Sebagai tanaman hias, tanaman puring memiliki segalanya. Tanaman puring memiliki warna daun yang pekat dan penuh corak. Selain cantik, daunnya juga tumbuh lebat sehingga menghadirkan kesan asri yang menyejukkan. Terlebih perawatannya pun terbilang mudah. Tidak heran, kalau banyak yang menggunakan tanaman hias daun ini sebagai tanaman hias. Tanaman yang memiliki nama spesies Codiaeum variegatum ini juga merupakan tanaman herbal yang dapat menyembuhkan beragam penyakit. Tanaman puring memang bukan tanaman hias biasa.

Ingin mengetahui lebh jauh mengenai fakta-fakta menarik seputar tanaman puring? Mari simak penjelasan Kania berikut ini!

Daun tanaman puring menampilkan warna yang indah

pinterest.com

Tanaman puring dikenal dengan warna daunnya yang memikat. Tidak hanya terdiri dari satu warna, daun tanaman puring memperlihatkan perpaduan beberapa warna yang dinamis. Hal ini menjadi karakter khas dari tanaman puring, daunnya memiliki warna dasar yang dihiasi dengan corak yang memiliki warna berbeda di bagian tengah.

Umumnya urat-urat yang terdapat pada daun tanaman puring memancarkan warna-warna yang lebih cerah daripada warna di pinggir-pinggir daun. Variasi warnanya begitu beragam mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu serta campuran dari warna-warna ini. Semakin bertambah tua umurnya, warna daun tanaman hias ini berubah semakin pekat.

Selain warnanya, daun tanaman puring memiliki bentuk yang beragam

plantrescue.com

Terdapat beragam jenis tanaman puring. Selain dari warna, bentuk daun yang khas juga menentukan varietas dari tanaman puring, mulai dari bentuk yang memanjang, oval, bergelombang, sampai yang helai-helainya terpisah.

Beberapa jenis tamanan yang termasuk tanaman obat herbal yang populer dan memiliki karakter unik, di antaranya adalah jenis Spirale dengan daun hijau yang mengeriting, Andreanum dengan daun berbentuk oval yang terisi urat-urat berwarna kuning emas, atau Majesticum yang memiliki daun yang panjangnya mencapai 25 cm.

Tanaman hias di wilayah tropis

plantant.com

Tanaman puring berasal dari kawasan tropis. Kultivarnya tersebar di Asia Tenggara sampai Asia Pasifik, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Australia. Sebagai tanaman tropis, tanaman puring memerlukan pencahayaan alami yang cukup untuk tetap hidup. Oleh karenanya, tanaman puring sebaiknya ditempatkan di luar rumah.

Penurunan kualitas cahaya dapat menyebabkan daun-daun tanaman puring merontok. Sebaliknya, semakin banyak cahaya yang terserap oleh tanaman puring semakin pekat warna-warna yang ditampilkannya. Untuk kamu yang tinggal di daerah dengan suhu yang cenderung dingin dan tidak banyak mendapat ekspos matahari, kamu bisa menanam tanaman puring di dalam rumah kaca atau greenhouse.

Tidak memerlukan perawatan yang intensif

ustgreenhouse.com

Dalam merawat tanaman ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain pada tempat yang mendapatakan paparan sinar matahari yang cukup, tanaman puring juga perlu ditempatkan di area yang lembap. Faktor ini sering diabaikan sehingga membuat daun-daun dari tanaman puring layu dan mengering. Untuk membuatnya tumbuh sehat dalam kondisi lembab, tidak lain adalah dengan menyiraminya secara rutin.Tanaman puring dapat diperbanyak secara efektif dengan cara setek batang.

Tanaman puring memiliki sejuta manfaat

pinterest.com

Kelebihan tanaman puring tidak hanya terlihat dari tampilannya saja. Tanaman puring ternyata juga kaya akan manfaat kesehatan. Kandungan alkaloids, flavonoid, dan saponins yang dimiliki daun tanaman puring membuatnya dapat digunakan sebagai tanaman herbal. Sejumlah gangguan kesehatan, seperti kesulitan buang air besar, diare, demam, dan penyakit sifilis dapat disembuhkan oleh tanaman puring.

Tanaman puring juga mengandung toksin yang merugikan

pinterest.com

Namun, beberapa bagian dari tanaman puring juga mengandung racun yang berbahaya apabila tertelan oleh anak-anak atau pun hewan peliharaan. Baik akar, batang, dan daun tanaman puring mengandung deoxy ingenol, racun yang dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan terasa terbakar. Getah tanaman hias beracun ini juga bisa menimbulkan eksema atau iritasi pada kulit.

Setelah mengenal tanaman puring lebih jauh, apakah kamu tertarik untuk menanamnya di rumah? Hati-hati dengan kandungan racunnya, ya!

Ingin mengganti furnitur di rumahmu dengan yang baru? Kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak sepatu, meja belajar, meja tv, lemari pakaian, dan kasur. Untuk kasur, Dekoruma jual kasur King Koil, The Luxe, dan Guhdo.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan kitchen set untuk dapurmu. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!