Dinding adalah salah satu bagian dari hunian yang paling sering dihias oleh para pemiliknya. Kamu bisa menentukan dekorasi dinding apa yang sesuai dengan tema ruangan itu sendiri, baik dekorasi yang dijual di toko atau dekorasi yang kamu buat sendiri.

Membuat dekorasi dinding sendiri memberikanmu beberapa keunggulan seperti menghemat uang, dan tentunya unik karena hampir tidak ada yang sama persis dengan hasil buatanmu. Menggunakan beberapa bahan dan peralatan yang tidak mahal, inilah 6 kreasi dekorasi dinding untuk inspirasimu!

1. Dekorasi dinding dari washi tape

designrulz.com

Washi tape adalah selotip yang tersedia dalam aneka warna dan motif. Washi tape bisa kamu tempelkan di beberapa tipe permukaan, termasuk sebagai hiasan dinding. Kalau kamu mau membuat dekorasi dinding dari washi tape, pertama-tama tentukan dulu gambar yang akan dibuat. Kemudian pilih warna yang sesuai. Sebelum menempelkannya di dinding, sebaiknya buat pola tipis menggunakan pensil. Karena washi tape berbentuk lurus, maka gambar yang dihasilkan akan berbentuk geometrik seperti dekorasi dinding beruang di atas.

Washi tape cocok ditempelkan di ruangan apapun selama gambar yang dibentuk sesuai dengan tema ruangan. Sebagai contoh pada inspirasi di atas, washi tape berbentuk polar bear lucu ditempelkan di dinding putih atas tempat tidur bayi. Hasilnya, ruangan bayi jadi terlihat lebih playful.

2. Dekorasi dinding dari gabus

pinterest.com

Gabus yang Kania maksud bukanlah gabus berwarna putih, melainkan bahan gabus yang biasa digunakan sebagai penyumbat botol anggur. Gabus berwarna cokelat ini teksturnya cukup empuk dan bisa dipasangkan paku payung.

Pasanglah papan gabus ini di salah satu dinding, misalnya dekat area meja belajar, untuk menempelkan aneka memo, stiker dinding, dan gambar-gambar favoritmu. Penataan yang rapi akan membuatnya layak masuk dalam kategori dekorasi dinding.

3. Dekorasi dinding berupa tassel

etsy.com

Untuk kamu yang ingin menciptakan interior Skandinavian atau minimalis, cobalah buat sendiri hiasan tassel untuk dekorasi dinding. Tassel ini sangat mudah dibuat, bahkan untuk pemula. Bahan yang kamu perlukan hanyalah benang dengan warna sesuai keinginan, gunting, dan tiang atau ranting.

Guntinglah benang dalam jumlah banyak dan ukuran yang sama. Kemudian ikatkan masing-masing segenggam benang tadi agar tidak berhamburan. Setelah itu ikatlah masing-masing tassel pada tiang atau ranting yang sudah disiapkan. Dekorasi dinding berupa tassel hasil karyamu pun siap digantung untuk mempercantik ruangan.

4. Dekorasi dinding dengan bingkai foto

pinterest.com

Dekorasi dinding berikutnya adalah benda yang paling umum digunakan oleh masyarakat, yaitu bingkai foto. Agar dekorasi dinding yang satu ini terlihat lebih apik, cobalah untuk menggunakan aneka bentuk dan ukuran bingkai yang berbeda-beda sekaligus pada satu bidang dinding menjadi sebuah kolase bingkai foto. Dindingmu pun akan terlihat memiliki pola yang menarik.

Bingkai foto yang digunakan untuk dekorasi dinding ini tidak selalu harus diisi dengan foto-fotomu. Coba tiru gaya ala tumblr dan isi bingkai foto lucu dengan sejumlah kata mutiara atau foto objek yang berkaitan satu sama lain.

5. Dekorasi dinding dengan origami

marthastewartweddings.com

Seni melipat kertas yang disebut origami bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. Salah satu bentuk yang paling sering dibuat adalah burung bangau. Untuk membuat dekorasi dinding ini, kamu hanya memerlukan kertas origami dan keterampilan tangan pada saat melipat.

Jika sudah selesai melipat bentuk yang diinginkan, tempel saja hasilnya di dinding. Kalau sulit untuk menempelkannya sebagai dekorasi dinding, gantungkan saja seperti tassel yang sudah dibahas sebelumnya.

6. Dekorasi dinding menggunakan ranting pohon

pinterest.com

Kreasi dekorasi dinding yang terakhir bisa dibilang tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali karena bahannya bisa kamu temukan di halaman rumah atau taman-taman umum. Yang perlu kamu lakukan hanya mengambil ranting pohon yang sudah mati atau yang jatuh ke tanah. Kemudian pasanglah ranting tersebut menjadi dekorasi dinding yang dilengkapi dengan untaian berupa potongan kertas atau foto-fotomu.


Terbukti kan kalau dekorasi dinding nggak perlu mahal? Terakhir, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka jenis furnitur, ya! Kabar baiknya, kamu bisa menemukan beragam furnitur di Dekoruma, lho! Dekoruma jual lemari, rak sepatu, meja makan, dan rak dinding dengan aneka model.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis kasur dari merek-merek ternama untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur Alga, King Koil, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!