Seringkali dinding yang dicat hanya dengan satu warna terlihat begitu monoton dan membosankan. Namun, mengecat ulang dinding bukanlah jalan satu-satunya untuk mengubah tampilan ruangan di tempat tinggalmu. Apalagi untuk sebagian dari kamu yang tinggal di kontrakan atau nge-kos, pasti sering mendapati larangan untuk mengecat ulang dinding.

Apakah kamu ingin merenovasi rumah ataupun menghias kamar kos, kamu nggak perlu khawatir. Jangan biarkan hal tersebut menghalangi kreatifitasmu karena begitu banyak ragam hiasan dinding yang bisa kamu manfaatkan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghias dinding tempat tinggalmu tanpa perlu mengecatnya.

1. Pasang Wallpaper Sebagian

terracottadesign.com

Menutup keseluruhan dinding dengan wallpaper terkadang bisa membuat ruangan terasa sumpek dan penuh. Ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan jika ingin menggunakan wallpaper atau wall panel sebagai hiasan dinding.

Pertama, kamu bisa memasangnya pada salah satu sisi dinding saja, pilihlah motif yang senada dengan warna cat dinding. Kedua, wallpaper bisa kamu bingkai ke dalam beberapa frame dan kamu jadikan hiasan dinding. Tempatkan hiasan dinding dari wallpaper ini sebagai focal point ruangan.

2. Semakin Nyata dengan Mural Tempel

hgtv.com

Mural memang bisa membuat dinding tampil lebih atraktif. Ruangan pun terasa lebih hidup dengan adanya hiasan dinding ini. Namun, membuat gambar mural jelas nggak mudah karena setidaknya kamu harus sedikit terampil dalam melukis untuk mendapatkan hasil yang baik. Sekalipun menggunakan jasa pemural profesional pastinya biayanya sangat mahal.

Sekarang ini, sudah ada mural-mural yang siap tempel, seperti mural sticker ataupun terbuat dari vinyl. Mural-mural ini begitu praktis digunakan dan pastinya hasil yang ditampilkannya begitu nyata.

3. Kesan Industrialis dengan Dinding Ekspos

teenvogue.com

Ingin menghadirkan kesan industrialis ke dalam ruangan? Coba biarkan dinding tampil polos tanpa cat untuk memperlihatkan efek unfinished look. Cara lain yang lebih ekstrim yang bisa kamu terapkan adalah dengan membiarkan batu bata ekspos yang menyusun tembok tampil terbuka. Biarkan material-material ini terekspos agar kesan industrialis terasa semakin kuat.

4. Padukan Dua Material Berbeda

laurenrubinarchitecture.com

Nggak hanya pernik dekorasi yang bisa kamu gunakan untuk menghias dinding. Jika kamu ingin sedikit berkeksperimen, perpaduan material juga bisa kamu terapkan pada dinding ruangan. Seperti halnya bata ekspos dan kayu yang dipasang bersamaan pada dinding dapur ini.

Kedua material dinding juga membaur dengan beberapa material lainnya, seperti stainless steel dan kaca yang dipasang pada backsplash dapur dan island bar, guna melengkapi permainan material yang ditampilkan.

5. Permainan Tekstur di Dinding

terracottadesign.com

Untuk warna cat tembok rumah yang cerah, sebenarnya kamu hanya perlu menambahkan beberapa pernik dekorasi saja untuk membuatnya tampil lebih menarik. Dalam memilih pernik dekorasi sesuaikan dengan konsep yang ingin ditampilkan.

Pada dinding berwarna lavender ini misalnya, kesan manis dibuat lebih meriah dengan memasang dekorasi bertekstur bulu. Cocok untuk menghadirkan welcome gesture yang menyenangkan di interior ruang tamu.

6. Wall Art Buatan Sendiri

michelleedgemont.com

Jika ingin ruangan terasa lebih personal, kamu bisa menghias area dinding dengan menggunakan barang buatan kamu sendiri. Salah satu pernik dekorasi yang bisa kamu buat adalah wall art.

Nggak perlu jago melukis untuk bisa membuat wall art atau sign, tampilan yang simpel namun eksperimental justru membuat hiasan dinding ini semakin terlihat unik. Buatlah pola-pola geometris sederhana dan warnai dengan kombinasi warna yang dinamis.

7. Rak Storage Pengisi Dinding Polos

clarkrichardson.com

Menghias dinding ternyata bisa menjadi siasat kebutuhan ruang penyimpanan. Rak storage dapat menjadi aksen pada dinding yang polos sekaligus dapat difungsikan sewaktu-waktu jika membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih.

Cara ini biasanya diterapkan pada dinding di ruang-ruang transisi seperti tangga ataupun lorong untuk menampilkan kesan minimalis yang maksimal lagi fungsional. Walaupun hiasan dinding ini rak juga bisa dipasang wall-to-wall atau saling berhadap-hadapan jika kamu ingin memaksimalkan fungsi dari rak storage ini.

terracottadesign.com

Banyak cara kreatif yang bisa kamu lakukan untuk menghias dinding di ruang tinggalmu. Dari ketujuh cara ini mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu? Atau kamu malah jadi terinspirasi membuat hiasan dinding sendiri? Temukan juga inspirasi home and living menarik lainnya di Dekoruma!

Kamu sedang mencari kasur baru? Temukan aneka kasur baru di Dekoruma! Dekoruma jual kasur Dunlopillo, King Koil, dan Florence. Tentunya, ketiga merek kasur ini memiliki kenyamanan yang luar biasa.

Dekoruma juga menyediakan furnitur untuk Si Kecil, lho! Dekoruma jual kursi anak, tempat tidur, dan meja belajar dengan model yang sesuai selera Si Kecil dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!