Megah dan kokoh, kesan pertama yang didapat saat melihat gedung tertinggi di dunia. Gedung tinggi diklaim mewakili simbol modernitas, saat ini tersebar di banyak negara dan dibangun menggunakan teknologi canggih dan material terbaik untuk meningkatkan kekuatan konstruksi.

Berbagai gedung tertinggi di dunia difungsikan untuk berbagai keperluan, mulai untuk perkantoran, hotel hingga sarana wisata. Sebagai inspirasi, kali ini Kania akan mengajak kamu untuk mengintip megahnya 7 gedung tertinggi di dunia. Yuk, simak selengkapnya!

Makkah Royal Clock Tower

google.com

Terletak di Mekah, salah satu arsitektur Islam terindah ini memberikan suasana modern di jantung kota suci umat Islam. Makkah Royal Clock Tower memiliki tinggi 601 meter dan turut dijadikan akomodasi umat muslim saat menjalankan ibadah haji karena lokasinya yang sangat berdekatan dengan Masjidil Haram. Tak hanya menjadi gedung tertinggi di dunia, Makkah Royal Clock Tower juga disebut sebagai menara jam terbesar di dunia mengalahkan Big Ben di London.

Burj Khalifa

Dibuka pada tahun 2010, Burj Khalifa menjadi gedung tertinggi di dunia dengan bangunan mencapai 826 meter. Menjadi ikon bangunan mewah nomor satu di dunia, Burj Khalifa terdiri dari 160 lantai dengan 304 unit hotel dan 900 unit apartemen, berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Dibuat pada struktur bebas tanpa penyangga, gedung tertinggi di dunia ini juga dilengkapi elevator tercepat hingga 60 km/jam untuk memudahkan akses semua pengunjung.

Shanghai Tower

arch2o.com

Memiliki tinggi 632 meter, Shanghai Tower dibuka pertama kali pada tahun 2015 dan dibangun oleh arsitek Jun Xia dan Marshall Strabala. Gedung tertinggi di dunia ini terdiri dari 121 lantai dengan berbagai fungsi, mulai dari pertokoan, perkantoran, restoran, tempat rekreasi, museum, hingga sky lobby. Memiliki desain unik dengan fasad yang dibuat spiral dan melengkung, Shanghai Tower berlokasi di antara Shanghai World Financial Center dan Jin Mao Tower.

Ping An Finance Center

google.com

Masih dari Asia, gedung tertinggi di dunia lainnya adalah Ping An Finance Center yang terletak di Distrik Futian, Shenzhen, Tiongkok. Memiliki tinggi mencapai 599 meter, bangunan ini menghubungkan kawasan properti komersil dan residensial, termasuk koridor rel dengan kecepatan ekstra tinggi bernama Pearl River Delta. Mulai dibangun pada tahun 2010 hingga 2017, Ping An Finance Center juga terdiri dari 115 lantai yang didukung dengan 80 lift untuk mengakomodir para pengunjung.

Lotte World Center

google.com

Jika kebanyakan gedung tertinggi di dunia mengadopsi rancangan dengan desain futuristik, Lotte World Center menampilkan aksen tradisional Korea. Melalui tinggi bangunan mencapai 554,5 meter, gedung ini berdiri sangat kokoh dan menonjol diantara bangunan di sekitarnya.

Pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2017, gedung tertinggi di dunia ini memiliki banyak fasilitas, mulai dari perkantoran, ritel, hotel bintang tujuh, bahkan officetel berupa akomodasi apartemen studio yang dijadikan tempat tinggal untuk para pekerja di Lotte World Center.

One World Trade Center

google.com

Selesai dibangun pada tahun 2015, One World Trade Center menjadi ikon baru Amerika Serikat dengan desain unik bergaya heksagonal. Memiliki tinggi mencapai 541 meter, bangunan ini didirikan diatas lahan World Trade Center yang hancur pada tragedi tahun 2001. Sementara itu, penamaan awal gedung tertinggi di dunia ini adalah Freedom Tower, namun berubah menjadi One World Trade Center karena lebih mudah diingat orang-orang.

International Commerce Centre

google.com

Berlokasi di Hong Kong, International Commerce Centre memiliki tinggi 484 meter. Terdiri dari 108 lantai dengan dukungan lift mencapai 30 unit, gedung ini juga menawarkan view yang sangat menakjubkan karena berhadapan dengan Pelabuhan Victoria. Tak sekadar megah, International Commerce Centre juga menawarkan sensasi dramatis karena fasad pada bangunan difungsikan untuk pertunjukan musik dan cahaya yang dilakukan setiap malam.


Selain inspiratif, 7 gedung tertinggi di dunia diatas menjadi simbol dari majunya peradaban modern. Lantas, apakah kamu pernah mengunjungi salah satunya?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual rak gantung, meja makan, sofa, dan lemari dengan model serta ukuran yang beragam.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Kedaung, yaitu merek peralatan dapur terkenal yang sudah menjadi produk terpercaya masyarakat Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!