karya arsitek dunia seperti Le Corbusier, Frank Lloyd Wright, hingga Louis Kahn.

Kini arsitek rumah minimalis ini telah memiliki studio desain di Osaka dan berhasil menelurkan karya yang dikagumi hingga berhasil memenangkan Pritzker Prize pada 1995.

Beberapa karya Tadao Ando mencakup Tomishima House, Osaka (1973), Uno House (Kyoto), Chicu Art Museum (Kagawa), dan Langen Foundation (Jerman).

Álvaro Siza Vieira

pinterest.com

Álvaro Joaquim de Melo Siza Vieira terkenal di dunia sebagai  Alvaro Siza, arsitek rumah minimalis yang juga merupakan pemenang Pritzker Award pada 1992. Ia kini juga aktif memulai dan mengkoordinasi restorasi bangunan-bangunan kebudayaan bersejarah di Cidade Velha, Santiago.

Karya dari arsitek rumah minimalis asal Portugal yang mendunia antara lain Riverside Art Gallery (Portugal), Casa Tóló (Portugal), dan Tower 611 west 56th street (New York).

Claudio Silvestrin

telegraph.co.uk

Arsitek rumah minimalis dunia selanjutnya adalah Claudio Silvestrin, arsitek Italia berkewarganegaraan Inggris. Disebut-sebut sebagai master dari konsep arsitektur minimalis dan arsitektur kontemporer, Silverstrin banyak dikagumi tokoh-tokoh dunia baik dari dunia arsitektur maupun seni seperti Giorgio Armani dan Kanye West.

Beberapa karya arsitek rumah minimalis ini antara lain Villa Neuendorf (Spanyol), Loft Kanye West (New York), dan Rocca Sinibalda Castle (Italia).

Alberto Campo Baeza

archdaily.com

Tak hanya aktif di dunia profesional, tokoh arsitek rumah minimalis selanjutnya juga aktif secara akademis sebagai Head Professor of Design di School of Architecture of Madrid ETSAM sejak 1986.

Alberto Campo Baeza memiliki karya dan gagasan yang mendunia dan kerap disorot baik melalui penghargaan-penghargaan bergengsi hingga publikasi majalah dan buku.

Karya dari arsitek rumah minimalis asal Spanyol ini beragam mulai dari Rumah Turégano dan de Blas (Madrid), Olnick Spanu House (New York), Bank Caja de Granada dan Museum of Memory of Andalucia (Granada), dan beberapa gedung pemerintahan.

Antoine Predock

flickr.com

Arsitek rumah minimalis terakhir adalah Antoine Predock asal Amerika yang berbasis di New Mexico. Arsitek rumah minimalis ini mulai disorot dunia melalui karyanya La Luz Community di New Mexico. Sejak itu ia mulai memenangkan penghargaan di bidang arsitektur dan desain.

Karya lainnya dari arsitek rumah minimalis ini antara lain Turtle Creek House (Texas), Tang Teaching Museum and Art Gallery, Skidmore College, dan juga Canadian Museum for Human Rights (Manitoba).


Itulah ketujuh tokoh arsitek rumah minimalis yang hingga kini masih berkontribusi di dunia arsitektur dan juga menjadi referensi dari arsitek rumah minimalis lainnya. Arsitek rumah minimalis mana yang jadi favoritmu?

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual meja belajar, rak tv, sofa, dan kursi panjang. Model dan ukurannya pun ada banyak sehingga bisa kamu pilih sesuai selera.

Tak hanya furnitur saja, ada juga berbagai jenis kasur dari merek-merek terkenal untuk menemani tidur nyenyakmu, seperti spring bed Serta, King Koil, Alga, dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua produk keperluan rumahmu di Dekoruma!